Tips dan Trik

Hal-hal yang Harus Diperhatikan Ketika Memilih Bengkel Restorasi Motor

Aktivitas perbaikan motor di bengkel restorasi belakang ini kian meningkat. Mereka yang membawa motor ke bengkel spesialis restorasi ini umumnya ingin membangun motor dari kondisi yang jelek. 

Dari pada motor tua menjadi barang rongsokan, lebih baik diperbaiki dan dikembalikan seperti kondisi awal keluar dari pabrik. Dari segi nilai, jelas motor yang sudah direstorasi akan punya harga dan daya tarik yang lebih tinggi.

Belakangan para penggemar otomotif sedang berlomba-lomba melakukan restorasi pada sepeda motor tua. Selain bertujuan untuk nostalgia, melakukan restorasi motor juga bisa menjadi salah satu bisnis yang menjanjikan.

Namun untuk melakukan restorasi motor membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Sayangnya hal seperti ini masih kurang dipahami oleh banyak orang. 

Ilustrasi Motor Custom bengkel restorasi motor

(Foto: Autoevolution)

Kebanyakan mereka hanya berpikir jika melakukan restorasi motor itu adalah hal yang mudah. Padahal sebenarnya punya kesulitan yang besar, terutama soal ketersediaan parts dan bujet pemilik.

Hal yang Wajib Diperhatikan Saat Restorasi Motor

Carmudian tak perlu terburu-buru mencari bengkel spesialis restorasi motor. Ketahui dulu hal yang wajib diperhatikan saat mau membangun motor.

Tentukan Bujet

Ketika ingin membangun sebuah motor, pemilik wajib menentukan bujet yang akan dikeluarkan. Biasanya bengkel restorasi motor ini akan menanyakan bagaimana konsep restorasinya. 

Ada sebagian orang yang ingin membangun motor dengan menggunakan suku cadang baru dan orisinil. Ada juga sebagian orang yang ingin mempertahankan suku cadang yang masih bagus dan mengganti suku cadang yang sudah jelek.

Semuanya dikembalikan kepada sang pemilik motor. Jika mau hasilnya maksimal, akan lebih baik mengganti seluruh komponen lama dengan yang baru. Hanya saja bujetnya pasti akan membengkak.

bengkel restorasi motor

(Foto: Freepik)

Atau hanya ingin melakukan restorasi di bagian mesinnya saja juga sering dilakukan. Semua tergantung pilihan Anda saja, nih.

Untuk harga sendiri sebenarnya tidak bisa dikira-kira, terlebih untuk restorasi motor yang populasinya sudah sulit ditemui. Otomatis suku cadangnya akan lebih sulit dicari, jika ada harganya bisa sangat mahal.

Sediakan Suku Cadang

Ada sebagian orang yang sudah mengumpulkan suku cadangnya terlebih dahulu sebelum membawanya ke bengkel restorasi motor. Tujuannya agar mempermudah pihak bengkel dalam melakukan proses membangun motor si pemilik.

Carmudian juga bisa meniru untuk mengumpulkan suku cadangnya terlebih dahulu agar saat proses restorasi tidak terhenti akibat menunggu spare part datang. Biasanya suku cadang menjadi salah satu hal yang membuat pengerjaan menjadi lama.

Apparel Motor bengkel restorasi motor

(Foto: Deus Ex Machina)

Jika ingin mengumpulkan spare part, fokuslah kepada bagian yang ingin dicari. Misalnya kumpulkan suku cadang bagian bodi, mesin, aksesoris, kaki-kaki, atau bagian kelistrikannya.

Dengan begitu Anda sudah mempermudah bengkel dalam melakukan pekerjaan. Bengkel bisa cepat mengerjakan, Anda pun juga bisa senang karena pengerjaan tak butuh waktu lama sebab semua kebutuhan suku cadang sudah terpenuhi.

Cari Tahu Bengkel

Jangan asal menaruh motor yang akan dibangun pada bengkel yang belum diketahui reputasinya. Hal ini bertujuan untuk menjaga dari hal yang tidak diinginkan.

Ada beberapa bengkel nakal yang membangun motor dengan asal-asalan. Di sisi lain pemilik motor jelas akan merasa kesal akibat sudah mempercayakan kepada bengkel namun hasilnya di luar dugaan.

Ada baiknya Carmudian cari tahu lebih jauh tentang bengkel yang akan ditugaskan. Tanyakan kepada teman atau kerabat mengenai reputasi bengkel yang sudah dijadikan tujuan.

Jangan lupa mencari referensi lebih dari 1 bengkel agar memudahkan memilih bengkel. Jangan segan juga untuk mendatangi langsung bengkel tersebut guna melihat hasil kerja dan berbincang dengan pemilik bengkel dan mekanik.

bengkel restorasi motor

(Foto: Kromworks)

Jika sudah menemukan bengkel yang dirasa tepat, tak perlu merasa sungkan untuk berbicara mengenai kisaran biaya restorasi di bengkel tersebut. 

Pihak bengkel umumnya sangat terbuka dengan masalah harga, kok. Jika kemahalan, Carmudian bisa melakukan tawar-menawar dengan pihak bengkel. 

