Tips dan Trik

Mengganti Ban Beda Merek untuk Satu Mobil Baiknya Hindari, Ini Sebabnya!

Pemilik mobil sebaiknya wajib melakukan penggantian ban dalam masa pemakaian tertentu. Biasanya penggantian ban ini akan terjadi antara 2—4 tahun pemakaian dari masih baru.

Ketika hendak melakukan penggantian, terkadang pemilik mobil ada yang mengganti dua ban dengan merek yang berbeda. Sehingga merek ban yang digunakan antara depan dan belakang berbeda.

Dari sini banyak timbul pertanyaan dari pengguna mobil itu sendiri. Sebenarnya mengganti ban dengan beda merek apakah diperbolehkan? Lalu apa dampak dari hal tersebut?

Nur Imansyah Tara, Aftersales Business Division Head Auto2000 menjelaskan idealnya mengganti ban dengan beda merek satu sama lain harus dihindari.

Baca Juga: Cara Memilih Ban Mobil yang Benar, Jangan Cuma Cari Murah!

mengganti ban beda merek

(Foto: Pakwheels)

>>>>> Dapatkan mobil-mobil terbaik dari Carmudi di sini!

“Sepanjang ukuran dan peruntukannya sesuai serta berada di poros roda yang sama, yaitu antara poros roda depan atau belakang, masih diperbolehkan. Meskipun idealnya, seluruh as roda menggunakan ban yang sama guna memperoleh sinergi kinerja terbaiknya,” ujarnya, Senin (14/2/2022).

Jika ingin tetap mengganti ban yang beda merek, usahakan ganti ban yang sama dalam satu poros roda antara depan atau belakang.

“Asalkan ukurannya sama dan sesuai rekomendasi pabrikan mobil, pilihan ini masih diperbolehkan,” sambungnya.

Hal tersebut bertujuan agar poros roda kanan dan kiri memiliki traksi yang sama dari ban yang sama. Lebih jauh Imansyah mengatakan, ban dengan merek berbeda sebagain besar tidak sama performanya di jalan karena beda tipe dan peruntukkan.

mengganti ban beda merek

Letak dongkrak pada mobil berbeda-beda.

“Bisa dipastikan kinerja dan karakter ban merek A dengan ban merek B itu tidak sama. Salah satu indikatornya, pola telapak ban keduanya berbeda disesuaikan kebutuhan aplikasinya,” katanya.

Perbedaan tapak pada ban tentu bisa mengganggu stabilitas berkendara saat mobil melaju. Perbedaan performa ban akan sangat terasa ketika mobil melaju di kecepatan tinggi seperti di jalan tol.

Selain itu penggunaan tapak ban yang berbeda bisa dirasakan di jalan yang licin atau mobil dengan muatan penuh. Jenis kompon dan grip yang digunakan setiap merek ban kemungkinan besar berbeda sehingga daya cengkeram juga berbeda.

“Pastikan pemilik mobil mengganti ban yang sesuai dengan rekomendasi pabrikan untuk menjaga kinerja ban di jalan,” pungkasnya.

Baca Juga: Merawat Ban Mobil Itu Perkara Mudah, Begini Caranya

>>>>> Dapatkan mobil-mobil terbaik dari Carmudi di sini!

Penulis: Rizen Panji
Editor: Dimas

Download Aplikasi Carmudi untuk Dapatkan Deretan Mobil Baru & Bekas Terbaik serta Informasi Otomotif Terkini! 

Download Carmudi di Google Play Store Download Carmudi di App Store

Rizen Panji

Pikirannya selalu dipenuhi oleh mobil buatan asal Jerman, Swedia, dan Prancis dengan tahun produksi di bawah 2000. Jangan lupa, mesin yang bersemayam di dalam kap mesin tentunya harus 6 silinder guna memompa adrenalin ketika mengendarainya

Related Posts