Berita

Meledaknya Industri Otomotif di Negara Berkembang

Kondisi Ekonomi di Indonesia

Mengikuti lemahnya ekspor dan menurunnya investasi asing, pertumbuhan ekonomi Indonesia jatuh ke titik terendah dalam kurun waktu lima tahun terakhir pada 2014, menandakan tantangan yang harus dihadapi oleh Joko Widodo, presiden baru Indonesia.

Indonesia, ekonomi terbesar di Asia Tenggara, kini merasa kesulitan untuk menstimulasi pertumbuhan setelah berakhirnya komoditas jangka panjang dan semakin meningkatnya permintaan domestik yang diperkuat oleh tingginya tingkat suku bunga.

IHS memprediksi pertumbuhan ekonomi di Indonesia 5.2% pada 2014 dan 5.5% pada 2015. Namun, prediksi ini sepenuhnya bergantung pada berlanjutnya pengelolaan makro ekonomi yang tepat oleh pemerintah Indonesia dan perbaikan ekonomi pasar.

Tingkat Pertumbuhan Penggunaan Internet dan MobileTingkat pertumbuhan penggunaan internet dan mobile

Kondisi Penjualan Mobil di Indonesia

Berdasarkan data yang diberikan oleh Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), penjualan mobil di dalam negeri pada 2014 mengalami penurunan dibandingkan dengan 2013.

Menurunnya kondisi ekonomi, dengan pendapatan domestik bruto (GDP) yang mengalami penurunan 0.7% di 2014, pertumbuhan ekonomi paling lambat di Indonesia dalam kurun waktu 19 kuartal terakhir serta dikombinasikan dengan ketidakpastian kondisi politik dalam negeri (yang disebabkan oleh pemilihan presiden terdahulu dan hasil pemilu legislatif), penjualan mobil hanya mampu mencapai 1.21 juta unit pada 2014, merosot sekitar 1.8% dari 1.23 juta unit yang dijual pada tahun sebelumnya.

PDB (Produk Domestik Bruto) vs. Tingkat Motorisasi Indonesia

PDB vs tingkat motorisasi
Perubahan Penjualan Mobil dalam Satu Tahun Terakhir

perubahan tingkat penjualan mobil 2015

Meskipun penjualan mobil mengalami penurunan, hanya 18.2% diler mobil di survey Carmudi yang melaporkan adanya penurunan penjualan mobil dalam satu tahun terakhir.

Faktanya, kebanyakan dari diler yang berpartisipasi dalam survey Carmudi (45.5%) melaporkan adanya peningkatan penjualan.

Kota dengan Daftar Iklan Carmudi Terbanyak

Surabaya  9.49%
Semarang 7.47%
Jakarta Timur 7.20%
Medan 7.14%
Bandung 6.53%

Peta Distribusi Besar Pemasangan Iklan Carmudi

Peta distribusi pemasangan iklan di carmudiModel Mobil Terpopuler di Indonesia

Honda Jazz 67229
Toyota Avanza 63548
Toyota Kijang 47372
Honda Civic 39997
Toyota Rush 39959

Platform yang Berperan Penting dalam Mempengaruhi Keputusan Calon Pembeli Mobil

Sarana Periklanan untuk menjangkau pembeli mobil

 

Berdasarkan Survey Pembeli Mobil Carmudi (Carmudi Car Buyer Survey), Carmudi menemukan hampir 60% pembeli mobil di Indonesia menggunakan Internet sebagai sumber informasi sebelum mereka melakukan pembelian mobil.

Pembeli mobil kini mulai menggunakan media baru, termasuk mengunjungi situs diler dan forum (33.8%), social media (27%), platform jual-beli mobil seperti Carmudi (18%) dan blog (17.6%). Yang mengejutkan, opsi offline seperti mengunjungi diler (48%) dan pameran mobil (45,2%) masih memainkan peran yang signifikan dalam mempengaruhi keputusan pembelian konsumen.

Periklanan: Bagaimana Dealer Mobil Menjangkau Calon Pembeli

Sosial Media 45.5%
Iklan Kendaraan Online 36.4%
Iklan Koran 36.4%
Internet 27.3%
Carmudi 27.3%
Pameran Mobil 27.3%
[quote align=’right’]36% dari diler-diler mobil mengabarkan sangat berfokus pada Internet dan iklan kendaraan online.

Social media juga menjadi sarana yang mulai dieksplor oleh diler-diler mobil. 9% dari para diler mobil menggunakan Facebook dan Instagram untuk mengiklankan daftar mobil mereka dan berhubungan dengan calon pembeli.[/quote]

Diler-diler mobil di Indonesia kini sudah mulai memasuki dunia digital dalam mengiklankan listing mereka.

Penelitian kami menemukan bahwa mayoritas dari diler-diler di negara ini mulai menyadari keuntungan dari megiklankan listing mobil mereka secara online.

Social media juga mulai dilihat seperti cara yang baik untuk mencapai calon pembeli, dengan lebih dari 45% diler mobil yang berpartisipasi dalam survey saat ini sudah mengiklankan listing mobil mereka melalui media sosial.

Lebih dari 36% diler di Indonesia juga mendapatkan pembeli melalui iklan baris, dengan lebih dari 27.3% beriklan di Carmudi. Meskipun sudah bergeser ke online, diler-diler di Indonesia masih merasa nyaman dengan jalur offline. 36.4% beriklan di iklan baris surat kabar dan 36.4% menggunakan sarana seperti surat kabar dan pameran otomotif (27.3%).

Proyeksi

Meskipun industri otomotif Indonesia saat ini sedang lemah yang dikarenakan pertumbuhan ekonomi yang lambat dan melemahnya nilai tukar uang Rupiah terhadap Dolar Amerika, Rizwan Alamsyah mengungkapkan pernyataan bernada positif mengenai situasi pasar otomotif di Indonesia.

[quote cite=’Rizwan Alamsyah, Co. Chairman IV Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) dan juga Direktur Pemasaran PT. Kramayudh Tiga Berlian/Mitsubishi Indonesia’ align=’left’]Saya berharap bisnis otomotif dapat meningkat lagi di tahun ini. Jika tren positif dalam penjualan berada di paruh kedua tahun ini, maka total penjualan bisa lebih rendah dibandingkan dengan apa yang kita lihat pada 2014. Faktor-faktor yang bisa meningkatkan penjualan adalah Hari Raya Idul Fitri mendatangi, pertumbuhan ekonomi yang positif, serta program dan kebijakan pemerintah yang dapat berpengaruh di 2015.[/quote]

 

Tutus Subronto

Tutus Subronto memulai karirnya di dunia otomotif sebagai jurnalis di Media Indonesia. Sejak 2008, telah meliput beragam kegiatan otomotif nasional. Terhitung Januari 2014 masuk sebagai tim Content Writer di Carmudi Indonesia. Kini terlibat di tim editorial Journal Carmudi Indonesia untuk mengulas dan publikasikan berita-berita otomotif terbaru. Email: tutus.subronto@icarasia.com

Related Posts