Berita

Mercedes-Benz G63 Jadi SUV Terlaris di Indonesia Selama Pandemi

Bogor –Mercedes-Benz G63 dikenal sebagai salah satu SUV performa tinggi dengan harga fantastis dan menjadi salah satu SUV mewah yang cukup laris bagi kalangan aristokrat Indonesia.

Kariyanto Hardjosoemarto, Deputy Director Sales Operations Product Management PT Mercedes-Benz Distribution Indonesia (MBDI) bahkan mengatakan bahwa G63 menjadi SUV terlaris di line up AMG.

mercedes-benz g63

“Mercedes-AMG itu saat pandemi ini justru penjualannya yang terbesar, dan kontribusi utamanya masih masih di G-Class. Model G63 kontribusinya di Indonesia cukup tinggi, indennya juga masih panjang,” buka Kariyanto kepada kami, Sabtu (9/10/2021).

Konsumen di Tanah Air yang ingin membeli G-Class pun bahkan hingga saat ini harus inden.

Mercedes-Benz G63 itu indennya sudah masuk 6—8 bulan. Permintaan G63 itu memang sangat tinggi karena pusat produksinya masih di Graz, Austria. Jadi sampai sekarang G-Class yang G63 itu belum ada yang CKD, masih CBU semua,” sambung pria yang karib disapa Kerry.

Para konsumen yang memesan G63 pun diakui tersebar dari berbagai kota besar di Indonesia, tidak terpaku di Jakarta saja.

“Pemesan G63 itu banyak ada yang dari Jakarta, Surabaya, Malang, jadi hampir dari seluruh Indonesia atau kota besar itu ada penggemar G63,” ujarnya.

Penjualan Selama Pandemi Didominasi Model AMG

MBDI juga mengaku jika penjualan mereka selama pandemi berlangsung lebih didominasi oleh model AMG.

Menurut Kariyanto, banyak konsumen Mercedes-Benz yang tadinya menggunakan supir, kini beralih untuk memilih mobil yang dikendarai sendiri.

“Selama pandemi di tahun 2020 AMG justru naik sendiri penjualannya. Di tahun 2021 ini demand-nya juga tinggi, memang selama pandemi ini yang performance car itu justru semakin bagus dan ini juga tren yang dulu konsumen pakai supir mereka gemar mengendarai sendiri,” terang pria ramah berkacamata ini.

mercedes-amg

Selama periode Januari hingga September 2021 PT MBDI mencatatkan penjualan di angka 1.717 unit. Sebanyak 70% dari penjualan tersebut dicatatkan oleh varian AMG.

“Kalau kontribusi dari Januari sampai September 2021 itu 1.717 unit. Nah, itu 70% penjualannya varian AMG. Penjualannya itu SUV 52%, sedan 43%, sisanya itu di van untuk penjualan passenger car kita tahun ini,” jelas Kerry.

Di luar varian AMG, C-Class menjadi model terlaris disusul oleh GLE dan GLC. “Itu komposisi tiga terbesar penjualan kami dari Januari sampai September 2021. Sekarang itu yang paling favorit GLA 45, tetapi unitnya sendiri delivery-nya juga masih tahun depan,” tutup Kerry.

Baca Juga:

Penulis: Rizen Panji

Editor: Dimas

Rizen Panji

Hobinya jelas, menghabiskan bahan bakar mesin 6 silinder di akhir pekan. Seleranya juga sudah jelas, mobil tua yang pintunya cuma dua. Oh iya, dirinya sangat mencintai interior mobil yang bersih dan simpel. Kalau ada yang mau ngasih mobil dengan ciri tersebut, akan diterima dengan senang hati..

Related Posts