BeritaMobil

Membayangkan Kecerdasan Buatan di Mobil Honda, Bisa Lebih Cerdas dari Penggunanya?

Tokyo – Membaca judul tersebut, kami langsung teringat film serial KITT. Ya, Knight Industries Two Thousand. Mobil sport yang bisa bicara dan nyetir sendiri.

Kala itu di era 90an, canggihnya bukan main. Dan mungkin belum terbayang kalau ternyata di akhir 2017 ini salah satu pabrikan Jepang mulai menerapkan konsep tersebut pada mobil nyata–bukan film.

KITT

Photo by: NBCU Photo Bank

Pada gelaran Tokyo Motor Show 2017 yang akan digelar akhir Oktober ini, kebetulan Carmudi Indonesia akan berada disana, Honda siap menampilkan beberapa mobil bertenaga listrik yang dibekali Artificial Intelligence alias kecerdasan buatan.

Salah satunya yang paling menarik adalah Honda Sports EV Concept, mewujudkan rasa kesatuan antara pengendara dengan mobilnya, melalui kombinasi performa EV (listrik) dan AI (Artificial Intelligence).

Masih ingat kan fil KITT? selain bisa bicara sendiri juga bisa menyetir sendiri, meski tak haram untuk dikemudikan langsung David Haselhoff. Nah, meski rinciannya belum tersedia, kita bisa membayangkan mobil Honda akan seperti itu.

KITT

Konsep KITT Acura, yang merupakan keluarga besar Honda

Autonomous Driving, mobil bisa nyetir sendiri, sebenarnya sudah banyak. Dan hampir semuanya disematkan teknologi kecerdasan buatan, namun mungkin masih setengah-setengah dan kecil presentasinya.

Namun, mungkin baru Honda yang secara terbuka mengumumkan kalau kecerdasan buatan akan berada di mobilnya. Jadi, kami jadi penasaran dan langsung teringat sosok KITT. Atau Jarvis-nya Iron Man.

Honda Bikin KITT Masa Depan

KITT sendiri singkatan dari Knight Industries Two Thousand dan terbaru pada tahun 2008 ada Knight Industries Three Thousand. Nah, mungkin garapan Honda jadinya KIFT (Knight Industries Four Thousand).

Bayangkan fitur seperti apa yang akan tertanam pada mobil Honda dengan kecerdasan buatan. Sebagai gambaran, KITT saja punya sejumlah fitur canggih di masanya saat itu.

Prosesor Mainframe Cadangan, sebuah fitur yang bisa menyembuhkan dirinya sendiri, jika mendeteksi adanya kesalahan atau kerusakan pada mikroprosesornya, prosesor cadangan otomatis aktif.

Proyeksi kaca depan, fitur ini sudah banyak. Pada Mazda saja sudah ada, mirip Head Up Display. Hanya saja informasi yang ditampilkan terbatas.

Namun KITT menyediakan seluruh kaca depan depan untuk menampilkan informasi serta link komunikasi video dengan SSC.

Bio Matrix Scanner. Digunakan untuk mendeteksi status kesehatan orang terdekat. Serta tak hanya pengemudi saja, kalau mobil terluka pun ada teknologi Kulit Nanotech.

KITT

Sepertinya di tahun 2017 ini dasbor mobil canggih tidak perlu serumit itu ya?

Kulit nano tersebut bisa menciptakan kulit luar mobil yang akan mendeteksi dan memperbaiki segera kalau ada lecet apalagi kerusakan. Cocok untuk di Jakarta yang semrawut.

Sebenarnya masih banyak lagi fitur canggih dari KITT, selain yang paling populer yakni saat mobil ini bisa diajak biacara, bahkan responnya lebih canggih dari SIRI maupun Google Now.

Kalau SIRI dan Google Now hanya bisa merespon informasi, kecerdasan buatan pada KITT bisa merespon emosi. Dan ini yang bikin penasaran ketika diterapkan pada mobil Honda nantinya.

Mobil Honda Bakal Lebih Cerdas dari Penggunanya

Apalagi Honda mengatakan mobil bisa menyatu dengan penggunanya, tentu tidak akan sebatas percakapan bolak balik statis soal informasi terkait kendaraan saja.

Tapi juga sederhananya mobil yang bisa diajak curhat dan terus mengadaptasikan dirinya dengan karakter pengguna.

Honda Sports EV Concept akan tampil World Premiere di TMS 2017. Foto/Honda

“Honda Sports EV Concept sebagai mobil Sport masa depan yang membawa kesenangan dan perasaan emosional,” tulis Honda.

“Honda Urban EV Concept mewujudkan komunikasi antara pengendara dengan mobilnya melalui teknologi AI dan layar depan yang dapat menampilkan pesan untuk pengendara lain,” tulis Honda lagi.

Honda Urban EV Concept 2

Honda Urban EV Concept 2

Dan bahkan ini: “Honda NeuV memiliki berbagai fitur untuk mendukung keamanan berkendara, diantaranya dengan mengenali tingkat stres dari ekspresi wajah dan suara pengendara, mempelajari gaya hidup, mensugestikan pada situasi tertentu, serta mewujudkan komunikasi antara pengendara dengan mobilitas,”.

Honda NeuV

Honda NeuV

Tiga jenis mobil tersebut merupakan bocoran bagaimana nanti kecerdasan buatan bakal menjadi pengendali dari mobil Honda, yang semoga saja memang untuk memudahkan penggunanya dan menjadi teman selama perjalanan.

Ditataran dunia sendiri, pengembangan kecerdasan buatan masih menimbulkan pro dan kontra. Apakah langkah ini bakal memudahkan hidup manusia atau malah menyusahkan.

Karena secara potensi kecerdasan buatan punya kemampuan untuk mengembangkan dirinya sendiri, bahkan melebihi kemampuan otak manusia.

Dan ketika banyak ilmuan bakal menerapkannya tidak hanya pada seperangkat komputer saja, tapi juga pada sesosok robot, maka Honda barangkali mau mencobanya pada sebuah mobil. Yah, bakal seperti inikah masa depan?

Nah, jadinya penasaran kan bakal seperti apa sih kecerdasan buatan yang menempel di mobil Honda? Apakah hanya gimmick semata atau memamng benar-benar mobil yang bisa terus beradaptasi dan membuat dirinya semakin cerdas.

Carmudi Indonesia akan memberikan laporan langsungnya di Tokyo Motor Show 2017 yang akan berlangsung pada 27 – 5 Oktober 2017 mendatang..

Penulis: Bagja Pratama

Tutus Subronto

Tutus Subronto memulai karirnya di dunia otomotif sebagai jurnalis di Media Indonesia. Sejak 2008, telah meliput beragam kegiatan otomotif nasional. Terhitung Januari 2014 masuk sebagai tim Content Writer di Carmudi Indonesia. Kini terlibat di tim editorial Journal Carmudi Indonesia untuk mengulas dan publikasikan berita-berita otomotif terbaru. Email: [email protected]

Related Posts