BeritaMobilSumber informasi

Melihat Daya Pikat SUV Modern Bagi Kaum Urban

Jakarta – Tren mobil sport utility vehicle (SUV) di perkotaan memang belum surut. Meskipun di segmen lain (MPV dan City Car) masih saling mengejar dalam permintaan pasar dan lebih dominan. Tapi jangan salah, mensiasati hal ini beberapa merek mengeluarkan mobil SUV untuk konsumen menengah.

Mobil yang juga pas banget untuk kaum urban ini dipilih dengan berbagai alasan. Namun ada dua alasan yang paling dominan mobil SUV sebagai pilihan kaum urban.

Yang pertama, sesuai dengan namanya, kendaraan ini harus andal untuk segala kondisi dan medan karena mempunyai ground clereance tinggi, beberapa konsumen memang mencari fungsionalitasnya. Kedua, terkait masalah tren mobil SUV yaitu memiliki fleksibilitas yang baik untuk penumpang dan juga lega.

Tidak saja bisa memuat anggota keluarga, tapi juga barang-barang bawaan jika bepergian jauh. Dua faktor tersebut menjadi daya tarik bagi pasar Indonesia meskipun mayoritas dikuasai segmen MPV.

Karakter mobil SUV yang mempunyai desain kokoh, stylist dan banyak fitur makin digandrungi. Bila bicara dimensi, pada umumnya, SUV ditawarkan dalam tiga kategori compact, medium, dan full-size. Sesuai dengan ukurannya, masing-masing punya tujuan penggunaan.

Pihan Konsumen Terkait SUV

Bila tidak sesuai dengan kebutuhan penggunaan Anda, tentu tidak akan nyaman saat digunakan. Misalnya SUV compact cocok digunakan sebagai sarana mobilitas sehari-hari. Sistem penggerak dan fitur-fitur yang tersedia biasanya tidak terlalu rumit.

Banyak yang menyebut SUV compact sebagai city SUV karena karakternya yang sporty namun lebih pas digunakan di dalam kota, di atas aspal atau medan yang tidak terlalu ekstrim.

Namun bila ingin memuat penumpang dan bagasi lebih luas, konsumen bisa memilih SUV dengan medium dan full-size SUV. Dua kategori diatas biasanya mempunyai dimensi lebih besar dan tangguh melibas medan-medan offroad.

Selain itu pertimbangan yang penting dalam memilih sebuah SUV adalah memperhatikan fitur yang diberikan. Biasanya, fitur yang ditawarkan berbanding lurus dengan varian dan harga. Akan tetapi ada patokan fitur standar yang harus tetap ada di tiap varian.

Jaman sekarang Anda bisa mencari mobil jenis SUV dengan fitur terlengkap dan terbaru. Fitur-fitur yang perlu diperhatikan meliputi fitur entertainment, kenyamanan berkendara dan fitur keselamatan (safety features).

Fitur hiburan modern yang mampu mengakomodasi kesukaan setiap anggota keluarga membuat penumpang makin betah selama perjalanan. Termasuk kenyamanan berkendara dan fitur keamanan mumpuni memberikan rasa nyaman pemilik.

Melihat peluang ini PT SGMW Motor Indonesia sebagai produsen merek Wuling di Indonesia memang sejak lama menunjukkan minat untuk melakukan studi pasar mobil SUV di Indonesia. Terbukti di salah satu pameran otomotif besar di Indonesia yang telah berlangsung tahun ini, produsen mobil asal Tiongkok ini sempat memamerkan calon SUV mereka.

Calon Wuling SUV yang di negara asalnya merupakan model Baojun 530 yang sukses memikat hati konsumen domestik. Rencananya, Wuling SUV akan mulai mengaspal di tanah air tahun depan, seperti yang disebutkan pihak Wuling Motors Indonesia. (dol)

Dony Lesmana

Dony Lesman memulai karirnya di dunia jurnalis di Jawa Pos Surabaya 2003. Hijrah ke Jakarta bergabung di majalah Otomotif Ascomaxx dan Motomaxx di 2010. Sempat bergabung di portal berita Sindonews.com di kanal Autotekno hingga 2016 yang mengupas perkembangan otomotif dan teknologi. Terhitung Januari 2017 masuk sebagai tim Journal Carmudi Indonesia yang mengulas dan mempublikasikan berita-berita otomotif terbaru di Indonesia maupun dunia.

Related Posts