Mobil

Mengenal Sederet Fitur Keselamatan Canggih yang ada di Daihatsu Rocky

Jakarta –Daihatsu Rocky ditawarkan dalam lima varian, khusus varian tertinggi, yakni 1.0 R TC CVT ASA telah dibekali dengan fitur keselamatan canggih dengan nama ASA (Advance Smart Assist). ASA dapat membantu mengurangi potensi bahaya atau kecelakaan pada kendaraan.

“ASA itu fitur keselamatan terkini. Daihatsu Rocky di Jepang, Malaysia dan Indonesia sudah menggunakan Daihatsu ASA,” ujar Anjar Rosadi selaku Marketing Product Planning Division Head PT Astra Daihatsu Motor (ADM), saat acara peluncuran, baru-baru ini.

Fitur Keselamatan Daihatsu Rocky

Daihatsu Rocky varian tertinggi dibekali dengan fitur keselamatan canggih ASA (Advance Smart Assist) (Foto: ADM)

Tetapi ada perbedaan fitur ASA yang tersemat di Rocky yang dijual di Indonesia dengan Jepang dan Malaysia.

“Perbedaan fungsi dari ASA yang ada di Jepang, Malaysia dan Indonesia terkait dengan fungsi atau kegunaannya. Untuk pasar Jepang dan Malaysia itu ada 12 fungsi. Sedangkan pasar Indonesia sendiri ASA yang disematkan itu memiliki enam fitur unggulan,” Anjar.

6 Fitur ASA pada Daihatsu Rocky

Berikut enam fitur keselamatan canggih Daihatsu ASA beserta manfaatnya yang ada di Rocky:

Pre Collision Warning dan Pre Collision Braking

Pre Collision Warning dan Pre Collision Braking merupakan fitur peringatan dan pendukung pengereman untuk mengurangi risiko terjadinya tabrak depan.

Fitur Keselamatan Daihatsu Rocky

Fitur keselamatan Daihatsu Rocky, Pre Collision Warning dan Pre Collision Braking (Foto: Youtube Daihatsu)

Melalui fitur ini, mobil akan melakukan pengereman secara otomatis jika pengendara terlambat menginjak rem lantaran kendaraan di depan berhenti secara tiba-tiba atau mendadak.

Saat kamera membaca adanya kemungkinan benturan dengan kendaraan di depan, maka sistem akan memperingatkan pengemudi dan munculnya tanda peringatan di meter cluster.

Sistem akan aktif pada kecepatan 4-120 km/jam.

Pedal Misoperation Control

Fitur Pedal Misoperation Control dapat menahan laju mobil jika pengendara salah injak pedal gas dan ada objek di depan mobil. Fitur ini hanya berfungsi pada saat mobil melaju ke depan.

Fitur Keselamatan Daihatsu Rocky

Pedal Misoperation Control (Foto: Youtube Daihatsu)

Jika pedal gas diinjak dan sistem mengindikasikan ada bidang padat besar atau tembok tepat di depan mobil, maka sistem akan menahan laju kendaraan. Kemudian bersamaan dengan munculnya suara peringatan dan tanda peringatan di meter cluster.

Sistem beroperasi saat mendeteksi bidang berukuran besar dalam jarak 4 meter di depan dalam kecepatan 0-10 km/jam.

Front Departure Alert

Ini merupakan fitur yang memberikan peringatan saat mobil di depan bergerak maju. Sistem peringatan akan memberitahu pengemudi saat mobil di depan mulai berjalan dengan suara peringatan dan indikator muncul di panel meter cluster.

Front Departure Alert (Foto: Youtube Daihatsu)

Fitur ini akan memberitahu pengemudi dan meminimalkan kemungkinan di klakson oleh mobil yang berada di belakang.

Sistem ini beroperasi saat mobil di depan bergerak menjauh lebih dari 3 meter.

Lane Departure Warning dan Lane Departure Prevention

Fitur yang memberikan peringatan dan koreksi lingkar kemudi oleh sistem saat mobil keluar jalur.

Fitur ini tidak hanya memberikan peringatan dengan bunyi serta tanda peringatan di meter cluster saat mobil berpindah jalur secara tiba-tiba atau saat tidak sengaja. Tetapi sistem juga membantu koreksi lingkar kemudi kembali di jalur semula.

Lane Departure Warning dan Lane Departure Prevention (Foto: Youtube Daihatsu)

Sistem beroperasi saat kecepatan lebih dari 60 km/jam di jalan lurus dengan kondisi jalanan bermarka di kanan-kiri.

Sistem ini didesain untuk jalan bebas hambatan atau jalan tol. Mohon tidak digunakan di jalanan perkotaan.

Jangan melepaskan tangan dari lingkar kemudi walaupun sistem sedang aktif.

Baca Juga:

Penulis: Santo Sirait

Editor: Dimas

Santo Sirait

Santo Sirait sebelumnya Jurnalis di Okezone.com, pindah ke Carmudi.co.id sebagai Reporter pada November 2017. Fokus di sektor otomotif, terutama meliput tentang mobil, motor dan industri otomotif. Santo dapat dihubungi di [email protected]

Related Posts