Buat Perjanjian

Salah satu hal yang kerap dilewatkan oleh mereka yang ingin membangun kendaraan adalah perjanjian di atas kertas. Jika tidak kenal dengan bengkel, jangan ragu untuk membuat perjanjian hitam di atas putih perihal lamanya pengerjaan dan biaya.

Usahakan tidak terpengaruh oleh tipu daya pihak bengkel yang menjanjikan pengerjaan cepat dengan harga murah. Biasanya pengerjaan yang cepat membutuhkan biaya yang agak mahal, begitu pula sebaliknya.

Jika sudah menemui titik tengah mengenai perjanjian ini, Carmudian juga wajib memenuhi kewajibannya untuk membayar sesuai perjanjian yang disepakati. 

Jangan sampai galak meminta proses restorasi yang cepat, rapih, dan detail tetapi saat pembayaran Anda malah menunggak. Ini jelas sangat merugikan pihak bengkel dan membuat bengkel akan menjadi malas melayani Anda.

Daftar Bengkel Restorasi Motor

Lawless Garage

Salah satu referensi bengkel yang bisa Carmudian kunjungi adalah Lawless Garage yang ada di Jl Haji Jamhur, Gandul, Cinere, Jawa Barat. Nama Lawless Garage bisa dibilang sudah terkenal sebagai salah satu bengkel yang terpercaya.

Hasil yang diberikan oleh bengkel tersebut juga tak perlu diragukan lagi, sebab pengerjaannya cukup detail dan rapih. Bengkel yang lebih terkenal dengan restorasi custom ini juga melayani restorasi back to original.

lawless garage motor custom

Semuanya bisa dikembalikan kepada keinginan konsumen yang datang ke bengkel ini. Ucup, salah satu punggawa Lawless Garage mengaku tidak asal menerima konsumen yang datang ke bengkel ini.

“Biasanya kami enggak menerima konsumen baru, karena ada timeline yang mundur,” beber Ucup. Semua jenis sepeda motor pun diterima, alias tidak membeda-bedakan.

Scooter99

Bagi penggemar motor asal Italia, Vespa, ada satu bengkel yang wajib kalian datangi jika ingin melakukan restorasi. Bengkel tersebut adalah Scooter99 yang ada di Jl Haji Buang No.16, Ulujami, Jakarta Selatan.

Bengkel tersebut melayani jasa restorasi dan penyediaan suku cadang bahkan untuk Vespa paling langka sekalipun. Aris Arohman, Manajer dari Scooter99 membeberkan hal tersebut kepada kami.

“Spesialisasinya membangun motor dengan cara handmade. Jadi kita buat semuanya mulai dari Vespa Ape, sidecar, hingga Vespa langka. Untuk restorasi juga kita terima,” jelasnya.

Menariknya, nama Scooter99 justru lebih dikenal di mancanegara dibanding di dalam negeri. Bahkan Scooter99 menjadi salah satu produsen sidecar untuk Vespa di beberapa negara Eropa, Asia, hingga Amerika Serikat. 

Hasil karya Scooter99 sudah melanglang buan di Dunia

Hasil karya Scooter99

“Kita pernah kirim ke Swiss, Italia, Jerman, Belanda dan Spanyol. Malaysia dan Singapura juga langganan kita,” sambung Aris. Harga yang dipatok terbilang mahal, namun secara kualitas hasil yang diberikan mirip dengan motor yang baru keluar dari pabrik.

“Harganya berkisar Rp35 jutaan hingga Rp100 jutaan lebih. Untuk buat sidecar atau sespan saja itu sekitar Rp28-35 jutaan. Pembuatan ini tergantung dari kesulitan dan detail dari Vespa yang mau dibuat,” jelas Aris. Semakin sulit, akan semakin mahal juga biaya pembuatannya.

MR Classic

Bengkel lain yang bisa didatangi adalah Mr Classic Motor yang ada di Jl Raya Bogor No.5, Cisalak, Depok, Jawa Barat. Bengkel yang berangkat dari toko aksesoris khusus motor tua ini juga melayani jasa restorasi.

Umumnya motor yang direstorasi di tempat ini seperti Honda CB series, dan motor bebek Honda jadul seperti Honda C70. Berbagai aksesoris seperti jok, sein, tangki, pelek, lampu dan sebagainya banyak dijual dalam kondisi baru.

Barang yang dijual pun terdiri dari merek Taiwan ataupun orisinil dalam kondisi bekas. Namun konsumen yang datang ke sini lebih banyak yang melakukan pengerjaan custom seperti aliran Japstyle, Bratstyle, dan classic.

Ketiga bengkel di atas bisa jadi sasaran untuk menentukan tempat restorasi motor kesayangan. Sebelum melakukan restorasi, jangan lupa perhatikan hal di atas agar Carmudian dan pihak bengkel sama-sama enak dalam melakukan tugasnya masing-masing. 

Baca Juga:

Rizen Panji

Pikirannya selalu dipenuhi oleh mobil buatan asal Jerman, Swedia, dan Prancis dengan tahun produksi di bawah 2000. Jangan lupa, mesin yang bersemayam di dalam kap mesin tentunya harus 6 silinder guna memompa adrenalin ketika mengendarainya

Related Posts