HomeBeritaMenggiurkan! Harga Kia Sonet Termurah Rp135 Juta

Menggiurkan! Harga Kia Sonet Termurah Rp135 Juta

Harga Kia Sonet termurah
Harga Kia Sonet Mulai Rp135 Juta (Foto: Kia)

Mumbai – Selang sebulan setelah diperkenalkan secara global pada 7 Agustus 2020, akhirnya Kia secara resmi mengumumkan harga jual Sonet. Sebelum harga resmi diumumkan, Kia sudah membuka keran pemesanan untuk SUV terbarunya itu.

Untuk pasar India, Kia Sonet ditawarkan dalam empat tipe. Seperti Sonet Smartstream G 1.2 petrol, G 1.0 Turbo GDi, Diesel 1.5 WGT, dan Diesel VGT.

Harga yang ditawarkan cukup menggiurkan, mulai dari yang termurah 671 ribu Rupee atau sekira Rp135 juta untuk varian bawah. Sedangkan varian tertinggiya dibanderol 11.99 ribu Rupee atau Rp242 juta.

Kia menawarkan tiga pilihan mesin di Sonet. Ada 1.0 liter turbo GDi, 1.2 liter bensin, dan 1.5 liter diesel mill. Untuk transmisi, ada manual 5 percepatan, iMT 6 percepatan, manual 6 percepatan, dan otomatis 6 percepatan.

Kehadiran Kia Sonet sangat dinanti-nanti oleh konsumen di India. Terbukti sekira 25 ribu konsumen sudah melakukan pemesanan. Bahkan pernah dalam satu hari jumlah angka pemesanan mencapai 6 ribu unit.

Di negeri ‘Bollywood’, Kia Sonet akan menghadapi para pesaing yang sudah lebih dahulu dipasarkan, seperti Ford EcoSport, Maruti Vitara Brezza, Tata Nexon, dan Mahindra XUV300.

India merupakan negara pertama di dunia yang memasarkan Sonet. Mobil ini juga menjadi model kedua Kia yang diproduksi secara lokal di pabrik Anantapur, Andhra Pradesh setelah Seltos.

Berhubung mobil lima pintu ini merupakan produk global Kia, maka pemasarannya tidak hanya fokus di India tapi juga di banyak negara termasuk Indonesia.

Perayaan Produksi Pertama sebelum pengumuman harga Kia Sonet
Perayaan Produksi Pertama sebelum pengumuman harga Kia Sonet (Foto: Indianautosblog)

Masuk Indonesia Harga Kia Sonet Dibawah Seltos

PT Kreta Indo Artha (KIA) selaku Agen Pemegang Merek (APM) mobil Kia sudah memastikan bahwa Kia Sonet bakal hadir di Indonesia. Terkait kapan waktu peluncurannya masih dirahasiakan.

Saat ini tim Kia Motors sedang melakukan pengetesan Sonet di dalam negeri.

“Saat ini prinsipal lagi melakukan tes jalan Sonet di Indonesia. Kalau sudah menjalankan tes di Indonesia sudah pasti akan masuk. Persentasenya 90 persen pasti masuk. 10 persen lagi tinggal tunggu hasil dari mereka yang melakukan pengetesan mobil,” ungkap Marketing and Development Division Head PT KIA, Ario Soerjo belum lama ini.

Jika Kia Sonet sudah resmi dipasarkan, maka posisinya akan berada di bawah Seltos. Itu artinya harga jual Sonet cenderung lebih murah dari SUV pesaing HR-V itu.

“Harga di bawah Seltos, ya maunya begitu kalau di atas Seltos kami susah jualannya. Sudah banyak yang berspekulasi soal harga jual padahal di India sendiri angka pastinya belum keluar,” pungkas Ario.

Sebagai gambaran, KIA memasarkan Seltos dengan tiga varian. Varian terendah yaitu Seltos E dibanderol Rp295 juta, Varian EX Rp320 juta dan varian tertinggi EXP dijual Rp355 juta (OTR Jakarta).

Penulis: Santo

Editor: Lesmana

Previous post
Nissan Livina Jadi Mobil Terlaris pada Agustus 2020, Ini Fakta Uniknya
Penjualan mobil baru mulai tumbuh
Next post
Tiga Bulan Terakhir Penjualan Mobil Baru Mulai Tumbuh