Sumber informasi

Memasang Peredam Mobil Sendiri, Ini Bahan dan Bagian yang Direkomendasikan

Jakarta – Memasang peredam mobil ternyata bisa dilakukan sendiri untuk mengisi waktu luang saat Work From Home (WFH). Bagi mereka yang gemar mengoprek kendaraan ini jelas menjadi hal yang sangat menyenangkan.

Namun, sebelum memasang peredam sendiri ada beberapa hal yang wajib diketahui, seperti bahan peredam yang akan dipakai dan bagian mana saja yang bisa dipasang peredam.

“Untuk yang mau memasang peredam mobil sendiri, saya sarankan pilih yang bahan campuran butyl rubber yang memiliki lapisan alumunium,” ujar Simon Dimas Biantara, Chief Marketing Officer PT Audio Plus Indonesia, kepada Carmudi, Rabu (21/7/2021).

Pria yang pernah memenangkan kontes audio kelas Sound Quality (SQ) di ajang EMMA Asia beberapa tahun lalu ini menambahkan, peredam dengan bahan tersebut biasanya lebih mudah di pasang dan punya daya rekat yang sangat bagus.

memasang peredam mobil sendiri

Peredam Nitto

“Walaupun daya rekat ini tergantung merek yang kita pilih juga,” sambungnya.

Mereka yang ingin memasang peredam mobil sendiri sangat disarankan untuk menyasar bagian pintu mobil. Sebab, membuka panel-panel pintu lebih mudah ketimbang bagian lain yang ada di kabin.

“Kalau mau dikerjakan sendiri di rumah saat iseng sangat disarankan bagian pintunya saja. Pelajari terlebih dahulu cara melepas panel pintu, termasuk urutan-urutan bagian mana dahulu yang dibuka. Bagian yang sangat efektif dan relatif cukup mudah dikerjakan adalah bagian pintu,” katanya.

Kisaran Harga Peredam Mobil

Bagi Carmudian yang ingin memasang peredam sebaiknya mencari tahu dahulu harga dari masing-masing merek peredam.

Dimas menyarankan agar membeli peredam yang memiliki kualitas bagus agar hasilnya optimal.

Namun, harus diakui bahwa peredam yang berkualitas baik harganya sedikit lebih mahal.

“Untuk peredam kelas menengah sampai premium itu kisaran Rp200 ribuan sampai Rp650 ribuan per lembarnya,” terang Dimas.

memasang peredam mobil sendiri

Peredam mobil

Sebelum memasang peredam di mobil, jangan lupa mempersiapkan alat-alat yang dibutuhkan untuk melepas panel pintu. Bila perlu beli juga alat untuk memasang peredam, seperti roller yang kisaran harganya mencapai Rp150 ribu hingga Rp250 ribuan.

“Pastikan saat memasang peredam, pemasangannya itu benar supaya bisa terpasang dengan baik. Bukan hanya menempel, tetapi harus benar-benar merekat sempurna supaya peredaman lebih efektif nantinya,” pungkas dia.

Umumnya untuk melapisi panel pintu mobil dibutuhkan 4 sampai 6 lembar peredam tergantung kebutuhan.

Lubang-lubang yang ada di balik panel diusahakan tertutup sempurna oleh peredam.

Baca Juga:

 

Penulis: Rizen Panji

Editor: Santo Sirait

Rizen Panji

Hobinya jelas, menghabiskan bahan bakar mesin 6 silinder di akhir pekan. Seleranya juga sudah jelas, mobil tua yang pintunya cuma dua. Oh iya, dirinya sangat mencintai interior mobil yang bersih dan simpel. Kalau ada yang mau ngasih mobil dengan ciri tersebut, akan diterima dengan senang hati..

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *