BeritaMobilReviewsSumber informasi

Mengetahui Hal Menarik dari All New Kia Sportage Generasi 4

Penulis: Endara Darata

Jakarta – Pabrikan asal Korea Selatan menghadirkan Kia Sportage generasi ke empat, hadir dengan berbagai kelebihan yang tidak ada digenerasi sebelumya. Yup, mobil jenis crossover ini muncul dengan bentuk yang lebih bulat namun berotot, dan terihat lebih besar.

Tak meninggalkan ciri khasnya yaitu tampilan grill depan mirip dengan hidung macan atau tiger nose. Diketahui mobil ini menggunakan mesin dan platform yang sama seperti Hyundai Tucson bensin.

Hal yang Harus Ketahui Tentang Kia Sportage

Interior
Mobil ini dilengkapi dengan fitur lumayan banyak dan dapat bisa diandalkan. Desain dashboard terlihat simpel dan padat, penempatan blower AC, head unit dan tombol untuk menjalankan fitur, terlihat sangat pas. Tak heran jika secara visual, dashboard terlihat semakin padat.

Menyalakan mesin dan mematikan mesin kini lebih mudah, karena sudah dilengkapi dengan tombol Start/Stop engine cukup hanya sekali tekan tombol ini.

Tapi sebelumnya, untuk memasuki kabin sangat mudah karena telah menggunakan keyless entry. Cukup menekan tombol kecil yang ada pada handle bagian pengemudi, sekaligus menarik tuas tuas pintu, maka pintu yang terkunci akan terbuka. Hanya saja, kunci remot harus selalu berada di saku kantong Anda.

Pada lingkar kemudi dilengkapi beberapa tombol untuk lebih memudahkan mengaktifkan beberapa fitur. Tombol ini terinegrasi baik dengan head unit ataupun pengaktifan pada mode. Selain itu lingkar kemudi sudah menggunakan Tilt dan Telescopic, bisa distel maju mundur serta dan diatur atas bawah. Tujuan utamanya, tentu untuk memberikan posisi mengemudi yang pas, karena idealnya tidak bisa didapatkan hanya dari pengaturan jok.

Kenyamanan berkendara juga terdapat 3 mode yakni Normal, ECO, dan Sport, yang dapat diatur sesuai dengan kebutuhan.

Juga dilengkapi tombol retrack yang fungsinya untuk menutup kaca spion saat simpangan maupun parkir, tombol ini yang terletak didekat tombol power window. Selain itu kaca tengah elektrokomatik dimana ini salah satu fitur canggih yang dimilikinya. Fungsinya untuk meredupkan cahaya, saat lampu sorot mobil menembus dari kaca bagian belakang.

Keseluruhan jok menggunakan bahan fabric, tempat duduk pengemudi dapat diatur ketinggian dan kerendahanya. Untuk tipe tertinggi diatur menggunakan elektrik sementara tipe terendah masih menggunakan model pompa (manual). Pengaturan recline pada bagian penumpang tetap bisa dilakukan. Keseluruhan jok dapat dilipat secara merata, sehingga Anda bisa memasukan barang bawaan dengan banyak.

Terdapat Panoramic Sunroof yang sangat lebar dan luas (tipe teratas), seperti halnya yang sama ada pada Hyundai Tucson. Menggunakan mobil ini, layaknya menunggangi mobil sport dengan atap terbuka.

Tak Perlu Repot Buka Pintu Bagasi

Ya, hal ini bisa dilakukan tanpa harus memegang sensor, ataupun menekan tombol pada pintu bagasi. Pintu akan terbuka secara otomatis selama hitungan 3 detik dengan catatan kunci remot berada disaku kantong. Serta jarak Anda tidak terlalu jauh dengan pintu bagasi. Menutupnya tidak perlu susah, karena terdapat tombol yang terletak disisi bagian kanan atas.

Eksterior

Mobil ini cukup kaya dengan aksen krom, yang membuatnya tampak lebih mewah. Hal ini bisa kita lihat dari berbagai lis krom yang ditemukan di berberapa bagian mobil.

Fitur lain yang menarik adalah lampu akan menyala otomatis saat hari mulai gelap. Begitu juga dengan wiper depan secara otomatis akan aktif, setelah mendeteksi air hujan. Wiper belakang juga akan bergerak secara otomatis, jika wiper depan menyala, dan saat mengopersikan gigi mundur. Hal diatas bisa berfungsi setelah menyalakan auto wiper atau fungsi sejenisnya.

Penerangan ekterior lampu utama menggunakan halogen pada headlamp dibungkus dengan projector, membuatnya menjadi fokus saat memberikan pencahayaan terhadap objek. Juga terdapat lampu DRL yang berbeda dengan mobil pada umumnya. Kia membuat lampu ini dengan bentuk yang sedikit unik. Berbentuk bulat, dengan oval 3 titik disetiap bagiannya yang terintegrasi dengan lampu utama.

Foglamp terlihat sangat unik, dengan 4 titik disetiap bagiannya, tampaknya ini menjadi ciri khas dari All New Sportage. Lampu sein juga ada pada spion mobil ini, yang membuatnya terlihat mewah. Selain itu sangat berguna sebagai tanda saat ingin memutar arah maupun berbelok.

Teknologi Mesin

Mesin Kia Sportage generasi ke empat menggunakan Nu 2.0L memiliki jumlah Silinder 4 segaris, dan teknologi Mesin MPI, DOHC, D-CVVT. Berkapasitas mesin1.999 cc, menghasilkan tenaga maksimum 156 Hp @ 6.200 rpm. Torsi maksimum yang dihasilkan sebesar 192 Nm @ 4.000 rpm.

Varian sportage hanya ada 3 varian, semua tipe yang ditawarkan menggunakan transmisi otomatis 6 percepatan. Transmisi konvensional yang digunakan tidak terlalu galak. Akan tetapi mobil ini dilengkapi dengan paddle Shift. Fitur ini bisa digunakan untuk melakukan perpindahan gigi sesuai dengan apa yang diinginkan, layaknya transmisi manual.

Kenyamanan berkendara mobil ini menggunakan suspensi depan MacPherson Strut dengan Coil Spring. sedangkan untuk suspensi belakang memakai Multi-link dengan Dual-member Shock Absorber.

Bicara tentang fitur keamanan Kia Sportage ini menggunakan 6 airbags yang berada di depan serta masing-masing di pilar A dan B. Juga terdapat ESC (Electronic Stability Cntrol), HSA (Hill-Start Assist Control). Serta ABS, EBD, (DBC) Sownhill Brake Control, dan VSM (vehicle Stability Management).

Varian tertinggi menggunakan velg R19 sementara pada tipe terendah, menggunakan ukuran Velg R18. Harga Kia Sportage ditawarkan dengan harga Rp 386.5 juta, sampa Rp 475.5 jutaan. Harga tersebut cukup Worth It untuk menyaingi mobil sekelasnya.

Dony Lesmana

Dony Lesman memulai karirnya di dunia jurnalis di Jawa Pos Surabaya 2003. Hijrah ke Jakarta bergabung di majalah Otomotif Ascomaxx dan Motomaxx di 2010. Sempat bergabung di portal berita Sindonews.com di kanal Autotekno hingga 2016 yang mengupas perkembangan otomotif dan teknologi. Terhitung Januari 2017 masuk sebagai tim Journal Carmudi Indonesia yang mengulas dan mempublikasikan berita-berita otomotif terbaru di Indonesia maupun dunia.

Related Posts