Berita

Meski Penjualan Turun, Honda Brio Masih Terlaris

Jakarta – Kinerja penjualan ritel PT Honda Prospect Motor (HPM) sepanjang Mei 2021 turun ketimbang bulan sebelumnya. Kendati demikian, Brio masih menjadi mobil Honda terlaris pada bulan kelima tahun ini.

HPM mencatatkan penjualan ritel mobil Honda sebanyak 8.538 unit pada Mei, atau lebih rendah 16% dari capaian April yang tercatat sebesar 10.189 unit. Penurunan penjualan mobil Honda pada Mei dikarenakan hari kerja yang singkat imbas dari libur lebaran.

Penjualan Honda Turun

Penjualan mobil Honda pada Mei 2021 turun ketimbang April (Foto: Carmudi)

Tetapi angka penjualan Honda tersebut masih sesuai dengan target yang ditetapkan untuk Mei lalu.

Dari total penjualan itu, Honda Brio masih menjadi yang terlaris. Mobil perkotaan ini berkontribusi sebesar 63% dari total penjualan Honda.

Brio Satya paling banyak meraih angka penjualan, yaitu 3.813 unit dan menguasai pangsa pasar di segmen LCGC sebesar 27%. Sedangkan, Brio RS terjual 1.565 unit dan memimpin pangsa pasar di segmen City Car sebesar 63%.

Kontribusi positif terhadap penjualan bulanan HPM juga datang dari City Hatchback, Mobil yang belum lama diluncurkan ini berhasil terjual sebanyak 892 unit pada Mei. Disusul oleh Honda HR-V 1.5L sebanyak 815 unit, New Honda CR-V 680 unit, Honda Mobilio 335 unit dan Honda BR-V terjual 264 unit.

Sementara produk-produk Honda lainnya seperti Honda HR-V 1,8L terjual sebesar 69 unit, Honda Civic Sedan 38 unit, Honda Civic Hatchback RS 28 unit, Honda Accord 22 unit, Honda Odyssey 14 unit, Honda Civic Type R 2 unit dan Honda City terjual sebanyak 1 unit.

Honda Brio Terlaris

Honda Brio jadi mobil terlaris sepanjang Mei 2021 (Foto: Carmudi)

HPM Optimis Tren Positif Penjualan Akan Berlanjut

Penjualan mobil Honda pada Mei memang turun daripada April, tapi berbanding jauh dengan Mei 2020. Di mana HPM hanya berhasil menjual sebanyak 1.291 unit pada periode yang sama tahun lalu.

Peningkatan penjualan ini menandakan bahwa pasar otomoatif khsusunya roda empat sedikit demi sedikti mulai menunjukkan pertumbuhan ke arah positif.

“Kami optimis tren penjualan yang positif akan berlanjut pada bulan-bulan mendatang. Terutama didukung oleh penyegaran pasar melalui produk-produk baru dan dukungan pemerintah melalui program relaksasi pajak yang disambut sangat baik oleh konsumen,” ungkap Yusak Billy, Business Innovation and Marketing & Sales Director PT HPM, dalam keterangan resminya, Selasa (15/6/2021).

Program relaksasi pajak atau diskon PPnBM membuat pemesanan mobil Honda mengalami lonjakan. Billy mengatakan bahwa pihaknya akan berusaha memaksimalkan meningkatkan produksi untuk dapat memenuhi pemesanan secepat mungkin.

Produksi dan penjualan mobil

Harga New Honda CR-V turun berkat diskon PPnBM (Foto: Carmudi/Mada Prastya)

“Kami juga terus berusaha mempertahankan tingkat permintaan konsumen dengan menawarkan berbagai program penjualan yang menarik,” pungkas dia.

Adapun program penjualan yang ditawarkan HPM selama Juni ini adalah THR yang merupakan program lanjutan dari bulan sebelumnya. Berlaku untuk setiap pembelian Brio, Mobilio, BR-V, dan CR-V.

Pada periode yang sama, konsumen juga akan mendapatkan gratis biaya perawatan berkala (Jasa + parts s/d 50.000 km atau 4 tahun) khusus untuk pembelian Mobilio, BR-V, Jazz, dan CR-V.

Baca Juga:

Penulis: Santo Sirait

Editor: Dimas

Santo Sirait

Santo Sirait sebelumnya Jurnalis di Okezone.com, pindah ke Carmudi.co.id sebagai Reporter pada November 2017. Fokus di sektor otomotif, terutama meliput tentang mobil, motor dan industri otomotif. Santo dapat dihubungi di [email protected]

Related Posts