Mobil

Meluncur Tahun Ini, Bagaimana Spesifikasi Toyota Raize Indonesia?

toyota raize indonesia

6 Fakta Menarik Toyota Raize, Kembaran Daihatsu Rocky (Foto: Toyota)

JakartaToyota Raize di Indonesia diprediksi akan meluncur tahun ini, namun kepastiannya tanggalnya belum juga diketahui.

Banyak orang menduga-duga, namun kabar yang santer terdengar peluncuran Toyota Raize bakal dilakukan pada kuartal kedua 2021 ini.

Pada 2020 lalu, hampir seluruh produsen otomotif di Tanah Air menahan peluncuran produk baru akibat pandemi Covid-19. Pandemi ini pun memang cukup membuat strategi berbagai merek menjadi berantakan.

Tapi, pada 2021 ini berbagai merek bisa dipastikan akan mencoba pergerakan walaupun pandemi masih berlangsung. Hal ini dilakukan demi menjaga pasar agar tetap terstimulus dan tidak stagnan.

Bicara Toyota Raize Indonesia, mobil ini sebenarnya sudah diluncurkan lebih dulu di Jepang hasil pengembangan antara Toyota Motor Corporation (TMC) dengan Daihatsu Motor Co.

Mobil baru 2021 toyota raize indonesia

Toyota Raize (Foto: Toyota)

Daihatsu menamai mini SUV ini dengan nama Daihatsu Rocky, sedangkan Toyota memberi nama dengan Raize. Keduanya ibarat Avanza-Xenia, Terios-Rush, Agya-Ayla, dan Calya-Sigra. Benar-benar saudara kembar.

Hanya saja kedua mobil ini akan mengisi segmen kompak SUV dengan harga lebih terjangkau.

Namun, bagaimana prediksi spesifikasi Toyota Raize yang bakal meluncur di Indonesia ini?

Baca Juga:

Toyota Akui Animo Masyarakat Bagus

PT Toyota Astra Motor (TAM) mengaku sambutan masyarakat Indonesia sangat baik terhadap Raize. Walaupun belum dirilis di Indonesia, tetapi sudah banyak masyarakat yang menanyakan mobil ini.

“Kami sangat serius untuk mempelajari Raize. Hal ini juga sudah dibicarakan dengan prinsipal,” kata Anton Jimmi Suwandy, Marketing Director TAM pertengahan tahun lalu.

Banyak konsumen Toyota di Indonesia yang menanyakan Raize melalui tenaga penjual di diler. Namun Anton enggan menjawab mengenai hasil studi yang dilakukan oleh Toyota.

brosur raize

“Saya belum bisa katakan iya atau tidak (untuk mendatangkan Toyota Raize). Mudah-mudahan kami bisa ada harapan untuk mendatangkan produk ini di Indonesia,” sambungnya.

Platform Toyota Raize Baru

Salah satu hal yang cukup diinginkan oleh masyarakat Indonesia adalah platform baru. Toyota Raize memakai platform terbaru dari Daihatsu New Global Architecture (DNGA).

Salah satu yang menjadi daya tarik bagi masyarakat Indonesia adalah mesin. Mesin Toyota Raize menggunakan kapasitas mesin yang kecil namun ditambah dengan peranti turbo.

Mesin yang digunakan berkode 1KR-VET berkapasitas 996 cc, 3 silinder. Soal tenaga, mesin ini bisa mengeluarkan tenaga sampai 96,6 hp dengan torsi maksimal 140 Nm.

varian raize di jepang

Toyota Raize

Mesin 1KR-VET ini diproduksi oleh Daihatsu, dan pertama kali diperkenalkan pada 2016 untuk mobil Daihatsu Thor, Toyota Tank, Toyota Roomy, dan Subaru Justy.

Mobil-mobil yang disebutkan barusan merupakan Kei Car. Jadi, memang kapasitas mesinnya cukup kecil.

Walaupun sekilas kecil, mesin tersebut rasanya masih cocok untuk dipasangkan di Raize. Baik Toyota Raize dan Daihatsu Rocky punya dimensi yang sama.

Panjang Toyota Raize 3.995 mm, lebar 1.620 mm dan tinggi 1.695 mm, serta memiliki jarak sumbu roda 2.525 mm. Mobil ini menawarkan kapasitas penyimpanan barang di bagasi belakang mencapai 369 liter. Lumayan besar kan?

