Home » Berita » Meluncur Besok, Toyota Fortuner Punya Mesin Baru

Meluncur Besok, Toyota Fortuner Punya Mesin Baru

Teaser Toyota Fortuner Baru (Foto: Indianautosblog)

Bangkok – Sempat menjadi teka-teki, namun pada akhirnya fakta mengenai kehadiran Toyota Fortuner baru sedikit demi sedikit mulai terkuak. Toyota Fortuner terbaru dipastikan meluncur 4 Juni 2020 di Thailand. Ini akan menjadi penampilan perdana Fortuner dengan wajah baru di ASEAN, bahkan dunia.

Tidak cuma tangggal peluncurannya saja, spesifikasi mesin dari Toyota Fortuner baru juga mulai terkuak. Diberitakan Indianautosblog, Fortuner baru akan hadir dengan mesin diesel 1GD-FTV 2.8 liter yang lebih bertenaga.

Menurut sebuah laporan dari Headlightmag, mesin diesel 2.8 liter yang baru dapat menghasilkan tenaga maksimal 201 hp dan torsi maksimal 500 Nm. Tenaga dari mesin ini mengalami peningkatan daya sebesar 26 hp dan torsi hingga 80 Nm.

Mesin diesel 2.8 liter di Fortuner model lama tersedia dalam dua versi tenaga yaitu 174 hp dengan torsi 420 Nm. Khusus versi pertama dikawinkan dengan transmisi manual 6 percepatan. Sedangkan versi kedua memiliki kemampuan mengeluarkan daya 174 hp dengan torsi puncak 450 Nm. Tersedia dengan transmisi otomatis 6 percepatan.

Selain mesin 2,8 liter, Fortuner lama juga tersedia dalam pilihan mesin 2TR-FE 2,7 liter. Mesin ini menghasilkan daya 163 hp dan torsi 245 Nm. Diperkirakan tidak ada perubahan pada mesin 2,7 liter.

Desain Eksterior Lebih Segar

Selain mesin baru dan lebih bertenaga, Toyota Fortuner yang datang sebagai model 2020 juga memiliki desain eksterior lebih segar. Ini diketahui dari gambar Fortuner baru yang tersebar di internet sekira bulan lalu.

Berdasarkan informasi yang didapat dari MagCarZine, Fortuner terbaru hanya mendapatkan sedikit ubahan saja (minor change). Belum ada informasi resmi dari Toyota terkait bagian-bagian mobil mana saja yang mendapatkan pembaruan desain.

Namun berdasarkan gambar-gambar eksterior yang sudah beredar sebelumnya, bisa diterka pembaruannya. Fortuner model 2020 bakal mengusung desain bumper depan, lampu depan, gril, dan pelek baru.

Bocoran foto Toyota Fortuner 2020. (Foto: Istimewa)

Seperti diketahui, di Indonesia Fortuner dengan wajah serba baru terakhir kali hadir pada 2016, hanya selang beberapa bulan saja setelah peluncuran perdana di Thailand pada 2015.

Fortuner untuk pasar Indonesia ditawarkan dengan varian 4×2 SRZ A/T bermesin bensin berkapasitas 2.700 cc, serta 4×2 diesel 2.400 cc yang hadir pada varian VRZ A/T dan G. Semua varian didesain untuk pelanggan yang menginginkan aura sporty pada mobil mereka.

Penulis: Santo

Editor: Lesmana

Previous post
Honda BR-V Terbaru Meluncur Lebih Dulu di Malaysia, Ini Perubahannya
Next post
Lawan Virus Corona, Wuling Motors Kembali Sebar Bantuan Masker