Berita

Menakjubkan! Mobil Hybrid Toyota Telah Terjual 15 Juta Unit

Mobil hybrid Toyota terjual 15 juta unit di seluruh dunia (Foto: Paultan)

Tokyo – Toyota menjadi salah satu pabrikan otomotif yang sukses memasarkan mobil hybrid di dunia. Jauh sebelum elektrifikasi Toyota telah menghadirkan mobil konsep berteknologi hybrid pada 1995 di Tokyo Motor Show. Mobil itu diberi nama Prius yang diambil dari bahasa latin artinya ‘yang pertama’ atau ‘pendahulu’.

Proyek pembuatan mobil konsep Prius dipimpin oleh Takeshi Uchiyamada. Dirinya juga menentukan arah pengembangan mobil Toyota di masa depan. Termasuk menciptakan kendaraan irit bahan bakar dan juga mengurangi emisi gas rumah kaca.

Dua tahun setelah diperkenalkan, Toyota Prius generasi pertama akhirnya resmi dirilis pada 1997. Kendaraan ramah lingkungan ini menjadi mobil penumpang hybrid pertama di dunia yang diproduksi dan dijual massal. Bila hitung-hitung, perjalanan Toyota Prius sampai dengan sekarang sudah lebih dari 25 tahun.

Tak berhenti sampai Prius, Toyota terus menghadirkan model-model baru yang sudah mengadopsi teknologi hybrid. Diberitakan Paultan, perusahana asal Jepang itu berhasil mencapai tonggak sejarah baru pada Januari tahun ini. Karena telah menjual 15 juta unit mobil hybrid di seluruh dunia.

Terlepas dari pencapaian tersebut, Toyota terus mengembangkan dan memperbaiki teknologi hybrid untuk mencapai emisi yang lebih rendah dan efisiensi bahan bakar semakin baik. Meski begitu, pabrikan tidak melihat mobil berteknologi hybrid sebagai satu-satunya jalan di masa depan. Toyota mengambil langkah lanjutan dengan menyediakan mobil plug-in hybrid, fuel cell dan kendaraan listrik murni.

“Tentu saja, kita harus bekerja keras untuk meningkatkan kinerja baterai. Tetapi kita harus menghindari tidak memiliki rencana sampai kita mengatasi rintangan yang terkait dengan Battery Electric Vehicle (BEV) dan Fuel Cell Electrified Vehicle (FCEV). Kami dapat berkontribusi dengan melanjutkan pekerjaan kami di Hybrid Electric Vehicle (HEV), ”kata Shigeki Terashi, chief officer Toyota Motor Corporation.

Toyota C-HR

Toyota C-HR hybrid coba bentuk citra baru mobil hybrid. (Foto/Carmudi)

Ke depan, Toyota berencana meluncurkan 40 kendaraan listrik baru, 10 di antaranya adalah kendaraam tanpa emisi. Mobil hybrid Toyota akan tetap menjadi bagian inti dari powertrain yang memenuhi kebutuhan pelanggan dan membantu menurunkan emisi.

Pionir Pengembangan Elektrifikasi di Indonesia

Tak cuma di Jepang, elektrifikasi juga sudah dibangun oleh Toyota di Indonesia sejak 2009, diawali dengan kemunculan Prius hybrid. Sejak saat itu , Toyota terus melakukan edukasi pasar dan mensosialisasikan mobil ramah lingkungan ini ke masyarakat dan bekerja sama dengan pemerintah.

Bukan cuma Prius, Toyota juga menawarkan jajaran kendaraan elektrifikasi lain yang memenuhi setiap segmen mobil penumpang.

Pada 2012, Toyota mulai memasarkan Camry HEV di Indonesia. Mobil ini mendapat respon positif dari pelanggan sehingga sampai saat ini tercatat sebagai mobil elektrifikasi dengan populasi terbesar di Indonesia yaitu lebih dari 1.600 unit. Kemudian Toyota memperluas pasar dengan mendatangkan Alphard HEV, C-HR HEV, dan terakhir Corolla Altis HEV yang juga mendapat respon cukup baik dari pelanggan.

Penulis: Santo

Editor: Lesmana

Santo Sirait

Santo Sirait sebelumnya Jurnalis di Okezone.com, pindah ke Carmudi.co.id sebagai Reporter pada November 2017. Fokus di sektor otomotif, terutama meliput tentang mobil, motor dan industri otomotif. Santo dapat dihubungi di [email protected]

Related Posts