Home » Berita » Melongok Mobil VinFast President Buatan Lokal Vietnam

Melongok Mobil VinFast President Buatan Lokal Vietnam

VinFast President (Foto: Paultan)

Jakarta – Meski terbilang sebagai pendatang baru di pasar otomotif dunia, perusahaan mobil lokal asal Vietnam VinFast terus melebarkan sayap. Kali ini VinFast kembali muncul kepermukaan dengan mendatangkan mobil baru yang diberi nama President. Mobil yang dibangun dari basis LUX SA2.0 ini rencannya akan dipasarkan dalam jumlah terbatas.

Diberitakan Paultan, mobil bergaya SUV ini sebelumnya pernah diperkanalkan dengan nama LUX V8 di ajang Geneva Motor Show tahun lalu. Meski diambil dari basis yang sama, tapi secara tampilan dan gaya berbeda dari LUX SA2.0. VinFast President tampil dengan tampang yang lebih mencolok dan terlihat garang. Sejumlah perangkat telah dibenamkan pada sektor eksterior guna menunjang penampilannya.

Di mulai dari bagian depan, VinFast President datang dengan kap mesin penuh guratan yang membuatnya semakin terlihat garang. Ditambah lagi lubang ventilasi di kap mesin seolah menunjukkan bahwa mobil ini memiliki tenaga buas. Masih dibagian depan mobil terpasang kisi-kisi gril depan berbentuk jaring, sedangkan kaki-kakinya dihuni oleh satu set velg besar berukuran 22 inci dan dibelakang mobil ada quad tailpipes.

Selain itu, untuk memperkuat nuansa sporty dan eksklusif pada bodi dan velg diberi sentuhan aksen emas, lalu roof rail, window trim, side rocker panels, bumper trim dan logo VinFast.

VinFast President (Foto: Paultan)

Pakai Mesin Milik General Motors

Bicara soal performa, VinFast membekali President dengan mesin bensin V8 empat silinder berkonfigurasi 2.0 liter dan sudah memiliki perangkat turbocharged. Sayangnya, perusahaan tidak memberikan rincian detail terkait mesin V8 tersebut. Berdasarkan informasi yang beredar mesin yang dibenamkan ke VinFast President berasal dari General Motors.

Berkaca dari LUX V8 yang pernah diperkenalkan sebelumnya dilengkapi mesin 6.2 liter LS V8 dengan tenaga 455 hp dan torsi puncak 624 Nm. Besar kemungkinan mesin President memiliki tenaga yang sama pula.

Mengenai interior, VinFast belum mau menunjukkannya. Tetapi VinFast mengatakan akan membawa cukup banyak bahan suede dan serat karbon agar sesuai nuansa sporty SUV sesuai dengan konsep yang mereka usung.

Perusahaan akan membatasi jumlah produksi dari VinFast President. Namun lagi-lagi perusahaan belum mau menyebutkan berapa unit yang diproduksi. Termasuk juga soal harga perusahaan masih merahasiakannya.

Penulis: Santo

Editor: Lesmana

Previous post
Gagal Podium, Valentino Rossi Merasa Yamaha Lebih Cemerlang di MotoGP Brno
Next post
5 Mobil Daihatsu Paling Banyak Dipesan Selama Pameran Virtual