Berita

MG Perkenalkan Teknologi i-SMART, Punya 4 Keunggulan Penting

Jakarta, IIMS Hybrid 2021Morris Garage (MG) yang turut hadir dalam ajang IIMS Hybrid 2021, memperkenalkan teknologi i-SMART miliknya kepada media, Jumat (16/4/2020) kemarin.

“i-SMART merupakan sebuah teknologi pintar yang memungkinkan para pemilik mobil MG mendapatkan tambahan kenikmatan selama berkendara,” terang Arif Syarifudin, Marketing & PR Director MG Motor Indonesia.

Kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI) yang menyokong teknologi i-SMART ini memungkinkan para pemilik mobil MG memegang kendali penuh terhadap mobilnya hanya dari ujung jari dan perintah suara.

MG ZS EV

MG ZS EV saat test drive di IIMS Hybrid 2021. (Foto: Carmudi/Mada)

4 Kemampuan Penting i-SMART

Smart Check, Smart Command, Smart Connect, dan Smart Drive – MG Pilot (Advanced Driver Assistance System/ADAS) adalah empat kemampuan penting yang mendukung kenyamanan dan keamanan pengemudi saat mengendarai mobil MG-nya.

  1. Smart Check

Keberadaan Smart Check dalam teknologi i-SMART memungkinkan para pengguna melakukan pemeriksaan dan pengaturan terhadap mobil MG miliknya melalui aplikasi khusus di ponsel pengguna.

Misal, saat memarkir mobil MG di area yang ramai seperti pusat perbelanjaan. Terkadang, pengguna lupa letak mobilnya. Dengan kecanggihan sistem i-SMART, mobil MG mudah sekali ditemukan hanya dengan mengakses menu Find My Car, lalu bunyikan mobil dengan menekan tombol Honking/Lighting, maka klakson akan berbunyi dan lampu depan berkedap-kedip.

Smart Check di aplikasi ini juga memungkinkan pengemudi untuk mengecek suhu dalam kabin. Dengan sekali sentuh, AC dan mesin dapat dinyalakan secara bersamaan. Tak hanya itu, kondisi mobil pun dapat didiagnosa tekanan ban, kapasitas, serta kondisi aki dan bensin, dan lainnya.

  1. Smart Command

Saat mengendarai mobil MG, pengemudi bisa memanfaatkan teknologi pintar i-SMART melalui Smart Command. Smart Command ini dapat diakses dengan menekan tombol khusus pada setir, tombol khusus di layar 10 inci Infotainment Display, atau mengucapkan “Hello, MG!”

Jika pengemudi merasa suhu dalam kabin panas, cukup mengucapkan kalimat “Hello, MG! Maximum AC temperature,” maka teknologi i-SMART ini akan otomatis menurunkan temperatur pendingin udara agar lebih sejuk.

head unit MG ZS EV

Tampilan head unit MG ZS EV. (Foto: Carmudi/Nadya)

Melalui Smart Command, pengguna juga bisa membuka atau menutup jendela dan sunroof, memainkan musik kesukaan, mencari alamat di peta, dan lainnya sambil tetap fokus menyetir tanpa harus mengalihkan perhatian ke layar atau tombol-tombol lain selama berkendara.

Sebagai informasi, teknologi i-SMART ini hanya bisa digunakan dengan bahasa Inggris.

  1. Smart Connect

Teknologi i-SMART memungkinkan pemilik mobil MG untuk selalu terhubung dengan dunia luar. Dengan menyapa “Hello, MG!” dan dilanjutkan mengucapkan “Nav”, maka Smart Connect pada teknologi tersebut akan siap mencarikan tujuan pengemudi.

Misal, sebut “Hospital”, maka akan muncul sederet lokasi rumah sakit terdekat dari lokasi mobil. Pengguna juga bisa dengan mudah mengakses titik lokasi lainnya seperti bengkel dan outlet resmi MG, pom bensin, bank, atau tempat lainnya.

  1. Smart Drive (MG Pilot – ADAS)

Tampilan MID MG ZS EV. (Foto: Carmudi/Nadya)

Dengan kehadiran MG Pilot – ADAS, kewaspadaan pengemudi dalam berkendara semakin ditingkatkan. Beberapa sistem automasi keselamatan berkendara MG Pilot – ADAS yang dapat digunakan pengemudi seperti Active Emergency Braking yang akan aktif secara otomatis jika mobil mendeteksi objek di dekatnya seperti pejalan kaki atau sepeda.

Terdapat juga Adaptive Cruise Control, Lane Keep Assist dengan Lane Departure Warning System, Adaptive Cruise Control, Traffic Jam Assist, Blind Spot Detection, Intelligent High Beam Assist, Intelligent Speed Limit Assist, dan Rear Cross Traffic Alert.

MG Berencana Luncurkan Kendaraan Elektrik Lagi

Selain memperkenalkan teknologi i-SMART, MG bocorkan akan luncurkan kendaraan elektrik baru selain MG ZS EV di tahun 2021 ini.

Namun, untuk kepastian tanggal mobil tersebut akan diluncurkan, Arif belum mau memberitahukannya dulu ke media.

“Kita tunggu tanggal mainnya,” ujar Arif singkat. Saat ditanya apakah mobilnya jenis SUV atau bukan, Arif enggan menjawab.

“Teman-teman (media) nanti akan tahulah, akan kami komunikasikan,” tutupnya.

Tonton juga video review MG HS persembahan dari Carmudi berikut ini:

Baca Juga:

Penulis: Nadya Andari

Editor: Dimas

Nadya Andari

Memulai karir sebagai Content Writer di Carmudi Indonesia sejak awal tahun 2019. Lulusan Desain Komunikasi Visual yang suka sekali menulis, seperti cerpen, artikel, dan sebagainya.
Follow Me:

Related Posts