Mobil

Menakar Konsumsi BBM Suzuki Baleno, Bisa Ngalahin LCGC!

konsumsi bbm suzuki baleno

Suzuki Baleno (Foto: Indianautosblog)

Jakarta – Konsumsi bbm Suzuki Baleno hatchback di Indonesia boleh jadi yang cukup oke. Karena mobil penumpang satu ini punya catatan impresif di bagian konsumsi bbm.

Sayangnya enggak semua orang tahu mengenai konsumsi bbm Suzuki Baleno hatchback ini. Sebagian orang menilai desainnya kurang asik, fiturnya kurang, bla bla bla.

Kalau menurut kami, Suzuki Baleno hatchback ini sangat layak buat dipinang. Apalagi buat dijadikan mobil harian. Karena konsumsi bbm Suzuki Baleno hatchback ini benar-benar sangat irit.

Saking iritnya, kami setuju kalau mobil hatchback ini bisa ngalahin konsumsi bbmnya LCGC kebanyakan. Ah, masa iya sih. Enggak percaya? Coba lihat dulu nih data berikut.

MESIN
Jenis: K14B
Silinder: 4 in-line
Jumlah katup: 16
Isi silinder: 1,373 cc
Diameter x langkah: 73,0 x 82,0 mm
Daya maksimum: 92,4 PS @6.000 rpm
Momen torsi maksimum: 130 Nm @4.200 rpm
Distribusi bahan bakar: Multiple injection

Konsumsi BBM Suzuki Baleno

Soal dapur pacu, Suzuki Baleno Hatchback ini dibenamkan mesin berkapasitas 1.373 cc, 4 silinder dengan sistem pembakaran multipoint injection. Mesin berkode K14B ini diklaim mampu menghasilkan tenaga hingga 91 hp dengan torsi 130 Nm.

Di Indonesia, mobil ini ditawarkan dengan dua pilihan transmisi. Yakni manual dan otomatis. Untuk transmisi manual dibekali dengan 5 percepatan sedangkan transmisi otomatis hanya 4 percepatan saja.

konsumsi bbm suzuki baleno

Suzuki Baleno terbaru (Foto: Santo/Carmudi)

Di atas kertas, bagi sebagian orang tenaga mesin Suzuki Baleno ini dianggap kecil. Tapi coba dipikir kembali. Memangnya city car harus sebesar apa tenaganya? Kan bukan buat kebut-kebutan juga, toh?

Menurut kami, sebuah salah satu pertimbangan yang harus dipikirkan saat membeli city car bukanlah tenaga. Tetapi lebih mementingkan konsumsi bbm untuk mobilitas di perkotaan.

Namanya saja city car, sudah sewajarnya punya konsumsi bbm yang baik. Kalau boros, bakalan sedikit menyiksa pengeluaran buat isi bensin nih!

Kenapa kita bilang konsumsi bbm Suzuki Baleno hatchback ini hampir setara LCGC? Karena berdasarkan pengujian mobil ini memang punya konsumsi bbm yang sangat irit.

Berdasarkan pengujian oleh Fransiscus Rosano, reviewer Carmudi terhadap Suzuki Baleno hatchback miliknya pribadi memang mobil tersebut sangat irit.

konsumsi bbm suzuki baleno

Suzuki New Baleno resmi meluncur dengan selisih harga Rp2 juta dengan versi lamanya. (Foto: Carmudi/Santo)

Beberapa waktu lalu melakukan perjalanan ke Surabaya, Jawa Timur, hasilnya konsumsi bbm mobil miliknya ada di angka 1:22 km per liternya.

Hasil ini didapatkan dengan menggunakan metode gaya berkendara ECO. Selain itu, catatan ini didapatkan selama berkendara di dalam tol.

Lalu, bagaimana dengan berkendara di jalan biasa yang lebih banyak macet? Hasilnya ternyata masih nggak kalah oke juga.

Suzuki Baleno hatchback ini masih bisa mencatatkan konsumsi di angka 13,4 km per liter. Rute ini merupakan rute kombinasi dalam kota, tol yang macet serta tes akselerasi.

Hasil Tes Akselerasi Suzuki Baleno

Berdasarkan data, walaupun tenaga mesin mobil ini dianggap kecil tapi performanya lumayan. Dari 0 sampai 60 km per jam, mobil ini bisa melesat dalam waktu 5,3 detik.

Sedangkan dari 0 sampai 100 km per jam mencatatkan waktu di angka 11,7 detik. Pada saat mobil melaju di kecepatan 40 km per jam dan digeber menuju 80 km per jam hanya butuh waktu 4,9 detik.

mesin-baleno-hatchback

Spesifikasi mesin Suzuki Baleno Hatchback. (Foto: Carmudi)

Sedangkan untuk kecepatan berlari dari 0 sampai 402 meter, mobil ini sanggup melesat dalam waktu 18,4 detik. Oh iya, mobil yang digunakan merupakan Baleno dengan transmisi otomatis. Enggak jelek-jelek amat kan performa mesinnya?

