Berita Sepeda motor

Mencari Motor Hilang, Kini Jadi Lebih Mudah

Mencari motor hilang tidak cuma tugas polisi (Foto: Radar Cirebon)

Jakarta – Motor yang hilang karena jadi korban pencurian pasti bikin kita kesal dan sedih. Mau tidak mau, kita pasti lapor polisi untuk kasus kehilangan. Setelah lapor polisi, kita pun masih bisa tetap mencari motor yang sudah hilang.

Modus operandi para pencuri juga semakin canggih dan mereka kian pintar. Sudah banyak maling yang melek teknologi untuk membantu aksi kejahatan. Kunci magnetik yang jadi fitur keamanan standar pada motor pun tidak banyak membantu.

Seiring kemajuan teknologi, kita bisa memasangi motor dengan fitur pelacak. Selain itu, pihak kepolisian juga kini sudah lebih komunikatif terhadap masyarakat. Apabila motornya sudah ketemu maka masyarakat bisa mengakses website dari pihak kepolisian.

Jadi, kita jangan sampai berpasrah diri setelah lapor kehilangan motor ke polisi. Kita juga perlu proaktif membantu tugas aparat keamanan untuk mencari motor yang hilang lekas ketemu.

Lantas, bagaimana langkah dan upaya mencari hingga menemukan motor yang hilang? Berikut ini kami uraikan langkah yang perlu kalian lakukan supaya motor kesayangan cepat ketemu.

Mencari Motor Hilang, Segera Melapor ke Polisi

Maling motor beserta barang bukti yang diamankan polisi (foto:joernal inakor)

Cara pertama dan utama yang perlu kamu lakukan saat motor hilang adalah dengan melaporkannya terlebih dahulu kepada polisi dan pihak keamanan setempat. Pada beberapa kasus, motor yang hilang bisa langsung ketemu karena tertukar.

Pihak keamanan setempat biasanya akan mengecek kamera CCTV terlebih dahulu sebelum melakukan pencarian dan melaporkan kehilangan pada polisi. Berbekal rekaman kamera CCTV kita bisa mengetahui sosok yang membawa pergi motor kita.

Untuk motor yang populasinya banyak, cukup sering terjadi kasus motor tertukar di parkiran. Motor pun bisa segera ditemukan karena orang yang membawanya masih dikenal dan bisa diselesaikan dengan kekeluargaan.

Langkah lebih lanjut, yaitu dengan lapor ke polisi. Ketika berkas pelaporan sudah selesai Anda tangani, pihak kepolisian dapat segera melacak kendaraan secepat mungkin.

Cara yang dilakukan oleh polisi pun cukup banyak, mulai dari memantau rekaman kamera lalu lintas, menanyai warga sekitar, hingga menggunakan info intelijen agar kendaraan segera ditemukan.

Membuat Berita Kehilangan di Media Massa

Sindikat pencuri terekam kamera CCTV (Foto: Depok News)

Cara selanjutnya yang bisa kamu lakukan untuk melacak kendaraan yang hilang adalah dengan mengirim berita kehilangan seluas mungkin. Kita bisa membuat berita kehilangan di media massa baik koran atau website online.

Jangan lupa untuk manfaatkan semua aplikasi sosial media untuk menyebarkan info kehilangannya ke semua kontak yang kamu miliki. Dengan demikian, kondisi dan lokasi kendaraan bisa segera diketahui.

Dengan menginformasikan berita kehilangan motor, banyak orang akan tahu dan turut membantu mencari motor yang hilang. Dalam menginfokannya, jangan lupa untuk meminta tolong kepada semua orang untuk membagikan berita tersebut. Dengan demikian, semakin banyak orang tahu dan semakin banyak pula orang yang turut membantu.

Tidak jarang, motor curian bisa cepat ketemu tidak lama setelah kita sebarkan informasi dari sosial media. Jejaring grup sosial media secara online tersebar luas di berbagai kota, membuat pelacakan lebih mudah.

Unduh Aplikasi Untuk Melacak Motor Hilang

Pihak kepolisian kini semakin informatif kepada masyarakat yang kehilangan kendaraan. Seringkali, masyarakat tidak tahu kalau motornya sudah ketemu dan tersimpan di kantor Polres setempat. Warga pun semestinya bisa mengambil kembali motor yang hilang apabila melakukan follow up pada pihak kepolisian.

