Home » Berita » Memasuki Masa Transisi Penjualan Spare Part Suzuki Alami Peningkatan

Memasuki Masa Transisi Penjualan Spare Part Suzuki Alami Peningkatan

Bengkel mobil Suzuki (Foto: Suzuki)
Bengkel mobil Suzuki (Foto: Suzuki)

Jakarta – Memasuki masa transisi sejumlah kegiatan perekonomian sudah bisa berangsur-angsur berjalan kembali. Jalan raya yang sebelumnya sepi kini kembali ramai oleh kendaraan bermotor. Bahkan di beberapa ruas jalan Ibu Kota kemacetan mulai terlihat. Ini menandakan bahwa sebagian besar orang sudah menggunakan kendaraan bermotor untuk beraktivitas menuju kantor maupun sekadar jalan-jalan.

Penggunaan kendaraan bermotor yang semakin meningkat berdampak pada naiknya permintaan spare part atau suku cadang. Hal itu dikarenakan banyak pemilik kendaraan bermotor yang mulai berdatangan ke bengkel resmi untuk melakukan servis. Tren positif ini sejalan dengan data PT Suzuki Indomobil Motor (SIM) yang menunjukkan peningkatan penjualan suku cadang dan aksesori resmi Suzuki baik untuk mobil, maupun sepeda motor. Peningkatan mulai terasa pada Juni lalu.

“Memasuki masa transisi dan recovery pandemi Covid-19 ini, permintaan konsumen untuk suku cadang memang sudah mulai meningkat dan hampir kembali normal. Dibuktikan dengan total angka penjualan suku cadang Suzuki baik domestik dan ekspor di semua segmen di Juni 2020 mencapai angka 92% jika dibandingkan dengan periode bulan yang sama tahun 2019, setelah sempat turun selama 3 bulan berturut-turut pada periode Maret – Mei 2020,” ungkap Dept. Head PT SIM, Christiana Yuwantie, dalam keterangan resminya, Rabu (8/7/2020).

Kontribusi terbesar berasal dari penjualan suku cadang sepeda motor sebesar 101,5% dan oli sebesar 126,5%. Selain pembelian secara langsung melalui diler atau bengkel resmi Suzuki, tidak sedikit juga pelanggan yang memanfaatkan pembelian suku cadang melalui online lewat aplikasi My Suzuki. Sepanjang Juni 2020, tercatat jumlah transaksi pembelian spare part melalui aplikasi mulai kembali stabil, setelah sempat turun di April dan Mei 2020.

“Jabodetabek menjadi kontributor terbesar penjualan suku cadang dan aksesori, di mana Juni lalu berhasil meraih peningkatan revenue sebesar 135,5% untuk sepeda motor dan 102,1% untuk segmen mobil jika dibandingkan dengan pencapaian tahun lalu pada periode yang sama. Kemudian disusul Jawa Tengah untuk segmen mobil dan sepeda motor, Jawa Timur untuk sepeda motor, dan Sumatera untuk mobil,” jelas Christiana.

Spare Part Suzuki (Foto: Suzuki)

Kebutuhan Spare Part Terpenuhi

Untuk memastikan spare part selalu ada saat dibutuhkan, Suzuki secara rutin menambah stok. Tak heran di tengah pandemi seperti sekarang ini Suzuki tidak kekurangan persediaan spare part baik itu untuk mobil maupun sepeda motor.

“Permintaan masyarakat akan suku cadang dan aksesori akan terus kami penuhi dan pastikan ketersediaannya. Kami harap masyarakat bisa tetap aman dan nyaman dalam bertransportasi dengan menggunakan suku cadang resmi,” tutup Christiana.

Untuk pembelian suku cadang dan aksesori resmi Suzuki, pelanggan dapat langsung mengunjungi diler terdekat atau dapat menggunakan aplikasi My Suzuki. Untuk informasi harga dan spare part pelanggan bisa langsung melihatnya di situs web resmi Suzuki.

 

Penulis: Santo Sirait

Editor: Dimas

Baca Juga:

Suzuki Pastikan Belum Ada Aduan Hoaks Promo Perawatan Mobil Gratis

Previous post
Biar Praktis, Begini Cara Perpanjang SIM Online yang Berlaku Se-Indonesia
Konsumsi BBM Honda Brio
Next post
Penjualan Mobil Baru Mulai Merangkak Naik, Honda Brio Terlaris