Home » Berita » Menerka Peluang Vespa Primavera dan Vespa Sprint 50 cc ke Indonesia

Menerka Peluang Vespa Primavera dan Vespa Sprint 50 cc ke Indonesia

Vespa Primavera 50 cc (Foto: Indianautosblog)

Jakarta – Baru-baru ini Vespa telah menambah daftar koleksi sepeda motor skuter dengan meluncurkan Primavera dan Sprint. Kedua skuter ini begitu spesial sebab menggendong mesin berkapasitas kecil, hanya 50 cc saja. Saat ini Vespa Primavera dan Sprint 50 cc baru tersedia di beberapa wilayah di Amerika Serikat.

Dengan menggendong mesin 50 cc, satu silinder berpendingin udara, Vespa Primavera dan Sprint mampu melaju dengan tenaga 3.2 hp. Tenaga disalurkan ke roda belakang melalui transmisi otomatis jenis CVT (Continuously Variable Transmission). Pabrikan sepeda motor asal Italia itu mengklaim konsumsi bahan bakar Vespa Primavera dan Sprint 50 cc mencapai 34,4 kilometer per liter (KM/L). Itu artinya sepeda motor skuter itu mampu melaju hingga 275 km dalam kondisi tangki bahan bakar terisi penuh atau sekira 8 liter bensin.

Dalam hal gaya, Vespa Primavera dan Sprint 50 cc sama-sama mengadopsi nuansa retro. Hanya saja untuk membedakan gaya di antara keduanya, Vespa memberikan sedikit sentuhan dibeberapa bagian. Vespa Primavera mendapat lampu bundar, lalu mendapat hiasan krom di fender depan. Sedangkan Vespa Sprint berbentuk persegi panjang. Selain itu, desain velg berbeda pada kedua model. Di sisi lain panel bodi tampak serupa di kedua skuter.

Menguatkan kesan retro namun tetap modern, Vespa menambahkan aksen krom dibeberapa bagian seperti cover lampu, batas apron depan, rumah kaca spion, dan pelindung panas di knalpot. Demikian seperti dilansir dari Indianautosblog.

Vespa Primavera tersedia dalam lima pilihan warna, yaitu Bianco Innocenza, Nero Vulcano, Rosso Passione, Blu Energia, dan Verde Relax. Sedangkan Vespa Sprint terdapat dalam empat pilihan seperti Bianco Innocenza, Nero Vulcano, Rosso Passione, dan Giallo Estate.

Peluang Dipasarkan di Indonesia Sangat Tipis

PT Piaggio Indonesia (PID), selaku Agen Pemegang Merek (APM) Piaggio, Vespa, Moto Guzzi dan Aprilia di Indonesia, saat ini memasarkan Vespa Primavera dan Sprint. Akan tetapi model yang ditawarkan mesin 150 cc. Peluang untuk masuknya Vespa Primavera dan Sprint 50 cc sangatlah tipis. Menurut Marco Noto La Diega, Presiden Director PT PID sepeda motor skuter dengan mesin kecil tidak cocok untuk digunakan di Indonesia.

“Untuk harian saja rata-rata orang Indonesia melewati jarak 20 sampai 30 km. Kalau pakai mesin 50 cc kemungkinan hanya bisa melaju 40 km per jam, bila dikira-kira, dari Bogor menuju Jakarta akan maka waktu dua jam,” ujar Marco.

Vespa Sprint 50 cc (Foto: Indianautosblog)

Marco menambahkan bahwa pihaknya sadar betul apa yang dibutuhkan oleh konsumen di Indonesia yaitu kenyamanan saat berkendara. “Kami percaya bahwa sepeda motor motor dengan mesin berkapasitas 125 cc dan 150 cc lebih bagus untuk Indonesia,” tambah dia.

Akan tetapi, sambung Marco tidak menutup kemungkinan apabila permintaan terhadap Vespa Primavera dan Sprint 50 cc sangat tinggi, bukan tidak mungkin PID memasarkannya di Tanah Air.

Penulis: Santo

Editor: Lesmana

Previous post
Sekarang Layanan Servis Mobil BMW Tersedia 24 Jam Nonstop
Next post
Mobil Pikap Esemka Mulai Mendapatkan Pemesanan