Rekomendasi dan Harga Terbaru Oli Mesin NMax, Makin Tokcer!
Oli mesin NMax memiliki spesifikasi viskositas (SAE) 10W-40. Ada banyak produk pelumas di pasaran yang bisa jadi pilihan konsumen. Mari simak ulasan mengenai rekomendasi, review, dan harga terbarunya saat ini.
Yamaha NMax 155 merupakan salah satu skuter matik yang populer di pasaran. Banyak konsumen memilihnya karena alasan tampilan yang terlihat gagah khas skuter Maxi Yamaha.
Di samping itu, Yamaha NMax 155 juga memiliki performa mesin dapat diandalkan. Baik untuk penggunaan sehari-hari ataupun perjalanan jarak jauh seperti touring antar kota.
Namun, di luar kelebihan-kelebihan tersebut skuter matik ini juga memiliki sejumlah kekurangan. Salah satunya jumlah oli mesin yang cepat berkurang. Oleh karena itu banyak pengguna yang menjulukinya sebagai “vampir oli”.
Penyebab hal tersebut beragam. Di antaranya terjadi penguapan atau ring piston sudah lemah sehingga oli menyusup ke ruang bakar. Pengecekan oli secara rutin menjadi sesuatu yang perlu dilakukan.
Cara paling mudah ialah melalui dipstick yang posisinya berada di sekitar depan knalpot. Dalam buku Panduan Pemilik Yamaha 155 dijelaskan langkah ini sebaiknya dilakukan setiap sebelum berkendara.
Isi Konten
Cara Cek Volume Oli Mesin NMax
Adapun langkah-langkah untuk melakukan pengecekan tersebut adalah sebagai berikut:
- Tegakkan sepeda motor dengan standar tengah. Perbedaan sudut dapat mengakibatkan pembacaan yang salah.
- Hidupkan mesin, panaskan mesin selama beberapa menit, setelah itu matikan mesin.
- Tunggu beberapa menit sampai oli turun, lepas tutup pengisian oli mesin, bersihkan dipstick, masukkan kembali ke dalam lubang pengisian (tanpa mengulirnya), lalu cabut untuk melihat ketinggian oli.
- Ketinggian oli harus berada di antara batas minimum dan maksimal (bagian yang diarsir).
Melalui cara ini pemilik juga bisa sekaligus mengetahui kondisi oli yang ada di dalam mesin. Apakah masih bagus atau sudah waktunya diganti.
Spesifikasi Oli Mesin Yamaha NMax 155
Pilihan oli mesin yang beredar di pasaran sangat banyak. Namun, pemilik jangan sembarangan dalam menentukan produk yang akan digunakan.
Dalam buku panduan pemilik yang diterbitkan oleh pabrikan dijelaskan spesifikasi oli mesin Yamaha NMax memiliki viskositas (SAE) 10W-40. Kemudian karena skuter matik mengadopsi sistem kopling kering maka jenis olinya adalah JASO MB.
Sementara itu, untuk kapasitas yang dibutuhkan dalam setiap penggantian berkala adalah 0,90 liter.
Rekomendasi Oli Mesin NMax
Yamalube Super Matic 1 Liter – Rp72.000
Rekomendasi oli mesin NMax yang pertama adalah Yamalube Super Matic yang saat dijual sekitar Rp72 ribuan. Faktanya produk ini merupakan oli resmi NMax yang direkomendasikan oleh pabrikan.
Oli mesin ini sudah mengadopsi teknologi full synthetic dan diklaim dapat memaksimal power pada setiap putaran mesin. Selain untuk NMax, pengguna Aerox atau Lexi juga bisa menggunakan produk Yamalube Super Matic.
Shell Advance AX7 Scooter 1 Liter – Rp60.000
Produk ini bisa jadi pilihan bagi pemilik yang sedang ingin berhemat. Dengan harga sekitar Rp60 ribuan, Shell Advance AX7 Scooter juga memiliki spesifikasi 10W-40 JASO MB.
Itu artinya cocok untuk digunakan pada NMax. Harga produk ini bisa cukup terjangkau karena masih semi synthetic.
Motul GP Matic 4T 1L – Rp85.000
Opsi selanjutnya ialah Motul GP Matic 4T yang juga tersedia dengan spesifikasi 10W-40 JASO MB. Kapasitasnya sedikit lebih banyak dari yang dibutuhkan oleh mesin NMax, yaitu 1 liter.
