Sepeda motor

Menang di Tikungan Terakhir, Alex Rins Buktikan Suzuki Ecstar MotoGP Digdaya di Silverstone

Duel Suzuki GSX-RR vs Honda RC-V. Foto/Ist

London – Drama tikungan terakhir kembali terulang di GP Silverstone, Inggris, semalam. Lagi-lagi, Marc Marquez kena tikung sebelum garis finish. Alex Rins, pebalap Team Suzuki Ecstar MotoGP menutup seri Silverstone GP Inggris dengan peraihan podium pertama menunggangi Suzuki GSX-RR.

Rins selama balapan terus konsisten membuntuti Marquez selama beberapa putaran di posisi kedua. Padahal, pebalap Suzuki Ecstar ini memulai balap dengan posisi start yang kurang menguntungkan. Pebalap asal Spanyol ini berhasil melampaui pebalap kawakan Valentino Rossi sebelum akhirnya berduel dengan The Baby Alien memperebutkan posisi pertama.

Detik-detik terakhir jelang garis finish, Alex Rins melakukan aksi overtaking dramatis. Posisi Marquez yang melebar dimanfaatkan dengan baik oleh Rins dengan tancap gas sampai akhirnya berhasil finish hanya selisih tipis dengan Marquez. Aksinya tersebut juga menjadi suatu kejutan yang tak diprediksi oleh si 93.

Selama kiprahnya membela Suzuki Ecstar di MotoGP 2019, Rins telah berhasil dua kali menjadi juara seri. Sebelumnya, pebalap dengan nomor 42 ini berhasil menjadi juara di GP Austin, Amerika Serikat. Saat itu, Rins berhasil menjinakkan keganasan The Doctor yang harus puas di posisi kedua.

“Hari ini luar biasa. Saya waktu itu menang di Austin, mengalahkan Valentino dan sekarang saya menang di sini, mengalahkan Marc. Kedua orang ini sangat cepat dan merupakan ‘legenda’ di MotoGP,” ujar Rins melalui keterangan resmi Suzuki.

Alex Rins yang menunggangi Suzuki GSX-RR berada di posisi pertama dengan catatan waktu 40’12.799 atau berselisih waktu 0,013 detik dari Marquez di posisi kedua. Bermodal dua kemenangan seri, Rins berada di posisi pebalap ke-3 secara keseluruhan MotoGP musim 2019. Kemenangan ini sekaligus membuktikan bila performa tim Suzuki Ecstar MotoGP mampu tampil kompetitif sebagaimana Yamaha, Ducati, dan Honda.

Manfaatkan Kelengahan Marquez

Alex Rins juara di Silverstone. Foto/Ist

Keberhasilan Rins menjadi juara tak lain karena kesabaran dan konsistensi menjaga peluang di belakang Marquez selama beberapa putaran. Selama laga Silverstone ini Rins begitu yakin soal performa GSX-RR yang sangat kompetitif sekalipun memulai start dari posisi kelima. Bahkan, Rins kembali sukses mempecundangi Rossi yang memulai start dari posisi kedua.

Bagi Marquez, ini kali kedua secara beruntun ia kecolongan di tikungan akhir balapan. Sebelumnya, pemegang gelar lima kali juara dunia MotoGP ini juga disalip oleh Andrea Dovizioso di GP Brno, Ceko, beberapa waktu lalu.

“Menjelang akhir perlombaan, saya merasa saya memiliki kecepatan yang lebih baik daripada dia. Saya berkata pada diri sendiri bahwa saya harus mengejar dan mengambil kesempatan. Saya melihat peluang (Marquez melebar) dan saya mewujudkannya,” jelas Rins mengomentari jalannya balapan.

Penulis: Yongki

Editor: Lesmana

Tutus Subronto

Tutus Subronto memulai karirnya di dunia otomotif sebagai jurnalis di Media Indonesia. Sejak 2008, telah meliput beragam kegiatan otomotif nasional. Terhitung Januari 2014 masuk sebagai tim Content Writer di Carmudi Indonesia. Kini terlibat di tim editorial Journal Carmudi Indonesia untuk mengulas dan publikasikan berita-berita otomotif terbaru. Email: [email protected]

Related Posts