Reviews

Menjelajahi Keunggulan Symmetrical All-Wheel Drive dan X-MODE Subaru

Banten – Subaru Indonesia terus berinovasi dengan teknologi Symmetrical All-Wheel Drive (S-AWD) dan X-MODE, yang dirancang untuk meningkatkan kinerja kendaraan di berbagai kondisi medan.

Teknologi ini semakin canggih sejak diperkenalkannya X-MODE pada tahun 2009. Untuk menunjukkan kemampuan S-AWD dan X-MODE, Subaru Indonesia bekerja sama dengan Jejelogy 4×4 School mengadakan acara X-MODE Xperience pada tanggal 21-22 Juni 2024.

eknologi Symmetrical All-Wheel Drive dan X-MODE Subaru

GM Ismail Ashlan, GM Marketing dan PR Subaru Indonesia, serta Jejelogy, seorang ahli off-road, memberikan wawasan mendalam tentang teknologi ini dan bagaimana cara menggunakannya dengan optimal kepada rekan media otomotif nasional, Jumat (21/6) di lintasan off-road di Pagedangan, Tangerang.

Berikut adalah penjelasan mengenai kelebihan teknologi ini dan tips penting saat berkendara.

Symmetrical All-Wheel Drive (S-AWD)

 

Keunggulan S-AWD

Distribusi Torsi yang Seimbang

Salah satu keunggulan utama dari S-AWD adalah distribusi torsi yang seimbang antara roda depan dan belakang. Dengan pembagian torsi 60% ke roda depan dan 40% ke roda belakang, S-AWD memastikan semua roda terus berputar dan memberikan traksi yang optimal di berbagai kondisi jalan.

Menurut Ismail, “Teknologi S-AWD Subaru membuat kendaraan sangat menyenangkan untuk dikendarai di semua medan, memberikan pengalaman berkendara yang lebih aman, nyaman, dan menyenangkan bagi pengemudi dan penumpang.”

Stabilitas dan Responsif: Dengan semua roda bergerak secara bersamaan, kendaraan menjadi lebih responsif dan stabil, memberikan pengemudi kontrol yang lebih baik saat bermanuver.

Peace of Mind

Dari sisi emosional, teknologi ini memberikan rasa aman dan nyaman kepada pengemudi karena mengetahui bahwa kendaraannya dapat menangani berbagai situasi jalan dengan baik.

Jeje menambahkan, “Dengan semua roda bergerak, kita mendapatkan mobil yang responsif dan stabil kembali. Selain aspek teknis, penting juga untuk mempertimbangkan sisi emosional saat berkendara. Teknologi S-AWD memberikan peace of mind kepada pengemudi.”

Fungsi dan Fitur X-MODE

Peningkatan Kendali dan Traksi: X-MODE dirancang untuk meningkatkan kendali dan performa traksi saat melewati medan off-road yang berbeda-beda. Teknologi ini menawarkan dua mode pilihan: Snow dan Dirt untuk medan kering, serta X-MODE 2 untuk medan basah.

Ismail Ashlan menjelaskan, “Kali ini kita mau coba X-MODE, lebih elektronik, menaikkan All-Wheel Drive lebih jauh lagi. Dibikin terkalkulasi untuk memberikan kendali dan performa traksi yang lebih baik.”

Throttle Engine yang Terkendali

X-MODE mengatur respons throttle mesin untuk memastikan torsi diberikan secara bertahap, menghindari roda berputar terlalu cepat tanpa traksi.

Hill Descent Control

Fitur ini mengatur gas dan rem secara otomatis saat menuruni bukit curam, sehingga pengemudi hanya perlu fokus pada kemudi. Hill Descent Control aktif secara otomatis saat X-MODE diaktifkan.

Indikator X-MODE

Jika X-MODE lupa dimatikan di jalan biasa, sistem akan memberikan peringatan berupa lampu dan bunyi untuk mengingatkan pengemudi. Hal ini untuk menghindari jalannya kendaraan yang tersendat atau mesin yang tersendat karena rem aktif.

Ismail Ashlan menambahkan, “Jika X-MODE lupa dimatikan di jalan biasa, jalannya akan nyendat atau mesin tersendat karena remnya aktif. Ada lampu dan bunyi untuk mematikan X-MODE.”

Tips Berkendara Offroad Ringan

tips Symmetrical All-Wheel Drive dan X-MODE Subaru

Lebih lanjut, Jeje, ahli off-road dan pendiri Jejelogy 4×4 School, memberikan beberapa tips penting saat berkendara menggunakan teknologi S-AWD dan X-MODE.

Posisi Tangan di Setir

Pastikan posisi tangan berada pada jam 10 dan 2 di setir. Hindari menggenggam setir terlalu erat dengan jempol, cukup letakkan jempol di permukaan untuk menghindari cedera jika terjadi pergerakan mendadak.

Jeje menekankan, “Posisi tangan sejajar di atas setir, pada posisi jam 10 dan 2. Jempol jangan menggenggam setir, tetapi taruh di permukaan agar tidak cedera.”

Jangan Manuver dengan Satu Tangan

Menggunakan satu tangan untuk bermanuver bisa mengurangi respons kendaraan. Oleh karena itu, disarankan selalu menggunakan kedua tangan untuk menjaga kontrol penuh.