Dalam deskripsi produknya disebutkan bahwa produk ini menggunakan bahan “super mineral”. Diklaim cocok untuk penggunaan stop and go di dalam kota.
Motul Scooter Expert LE 4T 1L – Rp120.000
Selain produk yang telah disebutkan di atas, Motul juga memiliki produk lain yang cocok untuk Nmax, yaitu Motul Scooter Expert LE 4T.
Oli ini sama-sama memiliki spesifikasi 10W-40 JASO MB, namun dengan bahan dasar yang disebut technosynthese. Selain tersedia dalam kemasan 1 liter, produk ini juga dijual dalam kemasan 800 ml yang dijual lebih murah sekitar Rp20 ribu.
Castrol Power1 Matic 1L – Rp69.000
Pelumas dari Castrol ini juga bisa menjadi pilihan oli mesin NMax karena memiliki spesifikasi 10W-40 JASO MB. Harganya relatif terjangkau untuk kemasan 1 liternya. Produk ini juga tersedia dalam kemasan 800 ml yang harganya lebih murah sekitar Rp20 ribu.
Produk ini menggunakan formula Scootek Technology yang diklaim dapat memberikan akselerasi superior saat tuas gas pertama kali ditarik.
Itu dia beberapa rekomendasi oli mesin NMax yang bisa dijadikan pilihan oleh para pemilik. Masalah oli mesin memang terkadang bisa membingungkan.
Sehingga tak aneh banyak pertanyaan seputar hal tersebut juga muncul di internet. Beberapa hal yang cukup sering ditanyakan adalah sebagai berikut.
Berapa Km Harus Ganti Oli NMax?
Dalam buku petunjuk pemilik dijelaskan jadwal penggantian oli NMax adalah setiap 4.000 km atau ketika lampu indikator penggantian oli berkedip.
Namun, jika mengikuti informasi tersebut artinya memaksa oli bekerja sampai batas waktu maksimalnya. Dikhawatirkan kualitasnya sudah jauh menurun karena kondisi jalan selama penggunaan, misalnya sering melewati kemacetan parah.
Jika berdiskusi dengan para mekanik, jadwal penggantian oli mesin NMax pasti disarankan untuk dilakukan lebih cepat, misalnya setiap 1.500 km atau 2.000 km.
Hal ini juga berhubungan dengan “karakter” mesin Nmax yang haus oli. Penggantian lebih cepat perlu dilakukan sebagai antisipasi mesin kehabisan oli.
Berapa Liter Oli Yamaha NMax?
Kapasitas oli mesin NMax adalah 0,9 liter atau 900 mm untuk setiap penggantian berkala. Jadi sebenarnya oli yang dibutuhkan tidak sampai 1 liter.
Pemilik motor disarankan untuk melakukan pengecekan kapasitas oli secara rutin melalui dipstick. Langkah-langkahnya bisa disimak pada bagian awal ulasan ini.
Berapa Macam Oli Motor NMax?
Yamaha NMax menggunakan 2 jenis oli yang terdiri dari oli mesin dan oli transmisi. Hal semacam ini merupakan sesuatu yang wajar ditemukan pada skuter-skuter matik.
Masing-masing jenis oli tersebut memiliki tugas sendiri-sendiri. Sesuai namanya, oli mesin berfungsi melumasi bagian dalam mesin sedangkan oli transmisi bertugas melumasi gir-gir yang ada di bagian CVT.
Oli transmisi juga wajib diganti secara rutin, tapi tak sesering oli mesin. Hitungan kasarnya adalah setiap dua kali ganti oli mesin diikuti dengan satu kali penggantian oli transmisi.
Oli transmisi atau yang juga dikenal dengan sebutan oli matic atau oli gardan harganya cukup murah, yaitu masih di bawah Rp20 ribu.
NMax Bagusnya Pakai Oli Apa?
Hal paling penting ialah menggunakan produk pelumas yang sesuai dengan spesifikasi mesinnya, yaitu 10W-40 JASO MB. Cukup banyak produk dengan spesifikasi tersebut yang beredar di pasaran dengan harga beragam.
Hal ini menguntungkan para pemilik karena banyak pilihan. Terlepas dari hal tersebut, jika bujet bukan masalah maka bisa memilih oli yang sudah full synthetic karena akan lebih awet. Walaupun itu artinya konsumen juga harus membayar lebih mahal.
Penulis: Mada Prastya
Editor: Dimas
Download Aplikasi Carmudi untuk Dapatkan Deretan Mobil Baru & Bekas Terbaik serta Informasi Otomotif Terkini!