Home » Berita » Meski Belum Dijual, Renault Twizy Muncul di Video Demo Keselamatan Garuda Indonesia

Meski Belum Dijual, Renault Twizy Muncul di Video Demo Keselamatan Garuda Indonesia

Renault Twizy (Foto: Youtube Garuda Indonesia)

Jakarta – Setidaknya ada tiga kendaraan bermotor yang muncul di video demo keselamatan terbaru Garuda Indonesia, Mini Cooper Countryman, BMW R 1200 GS, dan Renault Twizy. Satu di antaranya mungkin cukup asing di telinga masyarakat Indonesia, Renault Twizy. Mobil berukuran kecil itu hanya muncul beberapa detik saja di video demo keselamatan terbaru Garuda Indonesia.

Nama Renault Twizy cukup asing lantaran belum resmi dipasarkan secara massal di Indonesia. Tapi sebagai bentuk perkenalan ke publik, PT Maxindo Renault Indonesia (MRI) selaku Agen Pemegang Merek (APM) mobil Renault di Indonesia sudah beberapa kali memamerkannnya. Kalau tidak salah, terakhir kali dipamerkan di hadapan publik pada Juli lalu bersamaan dengan ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show ( GIIAS) 2019 di BSD City, Tangerang Selatan. Kedatangannya mampu menyita perhatian pengunjung. Tidak sedikit pula yang bertanya apakah mobil ramah lingkungan itu sudah dijual atau belum?.

Terlepas dari itu, ada beberapa fakta menarik soal Renault Twizy yang wajib Anda ketahui:

1. Versi Konsep Melncur 2009

Sebelum masuk jalur produksi, Renault Twizy hadir dalam bentuk konsep. Versi konsep dari mobil kecil ini pertama kali diperkenalkan pada 2009 di Frankfurt Motor Show. Twizy didesain oleh Françoise Leboinne dan Luciano Bove.

Pada Mei 2011 Renault menggumumkan akan memproduksi Twizy dan konsumen sudah diperbolehkan untuk melakukan pemesanan. Produksinya dilakukan di pabrik Renault di Valladolid, Spanyol. Tepat pada Maret 2012 Renault merilis Twizy untuk pasar Prancis kemudian menyusul pasar lainnya yang ada di Eropa.

2. Dimensi Kecil

Renault Twizy memiliki bentuk kecil dan sangat ringkas. Panjangnya hanya 2.338 mm, lebar 1.396 mm, dan tinggi 1.454 mm, serta wheelbase 1.686 mm.

3. Baterai Lithium-Ion

Renault Twizy dibekali dengan motor listrik berdaya 4 kW. Sumber listriknya berasal dari baterai lithium-ion berkapasitas 6,1 kWh. Dalam kondisi baterai terisi penuh, mobil ini mampu melaju hingga sejauh 80 kilometer.

Renault Twizy (Foto: Youtube Garuda Indonesia)

4. Kapasitas Penghuni Kabin Terbatas

Berukuran kecil, Renault Twizy hanya mampu menampung dua orang saja di kabin. Satu di jok pengemudi, dan satu orang lagi di belakangnya. Seperti mobil pada umumnya, Twizy punya lingkar kemudi, pedal rem, dan gas. Fitur-fitur yang ada di kabin sangat bersahabat dan mudah untuk dioperasikan.

5. Perkiraan Harga

Renault Twizy memang belum dipasarkan secara massal. Berdasarkan penelusuran Carmudi dari berbagai sumber, perkiraan harga Renault Twizy mulai dari Rp390 juta hingga ada juga yang menyebut Rp420 juta dengan status off the road.

 

Penulis: Santo Sirait

Editor: Dimas

Baca Juga:

Diduga Ada Iklan Terselubung, Video Demo Keselamatan Garuda Indonesia di-Bully

Previous post
Terkait Recall Xpander, Bos Mitsubishi Berpesan Kepada Pelanggan di Indonesia
Yamaha Nmax generasi baru.
Next post
Kenapa Orang Pilih Yamaha NMax 155 Ketimbang Honda PCX atau ADV150?