Sepeda motor

Meluncur di Thailand, Simak Spesifikasi Honda PCX 160

Spesifikasi Honda PCX 160 di Thailand, ditawarkan dalam 3 tipe. (Foto: suara.com)

Jakarta – Honda PCX 160 telah meluncur di Thailand setelah motor tersebut diluncurkan di negara asalnya, Jepang pada tahun lalu. Bagaimana spesifikasi Honda PCX 160 ini?

Motor tersebut tidak hanya mengusung desain yang modern dan sporty, tetapi juga telah dibenamkan mesin dengan performa mumpuni.

Di negara Gajah Putih, Thailand, Honda PCX 160 ditawarkan dalam tiga tipe, yaitu tipe standar, ABS, dan EHEV (Electric Hybrid).

Honda PCX 160 tipe standar dijual seharga 85,9 ribu baht atau berkisar Rp39,7 jutaan, sedangkan untuk tipe ABS, dijual seharga 91,9 ribu baht atau sekitar Rp42,5 jutaan. Lalu untuk tipe EHEV seharga 107,5 ribu baht atau berkisar Rp50 jutaan.

Bagi konsumen Indonesia yang tertarik membeli Honda PCX 160, harus menunggu dalam waktu tidak pasti. Saat ini, belum ada kabar resmi kapan motor tersebut akan diluncurkan di Indonesia.

Namun, tidak ada salahnya untuk mengetahui lebih dulu spesifikasi Honda PCX 160 yang telah Carmudi rangkum dari berbagai sumber sebagai berikut.

Spesifikasi Honda PCX 160 Thailand

Mesin Honda PCX 160

Honda PCX 160 mengandalkan mesin tipe eSP+ berkapasitas 156 cc, 1 silinder, SOHC, 4 katup, berpendingin cair. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga 15,8 hp pada putaran mesin 8.500 rpm dan torsi maksimal 15 Nm pada putaran 6.500 rpm.

Rasio kompresinya 12:1, sehingga diklaim lebih besar dibandingkan dengan motor lain di kelasnya.

Pihak Honda juga mengklaim mesin PCX 160 ini dapat meningkatkan efisiensi pembuangan gas pembakaran serta efisiensi pencampuran udara – bahan bakar.

Selain itu, dapat meminimalisir gesekan antara komponen dan penggunaan sistem pendingin yang lebih efisien.

Di sisi lain, motor tersebut sudah dibekali dengan kontrol traksi atau dikenal sebagai HSTC (Honda Selectable Torque Control), serta crankshaft model baru untuk membuat suara mesin motornya jadi lebih halus.

Untuk konsumsi bahan bakarnya sendiri, Honda PCX 160 ini mencatat angka 53,5 km per liter. Khusus tipe EHEV, mencatat angka 55,4 km per liter.

Dengan demikian, motor tersebut mempunyai konsumsi bahan bakar yang termasuk irit.

Desain Honda PCX 160

Desain Honda PCX 160 yang diluncurkan di Thailand. (Foto: motorplus)

Jika melihat tampilan Honda PCX 160 yang diluncurkan di Thailand, terlihat mirip dengan Honda Forza 250. Lampu-lampu yang disematkan pada motor ini sudah mengandalkan teknologi LED.

Dari segi dimensi, Honda PCX 160 memiliki ukuran panjang 1.935 mm, lebar 740 mm, dan tinggi 1.105 mm, serta ground clearance atau jarak terendah ke tanah 135 mm.

Pada bagian depan, terdapat lampu DRL (Day Running Light) yang didesain tajam dan terkesan agresif sebagai ciri khas motor tersebut. Pencahayaan lampunya cukup terang sehingga PCX 160 ini aman dibawa berkendara di malam hari yang gelap.

Di bagian belakang, disematkan lampu berdesain X yang masih dipertahankan sebagai identitas PCX, namun desainnya dibuat elegan dan minimalis.

Di sisi lain, turut disematkan knalpot berdesain pipih seperti knalpot milik Honda CBR150R atau CB150R sehingga memberikan kesan sporty pada motor ini.

Untuk bagian kaki-kaki, PCX160 mengadopsi pelek model Y-Spoke berukuran 14 inci yang dibalut ban 110/70 pada bagian depan, sedangkan di bagian belakang, peleknya berukuran 13 inci dengan ban 130/70.

Sebagai informasi, penggunaan pelek pada motor tersebut sudah diadopsi Honda ADV 150 yang dinilai dapat membuat motornya mudah dikendalikan.

Tidak ketinggalan, untuk meningkatkan kenyamanan berkendara saat melalui berbagai medan jalan, travel suspensi belakang Honda PCX 160 ini ditingkatkan jadi 95 mm.

