Berita

Mengulik Perbedaan DFSK Mini EV dan Seres E1

Jakarta – Perbedaan DFSK Mini EV dan Seres E1 dapat terlihat dengan jelas baik di bagian ekterior maupun interiornya.

PT Sokonindo Automobile yang saat ini menaungi merek DFSK dan Seres baru saja memperkenalkan mobil listrik mungil bernama Seres E1 di Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) 2023.

Bagi masyarakat Indonesia khususnya pecinta otomotif tentu sudah tidak asing lagi dengan tampang Seres E1. Mobil listrik satu ini punya kemiripan dengan Mini EV.

Mini EV dan Seres E1

Seres E1 di Booth DFSK (Foto: Santo/Carmudi)

Sebagai informasi, Mini EV pertama kali masuk Indonesia pada Juli 2022 di PEVS. Kemudian sempat juga dibawa ke beberapa ajang pameran otomotif. Kala itu, Mini EV masih mengadopsi setir kiri.

“Kami membawa kemarin tuh sebenarnya bukan hanya showing kami punya kendaraan, tapi kami juga melakukan Research and Development (R&D). Satu setengah tahun lalu kami sudah bawa model ini, dulu namanya masih Mini EV,” ungkap Achmad Rofiqi Marketing Head PT Sokonindo Automobile, di sela acara perkenalan Seres E1, Rabu (17/5/2/2023).

Harga DFSK MINI EV

DFSK MINI EV GIIAS Medan 2022 (Foto: Santo/Carmudi)

Kini Sokonindo Automobile kembali membawa Mini EV dengan nama baru, Seres E1.

Kendati datang dari basis yang sama, tapi bila dilihat secara detail antara Mini EVdan Seres E1 ada sedikit perbedaan di keduanya yang sengaja diberikan untuk menjawab keinginan konsumen di Tanah Air.

“Kami menerima masukan dari pasar Indonesia dan kami hadirkan masukan-masukan tersebut di E1. Seperti ini lah yang akan di jual di Indonesia,” terang Achmad Rofiqi.

Lantas apa saja perbedaan DFSK Mini EV dan Seres E1? Berikut ini uraian singkatnya:

Lampu Depan

Desain rumah lampu depan Mini EV dan Seres E1 tampak serupa, hanya saja penggunaan lampunya yang dibedakan.

Pada Mini EV masih memakai lampu jenis halogen, sedangkan E1 sudah LED.

Mini EV

Lampu depan Mini EV (Foto: Santo/Carmudi)

Bumper

Perbedaan selanjutnya di Mini EV dan Seres E1 terletak pada bumper.

Di Mini EV, bumper depannya dipermanis oleh aksen hitam yang memanjang hingga berada tepat di bawah lampu utama. Sementara pada E1 aksen tersebut hilang. Sebagai gantinya tersemat cover berwarna putih di bumper kanan maupun kiri serupa dengan penempatan untuk lampu kabut.

Perbedaan serupa juga ditemukan pada bumper belakang, hanya saja pada Seres E1 terdapat tambahan lampu reflector di tengah bumper.

Logo yang tersemat di tengah-tengah gril kedua mobil tampak beda.

Mini EV pakai logo titik-titik yang membentuk huruf “E”, Seres E1 menggunakan logo berbentuk oval dengan dua garis sudut runcing di bagian dalamnya.

Mini EV dan Seres E1

Pelek Seres E1 (Foto: Santo/Carmudi)

Pelek

Pelek pada Mini EV masih kaleng dan ditutup dop, berbeda dengan E1 yang sudah mengadopsi pelek aloi berukuran 13 inci.

Setir

Mini EV yang pernah diperlihatkan oleh Sokonindo Automobile didatangkan langsung dari Cina. Saat dipamerkan masih menggunakan setir kiri.

Sementara pada Seres E1 sudah mengadopsi setir kanan sesuai dengan aturan posisi kemudi di Indonesia.

Interior Mini EV (Foto: Santo/Carmudi

Head Unit

Seres E1 telah dilengkapi dengan head unit berukuran cukup besar tepat di tengah dasbor. Perangkat tersebut tidak ditemukan di Mini EV.

Warna Kabin

Warna kabin E1 tampak lebih cerah dan terkesan manis, sedangkan di Mini EV terkesan lebih kalem.

Interior Seres E1 (Foto: Santo/Carmudi)

Rem Parkir

Mini EV masih mengandalkan tuas untuk mengoperasikan rem tangan atau rem parkir, beda dengan E1 yang sudah mengaplikasikan rem tangan elektrik.

Seres E1 akan ditawarkan dalam dua pilihan varian. Harga resminya diumumkan saat peluncuran pada pertengahan tahun ini.

E1 bakal diproduksi secara lokal di pabrik DFSK yang terletak di Cikande, Serang Banten, sama seperti saudaranya, DFSK Gelora E.

Penulis: Santo Sirait

Download Aplikasi Carmudi untuk Dapatkan Deretan Mobil Baru & Bekas Terbaik serta Informasi Otomotif Terkini! 

Download Carmudi di Google Play Store Download Carmudi di App Store

Santo Sirait

Santo Sirait sebelumnya Jurnalis di Okezone.com, pindah ke Carmudi.co.id sebagai Reporter pada November 2017. Fokus di sektor otomotif, terutama meliput tentang mobil, motor dan industri otomotif. Santo dapat dihubungi di santo.evren@icarasia.com

Related Posts