Fitur Lumayan Lengkap

Salah satu keunggulan dari mobil ini adalah fiturnya yang lumayan lengkap. Di antaranya adalah Adaptive Cruise Control, Smart Panorama Parking Assist, Collision Warning Function, Crash Avoidance Braking Function, Erroneous Start Preventing Function with Braking Control.

Yang cukup menarik, Adaptive Cruise Control ini sudah lengkap dengan Speed Tracking sehingga mampu membaca kecepatan mobil yang ada di depan.

head unit toyota raize

Head unit Toyota Raize (Foto: Toyota)

Selain itu, ada juga fitur-fitur lain di Toyota Raize seperti Recognition Function, Leading Vehicle Start Notification Function, Lane Departure Warning Function, Blind Spot Monitor, Corner Sensor, dan masih banyak lagi.

Di interior, head unit Toyota Raize memakai ukuran 9 inci. Head unit ini bisa digunakan untuk smartphone lewat aplikasi Smart Device Link dan Apple Car Play.

Karena ini adalah SUV mini, Toyota menghadirkan Raize dalam 2 pilihan penggerak; 2WD dan 4WD.

Jika masuk ke Indonesia, kami memprediksi jika penggerak yang hadir hanyalah versi 2WD saja. Hal ini karena skema pajak penggerak 4WD di Indonesia cukup tinggi.

Harga Toyota Raize Indonesia

Selain itu, prediksi kami mengenai mobil ini juga pasti akan banyak pengurangan fitur. Toyota Indonesia bisa saja akan mengurangi beberapa fitur demi mendapatkan harga jual yang bersaing.

Tentu hal ini bakalan menjadi salah satu hal yang patut disayangkan buat konsumen di Indonesia. Tetapi kembali lagi kepada skema harga. Jika didatangkan dengan spesifikasi dan fitur yang sama seperti yang beredar di Jepang, mungkin harganya akan menjadi tinggi.

Namun ingat, ini adalah prediksi yang kami buat untuk Toyota Raize di Indonesia. Namanya prediksi bisa saja tepat dan bisa juga menjadi sangat tidak tepat.

Toyota Raize

Toyota Raize

Sekadar gambaran, harga Toyota Raize di Jepang berkisar Rp217 jutaan sampai Rp295 jutaan. Harga ini tentu bersanding dengan Toyota Rush yang bermain di segmen LSUV di Indonesia.

Jika masuk ke Indonesia dengan spesifikasi lengkap, bisa saja harganya melebihi Rp330 jutaan. Tentu akan menjadi cukup mahal dan mengurangi minat beli di Tanah Air.

Sedangkan Daihatsu Rocky dijual dengan harga Rp226 jutaan sampai Rp317 jutaan.

Kebayang, dong, kalau sampai ke Indonesia harganya jadi berapa?

Jika overprice, mungkin calon konsumen Indonesia bakal mempertimbangkan membeli mobil lain. Maka dari itu, Toyota dan Daihatsu sedang menyiapkan strategi khusus untuk meluncurkan Raize dan Rocky di Indonesia.

Menurut kabar yang berhembus, Toyota dan Daihatsu nantinya akan memproduksi Raize dan Rocky di Indonesia. Jika hal ini benar, maka hal ini bisa mempengaruhi harga jual nantinya.

Tapi, apakah built quality-nya sama baiknya? Cuma waktu yang bisa menjawab. Pasti akan ada penyesuaian penggunaan material untuk memangkas harga jual.

Hmmmm, jadi makin penasaran kapan Toyota Raize bakal diluncurkan secara resmi di Indonesia, ya? Kita tunggu aja waktunya sama-sama!

 

Penulis: Rizen Panji

Editor: Dimas

Rizen Panji

Hobinya jelas, menghabiskan bahan bakar mesin 6 silinder di akhir pekan. Seleranya juga sudah jelas, mobil tua yang pintunya cuma dua. Oh iya, dirinya sangat mencintai interior mobil yang bersih dan simpel. Kalau ada yang mau ngasih mobil dengan ciri tersebut, akan diterima dengan senang hati..

Related Posts