Berita Mobil

Melihat Kelebihan DFSK Glory 560, Penantang Terios-Rush

Jakarta – PT Sokonindo Automobile pada pekan lalu Rabu (27/3) resmi merilis mobil terbarunya. Mobil yang dirilis tersebut merupakan DFSK Glory 560 yang akan berhadapan secara langsung dengan Toyota Rush dan Daihatsu Terios. Mobil yang dirakit di pabrik Cikande, Tangerang ini memiliki beberapa kelebihan.

Lantas, apa saja yang membuat Glory 560 mampu menjadi batu sandungan bagi Terios dan Rush? Secara dimensi, DFSK Glory 560 ini memiliki dimensi yang lebih panjang dibanding Terios-Rush. Dimensi panjangnya 4.515 mm, lebar 1.815 mm, tinggi 1.735 mm dengan wheelbase 2.690 mm. Artinya, DFSK Glory 560 lebih pendek 6 cm dibanding Terios-Rush.

DFSK Glory 560 Interior (Carmudi/Badjora Ibrahim)

Mesin DFSK Glory 560

Soal mesin, DFSK boleh sedikit menyombongkan diri. Pasalnya, DFSK Glory 560 ini menggunakan perangkat turbo pada mesinnya. Mesin berkode SFG15T ini berkapasitas 1.500 cc, 4 silinder. Mesin ini mampu mengeluarkan tenaga hingga 148 hp dengan torsi 230 Nm. Tenaga ini bisa dibilang melebihi Terios dan Rush yang hanya memiliki tenaga di angka 104 hp dengan torsi 136 Nm.

Di atas kertas, memang tenaga yang dihasilkan mesin DFSK Glory 560 sangat jauh. Namun, fakta di lapangan belum teruji. Kami pun juga belum pernah mencicipi DFSK Glory 560 karena memang belum ada unit pengetesannya. Soal fitur, mobil ini sebenarnya dibekali dengan fitur yang cukup banyak untuk bertarung di segmen LSUV. Apa saja yang ditawarkan oleh DFSK?

DFSK Glory 560 Interior (Carmudi/Badjora Ibrahim)

Fitur DFSK Glory 560 Masih Rahasia

Pihak DFSK memang belum memberitahukan informasi detail mengenai fitur yang tertanam pada DFSK Glory 560. Namun, pada saat peluncuran kami dapat melihat jika fitur pada mobil ini cukup oke. Mulai dari passive keyless entry, tombol start stop, electronic stability control dan head unit 8 inci. Pada bagian instrumen cluster, terdapat MID dengan indikator pintu individual. Hal ini menjadi nilai lebih bagi DFSK untuk bertarung melawan Terios dan Rush.

DFSK Glory 560 Interior (Carmudi/Badjora Ibrahim)

Soal harga, DFSK juga masih bungkam. Mereka baru akan membeberkan harga jual dari Glory 560 ini pada bulan April atau bertepatan dengan ajang IIMS 2019. Kelebihan lain yang ditawarkan oleh DFSK untuk para konsumennya adalah garansi panjang. DFSK memberikan garansi selama 7 tahun atau 150 ribu kilometer untuk Glory 580 dan Glory 560. Garansi ini menjadi yang terpanjang, mengingat DFSK juga masih mencari cara untuk memikat hati konsumen di Indonesia.

DFSK Glory 560 Interior (Carmudi/Badjora Ibrahim)

Masyarakat Indonesia yang masih memandang merk sebagai hal utama menjadi kesulitan yang harus dihadapi oleh DFSK. Ada pepatah nonformal yang kerap terlontar masyarakat Indonesia pada saat membeli mobil. “Membeli mobil kalau nggak merk Toyota ya Honda” perkataan ini kerap terdengar di telinga. Memang ada benarnya perkataan tersebut, tetapi tidak salah juga jika masyarakat Indonesia memilih hal baru yang lebih value for money.

Salah satu kendala bagi DFSK di Indonesia adalah masalah jaringan aftersales. Harus diakui juga jika jaringan diler dan bengkel yang dimiliki oleh DFSK masih kurang banyak jika dibandingkan dengan merk Jepang lainnya. Ketersediaan spare part juga menjadi salah satu masalah yang wajib dipikirkan oleh calon pemilik. Pastinya pembeli mobil juga akan memikirkan untuk perawatan kendaraan.

DFSK Glory 560 Eksterior (Carmudi/Badjora Ibrahim) DFSK Glory 560 Eksterior (Carmudi/Badjora Ibrahim)

Rizen Panji

Hobinya menghabiskan bahan bakar di akhir pekan. Dan pastinya tergila-gila dengan mobil tua apalagi mobilnya model pintu dua. Oiya, dirinya juga senang melihat interior mobil yang sangat rapih dan bersih, lho!

Related Posts