Walaupun mesinnya hanya 1.400 cc, tapi Baleno ini masih bisa lah diajak lari-lari kecil. Tapi harus ingat, ini adalah city car bukan mobil sport yang punya performa dahsyat.

Hal yang Mempengaruhi Konsumsi BBM

Walaupun konsumsi bbm Suzuki Baleno hatchback ini terbilang baik, tapi ada beberapa hal yang harus diingat. Pada dasarnya gaya berkendara pribadi seseorang lah yang juga mempengaruhi konsumsi bahan bakar.

Walaupun mobilnya sama, jarak tempuhnya sama dan rutenya pun sama tetapi gaya berkendara seseorang pasti berbeda. Mulai dari cara menginjak gas, menginjak rem, dan cara memindahkan transmisi.

konsumsi bbm suzuki baleno

Desain Starlet hanya mengubah sedikit bagian Suzuki Baleno (Foto Cars)

Semua ini sangatlah berpengaruh dalam keiritan bahan bakar mobil. Untuk mendapatkan konsumsi bbm yang irit, perlu banyak berlatih.

  • Tidak menginjak pedal gas sampai lebih dari 2 ribu atau 3 ribu rpm
  • Tidak sering menginjak gas dalam-dalam
  • Menginjak pedal gas santai
  • Tidak terbawa emosi mengejar kendaraan lain
  • Berjalan dengan kecepatan konstan
  • Menggunakan bahan bakar dengan oktan yang sesuai rekomendasi
  • Memanfaatkan fitur yang ada pada mobil

Beberapa hal di atas sangat berpengaruh pada iritnya konsumsi bbm sebuah mobil. Tapi, selain itu ada juga beberapa hal yang mempengaruhi konsumsi bbm sebuah mobil.

Misalnya mengisi bahan bakar dengan oktan yang sesuai rekomendasi pabrikan, melakukan perawatan secara berkala, menggunakan oli mesin dan oli transmisi yang sesuai spek pabrik.

Dan, jangan lupa menahan diri untuk tetap berkendara eco driving. Karena berkendara dengan gaya eco driving membutuhkan kesabaran yang luar biasa.

Hasil Konsumsi BBM Suzuki Baleno Versi BT2MP

Pada tahun 2017, Balai Teknologi Termodinamika, Motor dan Propulsi (BT2MP) mengklaim jika konsumsi BBM Suzuki Baleno mencapai 22,17 km per liter untuk versi manual. Sedangkan versi otomatis mencapai 20,65 km per liter.

BT2MP pada saat itu menguji Baleno sebelum dirilis ke pasar. Hasil ini tentunya tidak berbeda jauh dengan pengujian yang dilakukan oleh tim Carmudi Indonesia.

Suzuki Baleno terbaru (Foto: Santo/Carmudi)

Mobil ini sebenarnya memang mobil yang cukup irit jika dibandingkan dengan LCGC. LCGC biasanya mencatatkan konsumsi bbm di angka 1:14 km per liter sampai 1:16 km per liter.

Harga Suzuki Baleno Hatchback 2020

Di Indonesia Suzuki Baleno hatchback ditawarkan dengan 2 varian. Yang pertama adalah versi dengan transmisi manual. Lalu kedua adalah versi dengan transmisi otomatis.

Untuk versi transmisi manual, harga yang ditawarkan adalah Rp233 jutaan. Sedangkan versi transmisi otomatis dibanderol Rp245,5 jutaan.

Kalau dibandingin sama pesaingnya, jelas harga Suzuki Baleno ini lebih murah. Kenyamanan mobil ini juga lumayan baik buat dipakai dalam kota atau luar kota.

Baleno

Suzuki Baleno Hatchback

Sayang, mobil ini kurang diminati oleh masyarakat Indonesia lantaran dinilai desainnya kurang oke. Padahal tampilannya sih lumayan banget kok.

Buat yang mau membeli mobil untuk harian, Suzuki Baleno hatchback ini sangat kami rekomendasikan. Selain konsumsi bbmnya irit, biaya perawatannya juga cukup rendah dibanding pesaingnya.

Harga barunya juga terbilang murah, belum lagi ditambah adanya diskon akhir tahun yang dikasih sama Suzuki. Bisa-bisa mobil ini dibeli dengan harga di bawah Rp200 jutaan di akhir tahun ini.

Penulis: Rizen

Editor: Lesmana

 

Rizen Panji

Hobinya menghabiskan bahan bakar di akhir pekan. Dan pastinya tergila-gila dengan mobil tua apalagi mobilnya model pintu dua. Oiya, dirinya juga senang melihat interior mobil yang sangat rapih dan bersih, lho!

Related Posts