BeritaMobilSumber informasi

Mengenal Suzulight, Mobil Pertama Suzuki di Dunia yang Mungil dan Lincah

Tokyo – Anda pasti sudah tidak asing dengan merek Suzuki. Pabrikan dengan logo huruf S ini menghadirkan kendaraan dengan reliabilitas yang mumpuni. Mobil pertama Suzuki di dunia dinamai Suzulight, kendaraan cikal bakal Kei Car yang sekarang ini populer.

Suzulight, Mobil Pertama Suzuki (Foto:Twitter)

Suzuki awalnya bukanlah perusahaan yang berkecimpung dalam industri otomotif. Suzuki lahir di Jepang sejak 1909, sebagai Suzuki Loom Works dan didirikan oleh Michio Suzuki untuk membangun alat tenun industri untuk industri sutra.

Merek ini bahkan menemukan jenis alat tenun baru pada tahun 1929 yang diekspor ke seluruh dunia. Kehebatannya dalam industri garmen mendorong Suzuki untuk diversifikasi usaha. Michio lantas berinvestasi dalam penelitian dan pengembangan mobil baru pada tahun 1937.

Sayangnya, pengembangan yang dilakukan oleh Michio terpaksa berhenti karena Perang Dunia II pecah, dan Jepang terlibat dalam perang tersebut. Michio baru memulai kembali jalannya industri otomotif di awal dekade 1950-an dengan merilis sepeda motor. Itu baru awal, karena Suzuki bermimpi ingin memproduksi mobil.

Mobil Pertama Suzuki Cikal Bakal Kei Car

Impian itu terwujud pada 1955, dengan memperkenalkan Suzulight. Lahirnya mobil tidak lantas mematikan pabrik sepeda motor dan pabrik tenun yang sudah berjalan terlebih dahulu. Industri garmen ini baru berakhir kiprahnya pada 1961 seiring fokus Suzuki terhadap otomotif.

Dikutip dari Motor1, Suzulight ini adalah sebuah karya inovatif dengan menggabungkan ukuran yang kecil, ringan, dan harganya terjangkau. Ini juga menandai masa depan Suzuki yang di kemudian hari menjadi salah satu pabrikan Kei Car terkemuka di Jepang.

Mobil Pertama Suzuki langsung Mendunia (Foto: Pinterest)

Suzulight ini benar-benar kecil dan ringan, bobotnya saja hanya 500 kilogram. Pabrikan merancang supaya mobil sangat mudah dikendarai dengan biaya perawatan yang terjangkau. Mesin yang digunakan yaitu berjenis dua tak dua silinder berkapasitas 360 cc dengan tenaga 16 hp.

Teknologi pengendaliannya termasuk modern, memakai setir rack and pinion serta per keong independen. Dimensi mobil ini panjangnya hanya 2.990 mm, lebar 1.295 mm, dan tinggi 1.400 mm.

Produksi massal pertama Suzulight dimulai pada Oktober 1955 dengan jumlah 3-4 unit per bulan. Oleh orang Jepang disebut sebagai Keijidosha, awal mula sebutan mobil mungil Kei Car.

Di awal tahun 1956 permintaan Suzulight ini semakin meningkat dan mendorong Michio meningkatkan jumlah produksi hingga 30 unit per bulan. Suzulight ini ternyata dipakai sebagai salah satu contoh oleh Austin dalam mengembangkan Austin 7 yang terkenal saat itu. Suzulight kemudian mendapat tambahan varian TL dengan ukuran yang lebih besar di tahun 1959.

Setelah lebih dari 60 tahun berlalu, Suzulight konon masih tersisa sebanyak dua unit. Salah satu diantaranya tersimpan di Suzuki Plaza Museum, Hamamatsu. Melihat dari sejarahnya, Suzuki sudah memproduksi lebih dari tiga juta unit mobil mungil dalam setahun. (dol)

Tutus Subronto

Tutus Subronto memulai karirnya di dunia otomotif sebagai jurnalis di Media Indonesia. Sejak 2008, telah meliput beragam kegiatan otomotif nasional. Terhitung Januari 2014 masuk sebagai tim Content Writer di Carmudi Indonesia. Kini terlibat di tim editorial Journal Carmudi Indonesia untuk mengulas dan publikasikan berita-berita otomotif terbaru. Email: [email protected]

Related Posts