Berita

Mengintip Capaian Kinerja Suzuki Sepanjang 2020

Kinerja Suzuki

Suzuki berhasil membukukan penjualan ritel 72.389 unit sepanjang 2020 (Foto: Suzuki)

Jakarta – Sepanjang 2020 pasar otomotif nasional mengalami pelambatan dalam hal kinerja penjualan, tak terkecuali bagi Suzuki. Meski begitu Suzuki terus berupaya menghadirkan produk-produk berkualitas serta layanan terbaik untuk memenuhi kebutuhan konsumen.

Alhasil Suzuki mampu melewati 2020 dengan kinerja penjualan yang cukup membanggakan. Penjualan mobil dari pabrik ke diler (wholesales) sebanyak 66.130 unit, sedangkan dari sisi retail sales (distribusi mobil dari diler ke konsumen) menembus angka 72.389 unit atau meraih pangsa pasar 12,5%.

Kinerja penjualan mobil Suzuki sepanjang 2020 secara keseluruhan ditopang oleh produk yang dirakit secara lokal.

Kontributor terbesar yaitu New Carry Pick Up dengan total wholesales sebanyak 37.109 unit dan retail sales 40.697 unit. Angka ini berhasil membawa Carry Pick Up menguasai 59,5% pangsa pasar wholesales Low Pick Up dan 61% pangsa pasar retail sales Low Pick Up.

Produk andalan lain yang juga berkontribusi besar, yaitu XL7 dengan capaian wholesales 9.827 unit dan 8.575 unit retail sales. Disusul All New Ertiga sebanyak 7.516 unit untuk wholesales dan 9.663 unit retail sales.

Kinerja Suzuki

Kinerja penjualan Suzuki selama 2020 ditopang oleh kedatangan mobil baru (Foto: Carmudi/Dimas)

“Kami berterima kasih atas kepercayaan dan dukungan dari semua pihak selama tahun 2020 lalu sehingga kami dapat mempertahankan performa meski industri otomotif mengalami kontraksi. Peningkatan pangsa pasar mobil Suzuki tahun lalu juga menunjukkan tingkat kepercayaan konsumen terhadap produk dan layanan Suzuki yang tinggi,” ujar Dony Saputra, 4w Marketing Director PT Suzuki Indomobil Sales (SIS).

Kinerja penjualan Suzuki yang baik tak lepas dari dukungan rangkaian produk baru. Selama 2020, Suzuki telah meluncurkan empat mobil baru, yaitu:

XL7 – 14 Februari 2020
New Carry Luxury – 5 Maret 2020
New Ignis – 9 April 2020
Karimun Wagon R 50th Anniversary Edition – 10 Oktober 2020.

Kinerja Suzuki

Karimun Wagon R 50th Anniversary Edition hanya tersedia 50 unit saja. (Foto: dok SIS)

Suzuki Akan Menyegarkan Beberapa Produk Andalanya

Meski masih dibayangi pandemi Covid-19, tahun ini Suzuki akan terus berupaya menggairahkan pasar otomotif nasional. Salah satunya dengan melakukan penyegaran terhadap beberapa produk andalannya.

“Kami akan menyegarkan produk-produk yang kami produksi di Indonesia, itu kata kuncinya. Di awal bulan Februari kami sudah meluncurkan kendaraan komersial (Carry Pick Up), di semester kedua 2021, kami berencana untuk menyegarkan beberapa kendaraan penumpang,” ungkap Dony.

Dony menolak memberikan informasi secara detail terkait waktu peluncuran dan mobil Suzuki mana yang akan mendapat penyegaran.

Diskon PPnBM

Dua model kendaraan roda empat Suzuki, Karimun Wagon R dan Ertiga (SIS)

“Jadi enggak usah khawatir pasti kami punya model-model baru ataupun penyegaran-penyegaran. Dan ini kami sesuaikan dengan hasil studi kami terhadap kebutuhan yang ada pasar di Indonesia,” sambung dia.

Selain menyegarkan beberapa produk, Suzuki menargetkan bisa mencapai 13% pangsa pasar mobil di pasar otomotif nasional.

Sementara untuk pasar ekspor, target pengapalan mobil Suzuki selama 2021 adalah sebanyak 66.500 unit baik untuk CKD maupun CBU. Selain itu, jumlah negara tujuan ekspor pun diupayakan akan ditambah.

Baca Juga:

Penulis: Santo Sirait

Editor: Dimas

Santo Sirait

Santo Sirait sebelumnya Jurnalis di Okezone.com, pindah ke Carmudi.co.id sebagai Reporter pada November 2017. Fokus di sektor otomotif, terutama meliput tentang mobil, motor dan industri otomotif. Santo dapat dihubungi di santo.evren@icarasia.com

Related Posts