Reviews

Mercedes-AMG GT S, Hasil Racikan Para Pebalap

Selain menghadirkan sedan mewah untuk kalangan eksklusif, Mercedes-Maybach S-Class, pihak Mercedes-Benz Indonesia juga memerkenalkan model terbaru untuk mengisi segmen sedan sport mewah, Mercedes-AMG GT S. Dengan performa dinamis yang berkelas, efisien, dan kepraktisan dalam berkendara, Mercedes menjadikan mobil ini sebagai pencapaian terbaru dalam pasar kendaraan sport premium di Indonesia. Terlebih lagi, mobil ini merupakan mobil sport kedua hasil racikan dari Mercedes-AMG, yang sesuai dengan prinsip ‘Handcrafted by Racers.’

Mercedes-AMG GT S

Peluncuran Mercedes-AMG GT S

Mercedes-AMG GT S Hadir sebagai Pesaing di Segmen Mobil Sport Mewah

Mercedes-AMG GT S bukanlah mobil yang baru bagi para penggila ajang Formula 1. Para penggemar ajang balapan jet darat ini mengenali mobil ini sebagai safety car dalam ajang bergengsi tersebut. Mobil berjenis two-seater ini juga bisa dipergunakan sebagai kendaraan harian, atau untuk mereka yang ingin mengendarainya untuk jarak jauh.

Mercedes-AMG GT S

Peluncuran Mercedes-AMG GT S

Tak bisa disangkal lagi kalau kehadiran mobil ini menjadi ancaman tersendiri bagi para kompetitor di segmen mobil sport mewah yang sudah menggelontorkan mobil-mobil sport terbaiknya seperti Audi R8, Aston Martin Vantage, Dodge Viper, Jaguar F-type R, Maserati GranTurismo, Nissan GT-R, dan Porsche 911.

Performa Mesin Mercedes-AMG GT S

Mercedes-AMG GT S dibekali dengan mesin berbahan bakar bensin V8 biturbo AMG dengan kapasitas 3982 cc. Mesin ini merupakan tipe terbaru dari mesin BlueDIRECT yang terbuat dari material aluminum ringan, yang sanggup memuntahkan tenaga sebesar 375 kW (510 dk), dengan torsi puncaknya mencapai 650 Nm pada putaran antara 1,750 – 4,750 rpm. Akselerasinya dari 0 – 100 km/jam mencapai 3,8 detik dan kecepatan maksimalnya 310 km/jam.

Mercedes-AMG GT S

Peluncuran Mercedes-AMG GT S

Selain itu, mobil ini menjadi kendaraan sport pertama dengan turbocharge ganda yang dipasang di bagian dalam mesin dengan konfigurasi silinder V (hot inside V). Menggunakan sistem lubrikasi dry sump yang dapat memberikan pasokan oli secara lebih merata, performa mesin yang dihasilkan sangat mengagumkan dan responsif. Performa menawan tersebut disalurkan melalui transmisi AMG SPEEDSHIFT DCT-7-percepatan sports dengan kopling ganda.

Teknologi Berkendara pada Mercedes-AMG GT S

Mobil ini sudah dilengkapi dengan fitur-fitur yang membantu kenyamanan dan keamanan saat berkendara, di mana pengendara juga dapat mengubah mode kemudi Mercedes-AMG GT S secara langsung menggunakan AMG DYNAMIC SELECT controller. Ada tiga mode berkendara yang disodorkan, yaitu mode C (Kontrol Efisiensi), mode S (Sport), S+ (Sport Plus).

Mode C (Kontrol Efisiensi) dikonfigurasi untuk mengemudi dalam mode yang menekankan konsumsi bahan bakar. Sedangkan untuk mode S (Sport) dan S+ (Sport Plus) untuk berkendara yang lebih dinamis dan pengendalian kendaraan yang sporti, termasuk suspensi yang kokoh, kemudi yang diselaraskan secara khusus, mesin dinamis dan respon transmisi yang tersedia di mode ‘RACE’ atau mode ‘M’ untuk menghasilkan performa yang lebih baik dengan pengendalian optimal. Untuk harganya, sila Anda merogoh kocek sebesar Rp. 4,679,000,000.

Galih Rachdityo

Memulai karir sebagai jurnalis otomotif di media cetak MODIF dan Classic+ pada akhir 2007. Sempat beralih menjadi jurnalis olahraga pada akhir 2010 di media online, bolanews.com. Terhitung sejak akhir September 2014, bergabung dengan tim editorial Carmudi Indonesia sebagai content writer yang mengulas berita-berita otomotif terkini. E-mail: galih.rachdityo@carmudi.co.id

Related Posts