Meski Suzuki Ikuti Tren Motor Matic, Bulan Depan Luncurkan Motor Sport Baru
Jakarta – Harus diakui saat ini tren motor matic masih menguasai penjualan kendaraan roda dua. Tak salah bila beberapa merek produsen roda dua di Indonesia masih berkonsentrasi kembangkan kendaraan berjenis matic.
Salah satunya yang dilakukan PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) 2W yang belum lama ini meluncurkan Suzuki Nex II. Era motor matic saat ini tak di sangkal oleh Yohan Yahya selaku Sales & Marketing 2W Department Head SIS.
“Bila menengok kebelakan 5 tahun atau 3 tahun lalu bisa kita bandingkan, ini masalah tren saja sih. Kalau kita lihat memang berubah underbone, backbone, agak sedikit terhambat dan pindah ke matik,” ujar Yohan saat halal bihalal di Twin House, Jakarta Selatan (5/7).
Yohan mengakui kalau motor jenis underbone seperti Suzuki Satria pernah jadi tren di Indonesia. Karena trennya sekarang adalah motor jenis matic dan banyak peminatnya mulai anak muda maupun tua, kaum pria ataupun wanita.
Bila melihat data penjualan, motor jenis motor underbone dari Suzuki (Satria) mengalami penurunan. Ada beberapa faktor alasan yang membuat motor ayam jago itu tak lagi banyak diminati orang salah satunya adalan tren.
“Kita masih tetap produksi, tapi tak banyak, ya kira-kira kita masih mampu menjual 2.500 – 3.000 unit setiap bulannya,” ujarnya.
Bulan Depan Bawa Motor Baru
Pihak SIS khususnya roda dua rencananya akan memberikan kejutan di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018 yang berlangsung awal Agustus. Kabar terakhir Suzuki akan membawa Bandit 150 yang diposisikan melawan Yamaha V-Ixion dan CB150R yang lebih dulu bermain “di pasar” Indonesia.
“Kita maunya segera ya paling tidak sampai sebulan, tunggu saja pasti akan kita informasikan,” katanya .
Bila benar Suzuki Bandit 150 bulan depan akan hadir lalu bagaimana dengan nasib GSX-S150 yang masih muda umur peluncurannya. Bahkan Suzuki Bandit ini kabarnya satu satu segmen dengan Bandit 150.
“Tidak masalah bila ada Bandit, karena secara segmen itu berbeda, kami berharap Bandit 150 akan lebih laku dari GSX-S150, meskipun GSX-S150 lebih dulu diluncurkan,” ujarnya.
Bahkan kabarnya mesin yang digunakan motor naked sport ini sama dengan yang ada pada GSX-S150. Sebagai informasi, di Eropa, motorsport Jepang ini cukup tenar dan banyak peminat. Mempunyai banyak tipe dan kapasitas mesin, mulai dari GSF 250 hingga GSF 1250. Ini artinya Suzuki Bandit yang meluncur di Indonesia, akan menjadi keluarga Bandit dengan kapasitas mesin terkecil.(dol)