Home » Berita » Komersial » Meski Kinerja Penjualan Merosot, Mitsubishi Colt Diesel Masih Jadi Jawara

Meski Kinerja Penjualan Merosot, Mitsubishi Colt Diesel Masih Jadi Jawara

Booth Mitsubishi Fuso di GIIAS 2019 (Foto: Santo/Carmudi)

Jakarta – 2019 merupakan tahun yang amat berat bagi industri otomotif. Hampir semua pabrikan kendaraan di Tanah Air mengalami perlambatan penjualan. Hal ini turut dirasakan oleh PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB), distributor resmi kendaraan niaga dari Mitsubishi Fuso Truck and Bus Corporation (MFTBC).

Data penjualan retail truk dan bus Mitsubishi Fuso selama 2019 tercatat sebanyak 41.736 unit. Angka tersebut menurun tipis sekira 18,4% jika dibandingkan performa penjualan di tahun sebelumnya sebanyak 51.132 unit. Meski total penjualan mengalami kemerosotan, tetapi Mitsubishi Fuso tetap mendominasi dengan pangsa pasar 44,2%.

“2019 merupakan tahun penuh tantangan, namun kami berhasil mempertahankan dominasi dengan pencapaian pangsa pasar di tengah kondisi pasar yang melemah. Kami memahami bahwa 2019 merupakan tahun dengan agenda penting Pemilihan Umum dan Pemilihan Presiden sehingga membutuhkan penyesuaian kabinet baru, regulasi baru di berbagai sektor. Kami optimis hal tersebut membawa dampak positif di tahun 2020 dalam memajukan perekonomian dan pembangunan, dan kami siap berkontribusi melalui produk dan layanan Mitsubishi Fuso,” kata Dony Hermawan, Head of PR & CSR KTB, dalam keterangan resminya.

Penjualan Mitsubishi Colt Diesel Terlaris

FUSO Colt Diesel
FUSO Colt Diesel menguasai pangsa pasar absolut sekitar 55,4 persen. (Carmudi Indonesia – Enda)

Secara detail, penjualan Mitsubishi Colt Diesel di segmen light duty truck (LDT) terjual sebanyak 36.575 unit dengan pangsa pasar absolut 55,4%. Sedangkan Fuso dan Fighter di kelas medium duty truck (MDT) dan heavy duty truck (HDT) sebanyak 5.161 unit dengan pangsa pasar 23,4%. Angkat ini meningkat dibandingkan dengan pangsa pasar tahun sebelumnya sebesar 19,2%. Peningkatan pangsa pasar di segmen MDT tak lepas dari kehadiran Fighter yang mulai diluncurkan pada 2019 lalu. Sebanyak 15 varian dihadirkan memenuhi berbagai kebutuhan bisnis konsumen di bidang logistik, perkebunan, pertambangan, hingga infrastruktur.

Selain pencapaian dari segi penjualan, sepanjang 2019 KTB juga meraih beragam penghargaan bergengsi sebagai Best Distributor (large size market) 2019 dari Daimler Truck Asia. Penghargaan ini diraih atas pertumbuhan yang cukup signifikan baik dari sisi sales dan customer service.

KTB juga berkontribusi melalui program-program Corporate Social Responsibility (CSR). Selain itu, KTB juga menyediakan Karoseri Portal bagi perusahaan karoseri dan diler sebagai sumber informasi terkait regulasi.

 

Penulis: Santo Sirait

Editor: Dimas

Baca Juga:

Alasan Produksi Kia Seltos Tidak Bisa di Indonesia

Previous post
Pelek HSR Myth Meluncur, Garansi Ganti Baru Jika Rusak
Next post
Keren! Jok Mobil Daihatsu Ayla Diubah Jadi Robot Bumblebee