Mobil

Memacu Toyota GR Yaris di Lintasan Slalom

Jakarta – Toyota GR Yaris merupakan mobil yang sangat spesial di antara jajaran produk PT Toyota Astra Motor (TAM) lainnya. Beda total dengan Yaris biasa, model ini dirancang secara khusus untuk memenuhi homologasi balap World Rally Championship (WRC).

Toyota GR Yaris (7)

(Foto: Carmudi)

Populasinya di Indonesia tergolong langka. Sejak awal diluncurkan 19 Agustus 2021 lalu diketahui TAM hanya mendapat kuota 126 unit untuk dipasarkan di Indonesia. Tapi hal yang membuatnya lebih istimewa lagi tentu adalah performanya.

Kebetulan Carmudi mendapat kesempatan mencicipi kemampuan mobil seharga Rp850 juta ini, Kamis (21/10/2021) kemarin di Edutown BSD City, Tangerang. Lokasi didesain mirip arena slalom ditambah podium seperti yang biasa ditemui di balap reli.

Impresi Awal

Toyota GR Yaris (8)

(Foto: Carmudi)

Konsep hot hatch yang sporty terpancar jelas dari penampilan mobil ini. Walau sosoknya tergolong kompak, namun setiap lekuk bodinya memiliki bentuk yang tegas.

Terdapat beberapa desain yang tak lazim ditemui pada mobil “normal”, misalnya brake ducts besar yang terdapat di sisi samping gril depan. Kemudian pada sisi luar bumper nampak sayap kecil yang bertugas menghadirkan aerodinamika terbaik.

Hal tersebut dibarengi desain atap yang rendah dan memiliki bentuk mengerucut di bagian belakangnya (tapered).

Tampilan mobil ini pun makin gagah dengan ban berukuran 18 inci yang mengawal sektor kaki-kakinya.

Masuk ke dalam kabin, pengendara akan disambut jok semi bucket yang cukup nyaman. Posisi duduk terasa rendah walaupun jok diatur pada ketinggian maksimum. Hal ini tentunya selaras dengan konsep Toyota GR Yaris sebagai mobil balap.

Semua pengaturan jok menggunakan model manual. Tak sulit untuk menemukan posisi berkendara yang pas karena lingkar setir sudah dilengkapi pengaturan tilt dan telescopic.

Toyota GR Yaris (2)

(Foto: Carmudi)

Akselerasi “Nendang” Banget

Giliran mengendarai mobil ini pun akhirnya tiba. Satu hal yang langsung terasa ialah akselerasinya tak kenal basa-basi. Mobil mampu meluncur kencang seketika setelah pedal gas diinjak penuh.

Menengok jantung pacunya, pabrikan membekali mesin 3-silinder turbo DOHC dengan kapasitas 1.618 cc. Mesin berkode G16E-GTS tersebut mampu menghasilkan tenaga maksimum 257 hp dan torsi 360 Nm.

Performanya yang luar biasa juga tak lepas dari andil sistem penggerak 4WD full time GR-Four lengkap dengan Limited Slip Differential untuk memastikan traksi terbaik.

Toyota GR Yaris (4)

(Foto: Carmudi)

Catatan positif lain ialah kendalinya benar-benar ringan dan presisi. Body roll ketika melewati zig zag atau tikungan tajam sangat minim walau masih lebih stabil Toyota GR Supra.

Terlepas dari hal tersebut, mobil ini begitu menyenangkan dikendarai. Terlebih bagi mereka yang dapat mengapresiasi kenikmatan setiap kali melakukan perpindahan gigi pada transmisi manual 6-kecepatan yang digunakan.

Baca Juga:

Penulis: Mada Prastya

Editor: Dimas

Mada Prastya

Bergabung sebagai penulis di Carmudi Indonesia sejak Februari 2021. Menyukai kendaraan roda dua karena simpel, cepat, dan memberi rasa kebebasan dalam berkendara. Email: [email protected]

Related Posts