Berita

Merek Mobil Legendaris Scout Bangkit Lagi, Andalkan Pikap dan SUV Listrik

Amerika SerikatVolkswagen (VW) dikabarkan siap menghidupkan lagi merek mobil Scout yang sudah absen sejak era 1980-an. Pada tahap awal akan fokus menghadirkan pikap dan Sport Utility Vehicle (SUV) dengan teknologi elektrifikasi.

merek mobil scout

Model awal mobil Scout dari era 1960-an. Didirikan oleh International Harvester Corporation (IHC), Scout beroperasi hingga 1980. (Foto: Forbes)

Merangkum laporan Forbes, Jumat (13/5/2022), merek mobil Scout didirikan oleh International Harvester Corporation (IHC). Beroperasi selama periode 1961 hingga 1980, merek mobil ini sukses menjaring konsumen dengan tingkat loyalitas menyaingi Jeep Wrangler atau Ford Bronco.

Singkat cerita, kesulitan finansial membuat merek mobil ini jatuh ke tangan produsen truk dan mesin Navistar. Hubungan dengan VW terjalin lantaran divisi truk pabrikan Jerman tersebut, Traton Group, merger dengan Navistar pada 2021 lalu.

Sementara itu, Carscoops melaporkan VW akan mulai memamerkan prototipe Scout pada tahun 2023. Langkah itu diawali dengan kemunculan dua sketsa yang menggambarkan sebuah SUV dan pikap double cabin.

Sketsa tersebut menampilkan desain mobil yang secara garis besar masih mencerminkan karakter model orisinal Scout zaman dulu. Ciri khas kuat yang tampak ialah desain boxy dengan overhang pendek baik di depan maupun belakang.

Merek Mobil Scout

Sketsa calon mobil baru Scout yang hadir dalam wujud pikap dan SUV. Kabarnya kedua model akan hadir dengan teknologi elektrifikasi. (Foto: Carscoops)

Sementara itu, sketsa yang ada juga menunjukkan kedua desain menggunakan panel bodi yang sama untuk bagian depan kendaraan.

Produksi Mulai 2026

Menurut VW, lini produk Scout nantinya akan menggunakan platform baru yang lebih canggih dari mobil-mobil VW saat ini.

VW menegaskan Scout akan diproduksi dan dijual eksklusif di Amerika Serikat. Adapun proses produksinya ditargetkan mulai 2026.

Melalui merek mobil yang “baru” ini, VW berharap bisa jadi pemain penting di pasar Amerika Serikat dengan merebut 10 persen market share.

Namun, Scout nantinya akan bersaing dengan merek-merek lain di segmen truk dan pikap listrik, seperti Tesla, Rivian, Ford, Jeep, dan General Motor.

Penulis: Mada Prastya
Editor: Dimas

Mada Prastya

Bergabung sebagai penulis di Carmudi Indonesia sejak Februari 2021. Menyukai kendaraan roda dua karena simpel, cepat, dan memberi rasa kebebasan dalam berkendara. Email: [email protected]

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *