Home » Sepeda motor » Meski Punya Desain Jadul, Sepeda Motor Mirip Honda Astrea Ini Masih Dijual

Meski Punya Desain Jadul, Sepeda Motor Mirip Honda Astrea Ini Masih Dijual

Honda EX5 Mirip Honda Astrea (Foto: Paultan)

Kuala Lumpur – Desain sepeda motor dari tahun ke tahun selalu mengalami perubahan mengikuti tren. Tapi bagi Honda EX5 nampaknya desain bukan sesuatu yang penting. Pasalnya, di saat banyak pabrikan sepeda motor menciptakan desain sepeda motor yang modern dan stylish, Honda EX5 sampai saat ini masih bertahan dengan desain jaman dulu (jadul). Meski mengusung desain jadul, tapi sepeda motor yang mirip sekali dengan Honda Astrea ini masih dijual di Malaysia.

Edisi terbaru dari Honda EX5 baru saja diluncurkan di Malaysia. Wujudnya masih serupa, tidak ada perubahan berarti yang terjadi di tubuh Honda EX5. Perusahaan berlogo sayap kepak itu hanya sekedar menawarkan grafis baru saja di bodinya. Dilaporkan Paultan Honda EX5 kini datang dengan grafis Pearl Nightfall Blue dan Pearl Magellanic Black.

Untuk kedua varian, pelanggan dapat memilih antara Honda EX5 dengan pelek versi spoke seharga RM4.783 atau sekira Rp17 jutaan. Bisa juga memilih EX5 dengan pelek casting dan ban tubeless di harga RM5.009 atau sekira Rp19 jutaan.

Honda EX5 Mirip Honda Astrea (Foto: Paultan)

Honda Honda EX5 ditenagai mesin satu silinder, berpendingin udara, berkapasitas 110 cc. Mesin dengan teknologi PGM-Fi ini mampu mengeluarkan tenaga maksimal 8,5 hp pada 7.500 rpm dan torsi puncak 8,62 Nm pada 5.500 rpm. Tenaga dialirkan ke roda belakang melalui transmisi manual empat kecepatan.

Kapasitas tangki bahan bakar untuk Honda EX5 sebesar 4,3 liter. Sepeda motor gaya klasik ini juga dibekali rem tromol di roda depan dan belakang. serta suspensi dengan garpu teleskopik dan peredam kejut di bagian belakang.

Populasi Honda Astrea di Indonesia

Tahun lalu, ada seorang pemilik Astrea Grand menjual motor kesayangannya itu seharga Rp80 juta. Ia mengaku bila Astrea Grand yang dijual itu adalah hasil restorasi memakai berbagai komponen asli. Nah, sebenarnya harga pasaran Astrea Grand di diler motor bekas tidak sampai semahal itu.

Honda EX5 Mirip Honda Astrea (Foto: Paultan)

Apalagi, populasi Astrea Grand juga masih cukup banyak di kota-kota kecil Jawa atau luar Jawa. Seiring meningkatnya permintaan motor-motor jadul, harga bekas Astrea Grand ikut naik tapi pastinya tidak lebih dari angka Rp10 juta. Pasaran Honda Astrea Grand keluaran 1994-1997 berkisar antara 2,5-3,5 juta tergantung kondisi dan kelengkapan surat-surat.

Unit yang cukup mahal biasanya adalah Grand Bulus, bisa dijual dengan harga Rp5-Rp10 juta. Tingginya harga Grand Bulus ini disebabkan karena unitnya yang langka di pasaran. Sangat sulit mencari unit Grand Bulus yang masih utuh tidak dipreteli bodinya.

 

Penulis: Santo Sirait

Editor: Dimas

Baca Juga:

Valentino Rossi: Balap MotoGP Sekarang Lebih Butuh Keberanian Daripada Teknik

Previous post
Marak Aksi Pencurian Ban Mobil, Begini Cara Antisipasinya
Next post
Sepekan Meluncur, Peugeot 3008 dan 5008 Allure Plus Disiksa Jakarta-Surabaya