Home » Berita » Menarik! Inilah 5 Fakta Tentang Sepeda Motor Konsep Honda CB-F

Menarik! Inilah 5 Fakta Tentang Sepeda Motor Konsep Honda CB-F

Sepeda Motor Konsep Honda CB-F (Foto: Honda)

Tokyo – Di tengah gempuran wabah virus corona tak menghentikan langkah Honda untuk meluncurkan sepeda motor konsep terbaru. Seharusnya Honda CB-F meluncur dan diperlihatkan ke publik di ajang Honda CB-F Osaka Motorcycle Show 2020 dan Tokyo Motorcycle Show ke-47, namun kedua event besar tersebut dibatalkan karena pandemi virus corona yang belum mulai reda. Akhirnya, Honda pun memilih meluncurkannya secara online di Honda Virtual Motorcycle show melalui situs resminnya pada 27 Maret 2020 kemarin.

Sepeda motor konsep Honda CB-F tampil dengan gaya retro modern. Karya terbaru dari pabrikan berlogo sayap kepak itu dibangun sedemikian rupa dengan mengambil inspirasi dari sepeda motor legendaris CB900F. Agar lebih jelas, berikut fakta-fakta menarik tentang Honda CB-F:

  1. Sejarah Seri CB

Honda CB-F adalah hasil pratinjau dari sejarah seri CB, yang sudah menginjak enam dekade tahun lalu. Lewat konsep CB-F, Honda mengeksplorasi bagian mana yang harus dilestarikan dan apa yang harus dikembangkan dari sepeda motor.

Konsep CB-F merupakan kombinasi antara teknologi terbaru dengan desain retro sebagai bentuk penghormatan kepada CB900F (dikenal juga sebagai CB750F di Jepang). Honda CB900F masuk dapur produksi sejak 1981, kemudian dihentikan pada 1983. Honda kembali menghidupkan sepeda motor sport itu pada 2004 sampai 2007.

  1. Mesin 998 Cc

Walaupun hanya sebatas sepeda motor konsep, tapi Honda turut menyematkan mesin di tubuh CB-F. Sumber tenaga dari CB-F berasal dari mesin bensin 4 silinder segaris berpendingin air dan berkapasitas 998 cc dengan menggunakan teknologi DOHC. Tidak disebutkan berapa tenaga maksimal yang dikeluarkan oleh mesin tersebut. Tapi tampaknya mesin 998 cc tersebut memiliki konfigurasi yang sama dengan mesin Honda CB1000R, yang mampu menghasilkan tenaga 143 hp pada 10.500 rpm dan torsi puncak 104 Nm pada 8.250 rpm.

  1. Sasis dan Suspensi

Sepeda motor konsep CB-F dibangun menggunakan sasis atau kerangka mono-backbone baja ringan dan berkekuatan tinggi. Sedangkan suspensi depan up side down, kelebihannya kemudi tidak mudah goyang dan minim getaran sehingga dapat membantu pengemudi dalam mengendalikan sepeda motor terutama di jalan perkotaan dan berliku. Suspensi belakang dengan konfigurasi Pro-Arm aluminium satu sisi yang ringan.

Sepeda Motor Konsep Honda CB-F (Foto: Honda)
  1. Rem Cakram

Untuk memperlambat laju sepeda motor saat diperlukan, Honda telah menugaskan rem cakram ganda di depan dan satu cakram di belakang.

  1. Belum Akan Diproduksi Massal

Meski sudah diperkenalkan, namun sampai saat ini Honda belum menentukan apakah motor konsep CB-F akan masuk jalur produksi atau hanya berhenti sampai versi konsep saja.

Penasaran? Kita tunggu saja kabar baik dari Honda.

Spesifikasi Honda CB-F

Dimensi

  • Panjang 2.120 mm
  • Lebar 790 mm
  • Tinggi 1,070 mm

Mesin

  • Water-cooled, 4-stroke, 4-valve, inline 4-cylinder DOHC Displacement 998 cc

Transmisi

  • 6 speed

 

Penulis: Santo Sirait

Editor: Dimas

Baca Juga:

Spesifikasi dan Harga Motor Off Road Kawasaki KLX 150 Terbaru

Mini Mark 1, produksi 1959
Previous post
Simak Alasan Mengapa Mini Cooper Klasik Harganya Mahal
Next post
Telisik Harga Kawasaki Ninja RR Bekas, Lebih Mahal dari Harga Baru