Berita Mobil

Mengenal Fitur Super Select 4WD-II pada Mitsubishi All New Triton

Jakarta – Sebagai mobil berpenggerak empat roda, Mitsubishi All New Triton turut dibekali fitur Super Select 4WD-II  yang juga ditemukan di Pajero Sport.

Namun sayangnya, masih banyak yang belum mengetahui fitur canggih Super Select 4WD-II di All New Triton ini.

Menurut merek asal Jepang tersebut, fitur ini merupakan pengubah penggerak dari dua roda menjadi empat roda.

super select 4wd-ii

Hadirnya fitur ini tentunya memudahkan pengemudi ketika hendak memindahkan roda penggerak lewat tombol model dial atau putar-putar di bagian tengah.

Bagi sebagian orang, mungkin fitur ini terlihat biasa saja atau bahkan sama seperti fitur pengubah empat roda pada mobil 4WD lainnya.

Padahal, fitur ini terbilang cukup canggih lantaran pengemudi tak harus berhenti untuk mengganti penggerak duua roda ke empat roda, lho.

Baca juga: 4 Alasan New Mitsubishi Triton Layak Disebut Mobil Pekerja Keras

Yup, benar sekali. Pengemudi dapat memindahkan penggerak roda ketika mobil sedang berjalan.

Menariknya lagi, perpindahan ini dapat dilakukan ketika mobil sedang dikendarai hingga kecepatan 100 km/jam.

Sehingga hal ini cukup efisien bagi pengemudi yang tiba-tiba hendak memindahkan mode penggerak dua roda ke empat roda.

super select 4wd-ii

Berdasarkan catatan, Super Select 4WD-II pada Mitsubishi All New Triton ini memiliki empat pilihan pengaturan cara kerja seperti di bawah ini.

  • 2H (gerak roda belakang) cocok dipakai pada kondisi jalan normal seperti aspal kering.
  • 4H (gerak semua roda tanpa differential) dapat digunakan dalam kondisi jalan beraspal basah atau licin dengan pembagian torsi roda depan dan belakang 40:60.
  • 4HLc (gerak semua roda, central differential mengunci) cocok digunakan dalam kondisi melewati jalanan kasar, pasir, atau salju dengan distribusi torsi merata ke 4 roda.
  • 4LLc (gerak semua roda, central differential mengunci, low gears) cocok dipakai dalam kondisi naik atau turun bukit terjal, jalan kasar, atau berlumpur dengan distribusi torsi merata ke semua roda.

Mode 4LLc ini bisa dibilang sebagai penggerak 4WD yang dapat melahap berbagai medan yang paling berat sekalipun.

Selain Super Select 4WD-II, All New Triton juga dibekali dengan fitur offroad mode untuk memaksimalkan traksi dan parameter stabilitas kontrol sesuai dengan kondisi medan dengan “easy select switchoperation.

Baca juga: Rasa Berkendara Mitsubishi All New Triton di Jalur Off-Road: Effortless!

Untuk mengaktifkan offroad mode di Triton cukup dengan menekan tombol di konsol tengah yang letaknya tepat berada di samping tombol Hill Desent Control (HDC).

Bila diaktifkan, maka mobil akan otomatis menstabilkan traksi dan parameter stabilitas kontrol sesuai dengan medan yang dilalui.

Tak selesai sampai di situ, Mitsubishi juga menanamkan differential lock yang berguna untuk melintasi medan yang sangat sulit.

Sehingga mobil double cabin tersebut dapat melewati berbagai medan dengan mudah dan tentunya effortless.

Pengemudi juga semakin dimanjakan lewat adanya tujuh mode berkendara yang dapat dipakai menyesuaikan kondisi yang sedang dilewati.

Dengan hadirnya fitur-fitur tersebut, All New Triton bukan hanya sekadar mobil pikap, tetapi juga kendaraan yang mampu memberikan kenyamanan dan performa yang mumpuni.

Baca juga: Mitsubishi Pajero Sport dan Triton Terbaru Hadir di GIIAS 2024, Apa Saja Perubahannya?

Baik untuk penggunaan sehari-hari maupun aktivitas offroad yang bisa ditemukan di berbagai bidang kerja, seperti pertambangan, perkebunan, dan lainnya.

Penulis: Rizen Panji
Editor: Santo Sirait

Rizen Panji

Pikirannya selalu dipenuhi oleh mobil buatan Jerman, Swedia, dan Prancis dengan tahun produksi di bawah 2000. Jangan lupa, mesin yang bersemayam di dalam kap mesin tentunya harus 6 silinder guna memompa adrenalin ketika dikendarai. It's not about the miles per gallon, but it's about the smiles per gallon

Related Posts