Fitur

Tampilan spidometer Honda PCX 160. (Foto: Honda)

Honda PCX 160 di Thailand telah disematkan berbagia fitur yang cukup canggih guna memberikan kenyamanan maksimal bagi para penggunanya.

Motor ini memiliki spidometer dengan area panel negative LCD berukuran luas.

Pengemudi bisa mengetahui kondisi motornya selama berkendara berkat adanya spidometer tersebut yang dapat memberikan berbagai informasi penting seperti kapasitas tangki bahan bakar, kecepatan motor, rata-rata konsumsi BBM, jarak tempuh, dan lainnya.

Pada laci motor di bagian kiri, telah disematkan soket USB type C agar pengguna PCX 160 ini dapat mengisi baterai ponsel miliknya yang habis. Di sisi lain, motor tersebut menggunakan kunci keyless atau Honda Smart Key dengan dibalut warna hitam yang terkesan elegan.

Tidak hanya itu, seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, terdapat HSTC yang biasanya disematkan pada motor Honda dengan cc besar.

Fitur tersebut berfungsi untuk mengendalikan torsi mesin, serta mencegah slip pada roda belakang. Untuk bagian pengereman, PCX 160 mengandalkan ABS pada roda bagian depan, serta ISS (Idling Stop System)

Bagasi Honda PCX 160 berukuran luas sehingga dapat menaruh barang dalam jumlah banyak. (Foto: Honda Thailand)

Selain itu, Honda PCX 160 memiliki kapasitas bagasi yang besar, yaitu 30 liter, sehingga pengguna mobil ini dapat membawa barang dalam jumlah cukup banyak.

Baca juga:

Spesifikasi Honda PCX di Indonesia

Spesifikasi Honda PCX 150 di Indonesia, desainnya tidak kalah menarik dengan PCX 160. (Foto: Honda)

Honda PCX 160 memang belum diluncurkan di Indonesia. Honda Indonesia masih menawarkan PCX 150 untuk para konsumennya. Jika membandingkan keduanya, PCX 160 mempunyai tenaga yang lebih besar.

PCX 150 dibenamkan mesin berkapasitas 149,3 cc, SOHC, berpendingin cairan. Mesin motor tersebut dapat mengeluarkan tenaga sebesar 14,5 hp pada putaran mesin 8.500 rpm dan torsi maksimal 13,2 Nm pada putaran 6.500 rpm.

Namun, motor ini memiliki desain yang tidak kalah menarik dibandingkan dengan PCX 160. Pada bagian depan PCX 150, terdapat visor besar serta headlamp yang membentuk huruf U dan sudah menggunakan LED.

Dengan adanya lampu tersebut, diklaim dapat memberikan pencahayaan yang terang saat motornya dibawa berkendara di malam hari secara maksimal.

Di sisi lain, PCX 150 memiliki ruang pijakan kaki yang berukuran cukup luas sehingga gerak kaki pengemudi leluasa.

Tidak hanya itu, motor tersebut sudah dilengkapi dengan DC socket yang disematkan di konsol box bagian depan untuk mengisi daya baterai ponsel.

Untuk bagian jok, pihak Honda mendesainnya dengan bentuk yang lebih lebar dan berlekuk sedikit meninggi ke belakang untuk memberikan posisi berkendara yang nyaman.

Baca juga:

 

PCX 150 sudah dilengkapi dengan seat stopper yang berguna untuk menahan posisi joknya agar tidak tertutup saat pengguna motor tersebut mengeluarkan barang dari bagasi motornya.

Beralih ke bagian belakang, terdapat Dual Tail Light with Separate Winker, serta lampu ganda yang terkesan stylish dan modern.

Honda PCX 150 turut disematkan spidometer dan panel digital melalui layar LCD dengan latar belakang berwarna biru.

Spidometer tersebut sangat berguna bagi pengemudi selama berkendara karena dapat menampilkan berbagai informasi mengenai kecepatan dalam hitungan km per jam, rpm, jarak tempuh, dan indikator bahan bakar.

Tidak hanya itu saja, PCX 150 telah dilengkapi dengan beberapa lampu indikator lainnya, seperti lampu jarak jauh dan dua lampu sein sepasang yang disematkan di bagian kanan kiri dari panel digital motor ini.

Bicara harga motor ini sendiri, berbeda cukup jauh dengan harga PCX 160 di Thailand. PCX 150 di Indonesia seharga mulai Rp29,8 hingga 43,29 juta. Bagaimana menurut Carmudian?

Penulis: Nadya

Editor: Lesmana

Nadya Andari

Memulai karir sebagai Content Writer di Carmudi Indonesia sejak awal tahun 2019. Lulusan Desain Komunikasi Visual yang suka sekali menulis, seperti cerpen, artikel, dan sebagainya.
Follow Me:

Related Posts