Berita

Menperin: Regulasi Diesel Standar Euro4 Diberlakukan Awal April 2022

Jakarta — Masih dari momen seremoni pembukaan GAIKINDO Jakarta Auto Week (JAW) 2022 kemarin, Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita menyampaikan regulasi standar Euro4 untuk kendaraan bermesin diesel akan diberlakukan mulai 12 April 2022.

Adapun regulasi tersebut sempat tertunda diberlakukan karena kondisi pandemi Covid-19 yang tidak kondusif beberapa waktu lalu. Dengan demikian, kendaraan diesel yang masih memakai Euro3 diharapkan sudah tidak ada lagi mulai tanggal tersebut.

Menperin menyampaikan regulasi Euro4 akan diberlakukan awal April 2022. (Foto: Seven Events)

“Hal ini menjadi perhatian kami untuk mendorong pertumbuhan ekonomi nasional, serta juga menjaga lingkungan agar lebih ramah lingkungan,” ujar Menperin Agus, Selasa (15/3/2022).

Ia juga menyampaikan pihaknya memberi peluang terhadap teknologi apapun jika bisa memberi kontribusi pada lingkungan agar lebih hijau alias ramah lingkungan.

>>>>> Cari mobil baru dan bekas terbaik dari Carmudi di sini!

Mengenai ketersediaan bahan bakar yang sesuai dengan standar Euro4, turut disampaikan bahwa Pemerintah telah berkoordinasi dengan pihak terkait.

Selain itu, diyakini saat kebijakan standar Euro4 resmi diberlakukan, tidak akan ada masalah yang tak diharapkan.

“Kita sudah berkoordinasi dengan Pertamina, Kementerian ESDM (Energi dan Sumber Daya Mineral), dan lainnya. Insyaallah, tidak ada masalah,” kata Agus.

Yohannes Nangoi, Ketua Umum Gaikindo ikut menyampaikan bahwa Pertamina dan ESDM sendiri sudah siap terkait dengan penerapan kebijakan standar Euro4.

“Insyallah, tidak ada masalah terkait dengan bahan bakar,” ujarnya.

Hino Euro4

Persiapan pabrik Hino Indonesia untuk Euro4 (Foto: Hino Indonesia)

Sebelumnya, Budi Setiyadi selaku Direktur Jenderal (Dirjen) Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan menyatakan kesiapannya untuk penerapan kebijakan Euro4 ini.

“Kita on schedule dan sedang dirapatkan. Alat uji tipenya sendiri juga sudah siap semuanya,” ujar Budi.

Ia juga menyampaikan bahwa semua kendaraan bermesin diesel di Indonesia telah melakukan uji tipe.

Sebagai informasi, kebijakan standar Euro4 untuk kendaraan diesel tercantum dalam Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI No. P.20/MENLHK/SETJEN-KUM.1/3/2017.

Awalnya, pemerintah berencana menerapkan kebijakan tersebut pada April 2021, namun harus ditunda akibat pandemi Covid-19 seperti yang sudah diketahui sebelumnya.

>>>>> Cari mobil baru dan bekas terbaik dari Carmudi di sini!

Penulis: Nadya Andari
Editor: Dimas

Nadya Andari

Memulai karir sebagai Content Writer di Carmudi Indonesia sejak awal tahun 2019. Lulusan Desain Komunikasi Visual yang suka sekali menulis, seperti cerpen, artikel, dan sebagainya.
Follow Me:

Related Posts

/