Berita

Menperin Agus Beberkan Kabar Terbaru Soal Mitsubishi Xpander Hybrid

Mitsubishi Xpander Hybrid

Mitsubishi Xpander Hybrid (Foto: MMC)

Tokyo – Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita membeberkan bahwa Mitsubishi Xpander Hybrid rencananya akan diproduksi di Indonesia. Hal tersebut diungkap setelah Menperin melakukan pertemuan dengan para pimpinan Mitsubishi Motors di Jepang.

Pertemuan Menperin dengan prinsipal Mitsubishi Motors dilakukan pada hari pertama kunjungan kerja ke Jepang. Dalam pertemuan tersebut ada banyak topik yang dibahas, termasuk memastikan realisasi komitmen prinsipal untuk berinvestasi di Indonesia.

“Mitsubishi memberikan komitmen pada kami bahwa pada akhir tahun 2025 mereka akan tambah investasi sebesar 11,2 triliun. Di mana akan terjadi peningkatan kapasitas produksi mobil dari yang tadinya 220 ribu unit menjadi 250 ribu unit,” ungkap Menperin saat press conference secara virtual, Rabu (10/3/2021).

Peningkatan kapasitas produksi mobil sejalan dengan rencana Mitsubishi Motors menambah model yang akan dibuat di Cikarang Pusat, Bekasi, Jawa Barat.

Menariknya ada dua model mobil yang kini tengah dipersiapkan. Nantinya model tersebut tidak hanya diperuntukkan bagi pasar domestik saja, tapi juga ekspor ke sejumlah negara.

Pengembangan kendaraan listrik

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita (Foto: Kemenperin)

“Mereka juga akan mengembangkan dua model yaitu Xpander hybrid atau Hybrid Electric Vehicle (HEV), dan juga model kedua yaitu Plug-in Hybrid Electric Vehicle (PHEV). Model yang kedua akan diarahkan menjadi produk ekspor dari Indonesia ke negara-negara tujuan ekspor,” beber Menperin Agus.

Seperti diketahui, pertemuan Menperin Agus dengan Mitsubishi Motors dalam rangka memenuhi undangan.

Selain itu, Menperin juga akan melakukan pertemuan dengan prinsipal industri otomotif lain seperti Toyota Motors, Honda, Suzuki, dan Mazda.

Mitsubishi Xpander Hybrid Meluncur 2023

Mitsubishi Motors telah memasukkan nama Xpander Hybrid ke dalam daftar mobil baru yang bakal diluncurkan dalam beberapa tahun ke depan.

Mobil baru Mitsubishi yang pertama diluncurkan adalah Eclipse Cross. Medium SUV satu ini sudah dibekali dengan teknologi plug-in hybrid mengikuti jejak saudara dekatnya yaitu Mitsubishi Outlander PHEV yang sudah lebih dahulu dipasarkan.

kelebihan mitsubishi outlander phev

Mitsubishi Outlander PHEV (Foto: Santo/Carmudi)

Setelah Eclipse Cross akan dilanjutkan dengan peluncuran Outlander PHEV terbaru pada tahun fiskal mulai April 2022. Selanjutnya, Mitsubishi akan meluncurkan Xpander versi hybrid pada awal tahun fiskal 2023.

Tak cuma fokus mendatangkan mobil baru yang ramah lingkungan, Mitsubishi akan memperkuat kerja sama dengan perusahaan lain untuk memperluas jajaran model listrik.

Di Cina, Mitsubishi dan Guangzhou Automobile Group sudah merencanakan merilis mobil listrik yang dikembangkan bersama pada tahun fiskal 2021.

Produsen mobil berlogo tiga berlian tersebut juga berencana mengembangkan mobil listrik berkuran kecil bersama Nissan Motor.

 

Baca Juga:

 

Penulis: Santo Sirait

Santo Sirait

Santo Sirait sebelumnya Jurnalis di Okezone.com, pindah ke Carmudi.co.id sebagai Reporter pada November 2017. Fokus di sektor otomotif, terutama meliput tentang mobil, motor dan industri otomotif. Santo dapat dihubungi di [email protected]

Related Posts