Mobil

Mei 2021, Pasar Otomotif Indonesia Sepi Mobil Baru

Memasuki bulan kelima tahun ini atau Mei 2021, pasar otomotif Indonesia sepi dari kemunculan mobil baru. Berdasarkan catatan terakhir yang Carmudi dapati, ada dua mobil baru saja yang meluncur, ditambah satu mobil konsep.

Bila melihat satu bulan ke belakang, setidaknya ada lima model baru yang diluncurkan. Kelimanya adalah, New Hyundai Santa Fe, Kia Sonet 7 Seater, DFSK Gelora E, Daihatsu Rocky, dan Toyota Raize.

Mobil Baru Mei 2021

Mobil baru Mercedes-Benz S-Class (Foto: Carmudi/Mada Prastya)

Sementara itu, selama Mei 2021 hanya PT Mercedes-Benz Distribution Indonesia (MBDI) dan PT Honda Prospect Motor (HPM) yang mendatangkan mobil baru.

Berikut ini daftar mobil baru dan konsep yang meluncur selama Mei 2021.

New Mercedes-Benz S-Class

Tepat pada 5 Mei 2021, PT MBDI meluncurkan New Mercedes-Benz S-Class yang diselenggarakan secara offline di Jakarta. New S-Class kini hadir lebih mewah dengan aspek keselamatan dan kenyamanan ditingkatkan.

Bagian eksterior dari sedan Jerman ini memiliki lampu senja tiga titik, handle pintu dibuat rata dengan bodi dan sudah dilengkapi sistem Keyless-Go, sehingga memudahkan pengemudi masuk ke kabin mobil.

Interiornya semakin nyaman dan elegan berkat penyematan fitur pijat di jok, voice assistant untuk memudahkan pengemudi maupun penunpang menjalan kan beberapa fungsi di kabin. Selanjutnya ada sistem MBUX (Mercedes-Benz User Experience) generasi kedua, yang membuat kabin New S-Class semakin cerdas.

Mobil ini dibekali mesin 3,0 liter enam silinder segaris bertenaga 367 hp dan torsi 500 Nm. Mesin dipadukan dengan dan starter-alternator EQ Boost 48-Volt.

New Mercedes-Benz S 450 4MATIC Luxury dibanderol Rp3,099 miliar.

Mercedes-Benz Rakitan Bogor

Mercedes-Benz S-Class Terbaru (Foto: Carmudi/Mada Prastya)

New Honda Civic Type R

Terpaut dua hari dari New Mercedes-Benz S-Class, PT HPM secara resmi meluncurkan New Honda Civic Type R. Peluncurannya dilakukan tanpa seremonial, pihak HPM hanya mengirimkan pemberitahuan peluncuran melalui keterangan resmi.

New Civic Type R memiliki penampilan yang kian sporty sekaligus makin agresif berkat beberapa pembaruan di bagian eksterior dan interior.

Dari sisi eksterior, New Honda Civic Type R mendapat desian bumper depan dan belakang baru, Rear Wing Spoiler, dan Vortex Generator di belakang. Samping mobil tersemat pelek baru berukuran 20 inci lengkap dengan New Tire Pressure Monitoring System untuk memantau tekanan angin ban.

Masuk ke bagian interior, terdapat jok fabric dengan Red Suede Style, lingkar kemudi dibungkus pakai suede Alcantara, dan New Wireless Charging.

New Honda Civic Type R masih menggunakan mesin 2.0 liter VTEC Turbo dengan tenaga maksimal 305 hp pada 6.500 rpm dan torsi puncak 400 Nm pada 2.500 – 4.500 rpm. Tenaga disalurkan ke roda melalui transmisi manual 6 percepatan yang telah disempurnakan.

Terdapat pula sejumlah fitur keselamatan yang sama seperti model sebelumnya. Antara lain, 6 airbags, Vehicle Stability Assist (VSA), Hill Start Assist (HSA ), dan Anti-Lock Braking System (ABS) dengan Electronic Brakeforce Distribution (EBD).

Mobil Baru Mei 2021

New Honda Civic Type R resmi meluncur di Indonesia tanpa ada seremonial (Foto: HPM)

Keluarga baru Honda ini tersedia dalam 3 pilihan warna yaitu Rallye Red, Brilliant Sporty Blue Metallic, dan Championship White. Harga yang ditawarkan oleh pabrikan berada di angka Rp 1,177 miliar on the road Jakarta.

Honda N7X

Membuka awal Mei 2021, PT HPM mengejutkan pasar otomotif Indonesia dengan meluncurkan mobil konsep bernama New 7 Seater eXcitement (N7X).

Mobil konsep N7X dirancang dan dikembangkan oleh Honda R&D Asia Pacific Co dengan mengadopsi berbagai keunggulan dari Multi Purpose Vehicle (MPV) dan Sport Utility Vehicle (SUV) .

“N7X adalah konsep kami tentang bagaimana seharusnya sebuah mobil 7 seater, yang tidak hanya menawarkan performa berkendara yang menyenangkan. Tetapi juga ketenangan dan kenyaman. Kami sangat bangga menjadikan Indonesia sebagai yang pertama di dunia untuk memperkenalkan N7X Concept,” ungkap Takehiro Watanabe, President Director PT HPM.

Mobil Konsep Honda N7X

Mobil Konsep Honda N7X sudah tiba di Kota Semarang (Foto: HPM)

Kabarnya versi produksi dari N7X akan diperkenalkan Agustus mendatang di gelaran GIIAS 2021. Mobil ini nantinya akan bermain di segmen Low SUV, bersaing dengan rival terdekat seperti Toyota Rush, dan Daihatsu Terios.

Baca Juga:

Penulis: Santo Sirait

Editor: Dimas

Santo Sirait

Santo Sirait sebelumnya Jurnalis di Okezone.com, pindah ke Carmudi.co.id sebagai Reporter pada November 2017. Fokus di sektor otomotif, terutama meliput tentang mobil, motor dan industri otomotif. Santo dapat dihubungi di [email protected]

Related Posts