Berita Sumber informasi Tips dan Trik

Mengenal Lima Fitur Modern pada Mobil Anda

Jakarta –  Semakin kebelakang semakin modern fitur-fitur yang ada di mobil keluaran baru, tak terlepas pula dengan fitur keselamatan yang diberikan. Ya, setiap pabrikan sudah pasti akan meningkatkan kenyamanan dan menyempurnakan fitur keselamatan pada setiap produk barunya.

Terdapat 2 tipe keselamatan pada sebuah kendaraan yaitu fitur keselamatan aktif dan non aktif. Berbicara fitur keselamatan aktif yang biasa digunakan untuk mengurangi kemungkinan terjadinya kecelakaan misalnya rem aktif, sabuk pengaman dan alarm peringatan aktif yang menggunakan sensor.

Memang mobil yang menggunakan teknologi ataupun fitur keselamatan seperti itu kebanyakan tergolong mobil premium, wajar karena teknologi ini masih mahal. Namun ada juga beberapa mobil yang kelas dibawahnya sudah menggunakan fitur modern.

Sementara di Indonesia mobil-mobil yang sudah menggunakan teknologi modern sudah sudah banyak. Misalnya Mazda2, Ford Focus, Pajero Sport dan beberapa merek lainnya yang telah menggunakan teknologi modern. juga demikian dan masih banyak mobil lain yang pakai terutama mobil yang harganya mahal.

Fitur Apa Saja yang Biasanya Sudah Ada dalam Mobil?

Melihat perkembangan sekarang ini fitur modern sudah terpasang pada mobil-mobil biasa. Hal ini dilakukan untuk bersaing dengan para pesaingnya. Berikut lima fitur yang biasanya sudah terpasang di mobil-mobil baru dengan harga terjangkau:

Fitur Adaptive Cruise Control

Fitur Adaptive Cruise Control pengemudi bisa mengatur kecepatan secara otomatis. Foto/Istimewa.

Adaptive Cruise Control

Teknologi ini menggunakan teknologi laser dan sensor, fitur Adaptive Cruise Control ini bisa dikatakan lebih aman daripada cruise control biasa. Mobil Carmudian dengan sendirinya bisa memindai area depan mobil, secara otomatis akan mengerem atau melambat bila ada mobil yang ada di depan.

Fitur Parking Assist

Fitur Parking Assist yang menginformasikan kondisi sekitar. Foto/Istimewa.

Parking Assist

Dengan adanya fitur parking assist pengendara akan lebih mudah untuk melakukan parkir dimana cara kerjanya akan memberi peringatan pada pengendara bila posisi terlalu rapat. Biasanya sensor terpasang di samping, depan dan belakang mobil akan memberi tahu kalau bagian itu bisa dipakai untuk parkir. Biasanya fitur ini juga dilengkapi dengan kamera yang bisa melihat situasi disekitarnya.

Fitur canggih

Konesi dengan smartphone yang memudahkan pengoperasian tanpa mengganngu saat mengemudi. Foto/Istimewa.

Koneksi dengan Smartphone

Keberadaan fitur ini membuat Carmudian bisa menghubungkan smartphone dengan head unit mobil via bluetooth atau USB Cable. Carmudian tidak akan lagi repot untuk menggunakan smartphone saat mengemudi alias bisa fokus dengan jalan tapi tetap bisa menelpon, menyalakan musik, atau menanyakan arah jalan dengan fitur voice command.

Fitur Automatic Braking assist

Fitur Automatic Braking assist. Foto/Istimewa.

Automatic Braking assist

Fitur ini mirip dengan fitur adaptive cruise control, bedanya adalah fitur ini aktif setiap saat. Tak hanya mengerem secara otomatis jika ada mobil lain di depan, tapi juga mampu memprediksi adanya masalah sebelum pengemudi sendiri itu melihat. Jika sensor dan laser melihat adanya potensi masalah, secara otomatis mobil akan mengerem lebih keras dan cepat.

Fitur Blind Spot

Fitur Blind Spot yang ada pada mobil. Foto/Istimewa.

Blind Spot Warning System

Menggunakan teknologi laser dan sensor yang terpasang di samping mobil (kaca spion) untuk melihat adanya mobil lain yang ada di samping. Sensor ini akan memberi tahu kalau ada mobil di blind spot kaca spion mobil anda. Sangat membantu di jalan tol saat mau pindah jalur dan Carmudian akan lebih mudah mengetahui jika ada mobil di blind spot kaca spion mobil. (Dol)

Dony Lesmana

Dony Lesman memulai karirnya di dunia jurnalis di Jawa Pos Surabaya 2003. Hijrah ke Jakarta bergabung di majalah Otomotif Ascomaxx dan Motomaxx di 2010. Sempat bergabung di portal berita Sindonews.com di kanal Autotekno hingga 2016 yang mengupas perkembangan otomotif dan teknologi. Terhitung Januari 2017 masuk sebagai tim Journal Carmudi Indonesia yang mengulas dan mempublikasikan berita-berita otomotif terbaru di Indonesia maupun dunia.

Related Posts