Untuk memudahkan masyarakat, Polres Payakumbuh membuat aplikasi melacak motor hilang yaitu Hilang Temu Ranmor. Tujuan pembuatan aplikasi Hilang Temu Ranmor memudahkan masyarakat mencari motornya yang hilang di wilayah hukum Polres Payakumbuh.

Pada aplikasi tersebut cukup masukkan nomor polisi atau nomor rangka atau nomor mesin di kolom pencarian. Apabila sudah ketemu, maka bisa langsung ke kantor Polres untuk pengambilan unit. Aplikasi sejenis ini diharapkan bisa dimiliki juga oleh Polri sehingga bisa mengakomodir sistem secara nasional.

Antisipasi dengan Pemasangan GPS

Ada istilah yang menyebut, ‘mencegah lebih baik daripada mengobati’. Hal ini berlaku juga ketika Anda memiliki kendaraan bermotor.

Pertimbangkan untuk mengantisipasi rawannya kehilangan motor kesayangan dengan memasang GPS tracker. Saat ini sudah banyak alat pelacak yang tersedia di pasaran dengan berbagai kisaran harga.

Alat pelacak ini memiliki berbagai fitur canggih yang memungkinkan Anda untuk melacak lokasi kendaraan dengan sekejap. Harganya pun beragam, Anda bisa memilih yang sesuai dengan anggaran serta kebutuhan.

alat ini akan terhubung dan disetel agar dapat terintegrasi dengan smartphone melalui aplikasi khusus yang bisa Anda akses. Fungsinya tidak hanya untuk mencari kendaraan yang hilang saja, tetapi juga bisa untuk mengetahui kecepatan kendaraan.

Tidak cuma pasang alat pelacak berbasis GPS, kita bisa mengamankan motor dengan cara konvensional.

Pencegahan Supaya Motor Tidak Hilang

Ilustrasi pencuri yang dipukuli warga sebelum diserahkan ke polisi. Foto/Istimewa

Daripada kalian menyesal karena motor hilang, maka sebaiknya lakukan upaya pencegahan. Banyak cara untuk mengamankan motor kesayangan, kadang yang cukup ekstrim malah membuat maling membatalkan niatnya.

Memasang Gembok dan Rantai Kapal

Komplotan maling seringkali lebih pintar dari pemilik motor. Tapi, mereka biasanya membawa alat kerja yang ringkas dan praktis supaya tidak mencurigakan.

Kamu bisa memanfaatkan cara lama dengan memasang rantai ataupun gembok. Tapi, gunakan rantai dan gembok yang berukuran besar. Misalnya saja, rantai yang biasa digunakan untuk pengikat di truk atau kapal nelayan dengan gembok besar.

Kamu tinggal memasangnya pada area rantai, jari-jari, hingga piringan cakram. Setelah dililit, jangan lupa dikaitkan dengan gembok besar supaya sulit dibongkar.

Berdasarkan pengalaman kami, maling akan sangat kesulitan membongkar lilitan rantai yang terikat gembok. Aksinya mengutak atik lilitan sudah keburu terpantau warga.

Daripada bonyok dipukuli, si maling pun memilih lari. Hanya maling yang kelewat nekat saja berani membongkar rantai kapal itu dengan membawa gunting gembok berukuran lumayan panjang.

Baca juga: Karimun Wagon R Diburu Pembeli Fleet

Baca juga: Perkenalkan Yamaha Vinoora, Motor Baru Yamaha Mirip Bemo

Penulis: Yongki

Editor: Lesmana

Tutus Subronto

Tutus Subronto memulai karirnya di dunia otomotif sebagai jurnalis di Media Indonesia. Sejak 2008, telah meliput beragam kegiatan otomotif nasional. Terhitung Januari 2014 masuk sebagai tim Content Writer di Carmudi Indonesia. Kini terlibat di tim editorial Journal Carmudi Indonesia untuk mengulas dan publikasikan berita-berita otomotif terbaru. Email: [email protected]

Related Posts

/