Berita

Mengungkap Fakta Seputar Merek Mobil India Mahindra yang Kembali ke Indonesia

Mahindra (Foto: Instagram/Mahindra Indonesia)

Jakarta – Merek mobil Mahindra terdengar sangat asing di telinga orang Indonesia, tapi tidak di India. Mahindra dikenal sebagai perusahaan otomotif yang menghasilkan produk-produk berkualitas tinggi. Jika ditarik hingga sekira 6 tahun ke belakang, sebenarnya Mahindra pernah masuk ke Indonesia. Kala itu dilernya berada di wilayah Jakarta Selatan. Seiring berjalannya waktu merek mobil Mahindra seolah-olah menyusut di tengah gempuran merek-merek dan mobil baru yang terus menghujani pasar otomotif Indonesia.

Lama tak terdengar, tiba-tiba merek mobil Mahindra mencuat ke permukaan. Rupanya Mahindra ingin kembali mencoba peruntungan di Tanah Air. Kedatangan Mahindra terendus dari akun Instagram Mahindra Indonesia, @mahindra.id. Lewat postingan pertamanya pada 16 September 2019, Mahindra telah menyatakan siap hadir di Indonesia.

“Nantikan segera kehadiran dan ketangguhan Mahindra di Indonesia,” tulis Mahindra Indonesia di akun Instagram-nya.

Akun tersebut juga menuliskan bahwa Mahindra Indonesia siap mewujudkan impian untuk bangkit.

“Mahindra, dengan konsep Rise, memberikan komitmen penuh dalam menjawab ekspektasi akan sebuah ketangguhan dalam berbagai impian untuk terus bangkit menuju kesuksesan,” tulisnya lagi.

Mahindra Bolero pikap (Foto: auto.ndtv)

Sambil menunggu kehadiran resminya, Carmudi coba mengungkap beberapa fakta menarik seputar Mahindra yang akan kembali ke Indonesia. Berikut ini uraian singkatnya:

1. Kendaraan Operasional Tambang

Mahindra pernah menginjakkan kakinya di Indonesia pada tahun 90-an. Kala itu digunakan sebagai kendaraan operasional tambang di wilayah Sumatera dan Kalimantan.

2. PT Tawang Swasti Rawikara

PT Tawang Swasti Rawikara (TSR) menjadi agen pemegang merek (APM) Mahindra di Indonesia. Perusahaan tersebut mulai memasarkan mobil Mahindra di Indonesia sejak 2013. Dalam upaya mendekatkan diri kepada pelanggan, TSR membuka jaringan di Medan pada 2014.

Strategi pemasaran Mahindra bisa dikatakan cukup unik sebab tidak menjual produknya langsung ke konsumen individual, melainkan dengan memasarkan ke perusahaan-perusahaan tambang dan perkebunan.

3. Fokus Menjual Kendaraan Komersial

Sebagai langkah awal, Mahindra fokus memasarkan kendaraan komersial bermesin diesel. Setidaknya ada lima model mobil yang ditawarkan Mahindra ke konsumen di Indonesia pada 2013 yaitu Bolero pikap 4X4 dan Bolero pikap 4×2, Bolero Maxitruck, Scorpio Pikap 4×4, dan Maximo Plus.

4. Kembali Ramaikan Pasar Otomotif Indonesia

Setelah terdiam cukup lama, Mahindra mulai sadar bahwa Indonesia merupakan pasar yang potensial bagi produknya. Memulai lembar baru, Mahindra menunjuk perwakilannya di Indonesia, yaitu RMA Group. Perusahaan satu ini tidak asing lagi di kalangan pecinta otomotif khususnya pengguna mobil Ford. Pasca hengkang dari Indonesia pada 2016, RMA Group ditunjuk oleh Ford sebagai distibutor resmi Ford di Indonesia untuk servis dan suku cadang asli.

Dengan digandengnya RMA Group tidak menutup kemungkinan Mahindra juga akan memasarkan serta menghidupkan kembali merek mobil Ford di Indonesia. Niat Mahindra untuk menghidupkan kembali merek Ford di Indonesia sudah tercetus sejak tahun lalu.

Dikutip dari Economictimes.indiatimes Pawan Goenka, MD of Mahindra & Mahindra mengatakan, “Kami mengeksplorasi berbagai aspek dengan Ford mulai dari manufaktur, pembelian, tekniksi sampai ritel. Tapi di tahap awal kami akan menyimpulkan di aspek mana kami akan bermitra,”

Mahindra & Mahindra Limited sengaja memilih Asia Tenggara karena merupakan salah satu kelompok pasar berkembang utama. Di samping itu, perusahaan juga belum mempunyai jaringan bisnis di sana. Mahindra yakin lewat Ford dapat membantu perusahaan untuk memasuki pasar penting seperti Indonesia atau Thailand, demikian juga di Rusia.

Logo mobil Ford (Foto: Cbsnews)

Mahindra & Mahindra Limited dan Ford Motor Company sudah menjalin kerjasama sejak satu tahun lalu. Adapun proyek bersama yang mereka kerjakan adalah membuat mobil, teknologi dan distribusi termasuk program kendaraan masa depan, mobil listrik dan lainnya. Mahindra & Mahindra Limited telah membantu Ford untuk menembus dan melebarkan jaringan di India.

5. Siap Luncurkan Produk Baru

Menunjukkan keseriusan Mahindra di Indonesia, Kamis (17/10/2019), perusahaan yang bermarkas di India itu akan meluncurkan produk barunya di Bogor, Jawa Barat.

“Ini merupakan langkah awal yang menjadi pembuktian kami akan sebuah ketangguhan melalui sebuah peluncuran produk Mahindra. Kami ingin benar-benar menjawab tantangan dari ketangguhan yang selama ini diinginkan,” tulis akun Instagram Mahindra Indonesia.

 

Penulis: Santo Sirait

Editor: Dimas

Baca Juga:

Ford Bakal Kembali ke Indonesia Masih Tanda Tanya

Santo Sirait

Santo Sirait sebelumnya Jurnalis di Okezone.com, pindah ke Carmudi.co.id sebagai Reporter pada November 2017. Fokus di sektor otomotif, terutama meliput tentang mobil, motor dan industri otomotif. Santo dapat dihubungi di [email protected]

Related Posts