Emosi dan Kendaraan

Selain aspek teknis, penting juga untuk mempertimbangkan sisi emosional saat berkendara. Teknologi S-AWD memberikan peace of mind kepada pengemudi, sehingga perjalanan menjadi lebih nyaman dan aman.

Jajaran SUV Subaru dengan Fitur X-MODE, Spesifikasi dan Harga

Symmetrical All-Wheel Drive dan X-MODE Subaru dicoba

Subaru Indonesia menawarkan sejumlah SUV yang dilengkapi dengan teknologi canggih Symmetrical All-Wheel Drive (S-AWD) dan X-MODE. Teknologi ini dirancang untuk memberikan performa optimal dan kendali yang lebih baik di berbagai kondisi medan.

Berikut adalah jajaran SUV Subaru yang dilengkapi dengan fitur X-MODE beserta spesifikasinya.

1. Subaru Crosstrek 2.0i-S EyeSight

  • Harga: Rp. 549.500.000
  • Transmisi: Lineartronic CVT
  • Penggerak: Symmetrical All-Wheel Drive (S-AWD) dengan X-MODE

2. Subaru Forester 2.0i-S EyeSight

  • Harga: Rp. 659.500.000
  • Dimensi:
    Panjang x Lebar x Tinggi: 4640 x 1815 x 1730 mm
  • Mesin:
  • Tipe: BOXER Engine, 4-silinder, 4-tak
  • Kapasitas: 1995 cc
  • DOHC 16-katup, bensin
  • Output Maksimum: 156 PS @ 6.000 rpm
  • Torsi Maksimum: 196 Nm @ 4.000 rpm
  • Transmisi: Lineartronic CVT
  • Penggerak: Symmetrical All-Wheel Drive (S-AWD) dengan X-MODE

3. Subaru Outback 2.5i-Touring EyeSight

  • Harga: Rp. 809.500.000
  • Dimensi:
  • Panjang x Lebar x Tinggi: 4870 x 1675 x 1675 mm
  • Mesin:
  • Tipe: Horizontally opposed, 4-silinder, DOHC 16-katup, bensin
  • Kapasitas: 2498 cc
  • Output Maksimum: 188 PS @ 5.600 rpm
  • Torsi Maksimum: 245 Nm @ 3.400-4.600 rpm
  • Transmisi: Lineartronic CVT
  • Penggerak: Symmetrical All-Wheel Drive (S-AWD) dengan X-MODE

Tabel Spesifikasi SUV Subaru dengan X-MODE

Model Harga (Rp) Dimensi (L x W x H) (mm) Mesin Kapasitas Mesin (cc) Output Maksimum Torsi Maksimum Transmisi Penggerak
Crosstrek 2.0i-S EyeSight 549.500.000 Lineartronic CVT Symmetrical All-Wheel Drive (S-AWD) dengan X-MODE
Forester 2.0i-S EyeSight 659.500.000 4640 x 1815 x 1730 BOXER Engine, 4-silinder, 4-tak 1995 156 PS @ 6.000 rpm 196 Nm @ 4.000 rpm Lineartronic CVT Symmetrical All-Wheel Drive (S-AWD) dengan X-MODE
Outback 2.5i-Touring EyeSight 809.500.000 4870 x 1675 x 1675 Horizontally opposed, 4-silinder, DOHC 16-katup, bensin 2498 188 PS @ 5.600 rpm 245 Nm @ 3.400-4.600 rpm Lineartronic CVT Symmetrical All-Wheel Drive (S-AWD) dengan X-MODE

Kesimpulan

Subaru terus berkomitmen untuk memberikan kendaraan dengan teknologi canggih yang meningkatkan kenyamanan dan keselamatan berkendara. Dengan teknologi Symmetrical All-Wheel Drive dan X-MODE, Subaru memastikan kendaraan mereka dapat menangani berbagai kondisi medan dengan lebih baik.

Baik itu untuk penggunaan harian atau petualangan off-road, jajaran SUV Subaru siap memberikan pengalaman berkendara yang unggul dan menyenangkan.

Symmetrical All-Wheel Drive dan X-MODE Subaru menawarkan berbagai keunggulan dalam hal stabilitas, kendali, dan traksi di berbagai kondisi medan.

Teknologi ini tidak hanya meningkatkan performa kendaraan, tetapi juga memberikan rasa aman dan nyaman kepada pengemudi. Dengan memahami cara kerja dan keunggulan teknologi ini

Tidak ketinggalan mengikuti tips berkendara dari para ahli, pengalaman berkendara menggunakan kendaraan Subaru dapat menjadi lebih menyenangkan dan aman.

Tutus Subronto

Tutus Subronto memulai karirnya di dunia otomotif sebagai jurnalis di Media Indonesia. Sejak 2008, telah meliput beragam kegiatan otomotif nasional. Terhitung Januari 2014 masuk sebagai tim Content Writer di Carmudi Indonesia. Kini terlibat di tim editorial Journal Carmudi Indonesia untuk mengulas dan publikasikan berita-berita otomotif terbaru. Email: tutus.subronto@icarasia.com

Related Posts