Sumber informasi

Minat Ikut Lelang Mobil Pegadaian? Begini Caranya

Lelang Mobil pegadaian

Cara baru menjual atau membeli mobil dengan cara lelang mobil online (Google)

Jakarta – Mengikuti lelang mobil Pegadaian memang jarang diketahui oleh banyak orang. Padahal, Pegadaian juga menawarkan lelang mobil dari nasabah yang gagal bayar.

Nah, lelang mobil Pegadaian ini sayangnya jarang didengar oleh masyarakat banyak. Dan sampai saat ini biasanya mereka melakukan lelang mobil dengan cara offline saja.

Lalu, bagaimana cara untuk bisa ikut lelang mobil yang diadakan Pegadaian ini? PT Pegadaian (Persero) mengaku jika semua mobil yang diadakan lelang oleh Pegadaian hanya dilakukan di kantor cabang.

Lalu, bagaimana cara mengikuti lelang tersebut? Dan bagaimana mekanismenya bagi mereka yang ingin mengikuti lelang mobil Pegadaian ini?

Cara Ikut Lelang Mobil Pegadaian

Basuki Tri Andayani, Humas PT Pegadaian (Persero) menjelaskan jika ada beberapa hal yang harus diketahui. “Prinsipnya sama dengan lelang yang lain, diberikan kepada calon pembeli dengan harga tertinggi,” ujarnya.

Harus diakui, selama masa pandemic ini jumlah orang yang menggadaikan mobil jauh meningkat dibanding bulan-bulan sebelumnya. Bahkan gudang penyimpanan mobil menjadi penuh seketika.

Contoh lelang mobil di Indonesia

Blue Bird gandeng Mitsubishi resmikan Balai Lelang Terbesar di Indonesia. Foto/Carmudi.

“Iya, gadai kendaraan ini langsung meningkat. Gudang penyimpanan kita di sentra gadai mobil juga langsung penuh kapasitasnya,” sambung Basuki.

Hal ini dikarenakan banyak masyarakat yang terdampak langsung secara ekonomi di masa pandemic. Hal inilah yang membuat banyak orang menggadaikan mobilnya.

Banyak dari mereka yang menggadaikan tidak sanggup membayar pinjaman. Ujung-ujungnya, mereka rela mobilnya menjadi hak milik Pegadaian untuk dilelang.

Cara Ikut Lelang Pegadaian

Lalu, bagaimana cara ikut lelang mobil yang diadakan Pegadaian ini? Ada beberapa cara yang bisa dilakukan oleh mereka yang ingin mengikuti lelang ini.

Secara prinsip, hampir sama dengan lelang pada umumnya. Calon pembeli diminta melakukan pengecekan kendaraan secara menyeluruh. Harga kendaraan akan ditetapkan oleh panitia lelang.

Harga yang diberikan ini tentunya berdasarkan dari kondisi kendaraan itu sendiri. Semakin baik mobilnya, semakin tinggi pula harga buka lelangnya.

Lelang Mobil pegadaian

Lelang Pegadaian. (Foto: Pegadaian)

Untuk mengetahui jadwal lelang, Basuki menyarankan calon pembeli untuk datang ke kantor cabang. Biasanya kantor cabang besar Pegadaian di wilayah tertentu yang memiliki jadwal.

Karena tidak ada system online, maka lelang mobil Pegadaian ini dilakukan offline alias tatap muka. Seluruh calon pembeli diwajibkan datang mencari info dan langsung mengikuti lelang itu sendiri.

“Kami tidak ada syarat khusus. Hanya perlu datang ke kantor cabang atau bazar yang diadakan Pegadaian. Informasi ini harus dilakukan secara langsung di depan umum,” timpalnya.

Diikuti Barang Lain

Lelang Pegadaian ini tak melulu hanya diisi oleh mobil atau kendaraan saja. Barang-barang berharga milik nasabah yang gagal bayar juga diikut sertakan.

Misalnya emas, gadget, surat tanah atau bahkan rumah. Karena Pegadaian menerima berbagai barang bernilai yang sudah ditetapkan oleh syarat dan ketentuan yang ada.

kondisi lelang mobil

Lelang makin diminati masyarakat. Foto/Ilustrasi.

Biasanya lelang ini akan diadakan oleh pihak Pegadaian setelah nasabah yang gagal bayar diberikan konfirmasi. Konfirmasi ini diperlukan apakah nasabah tersebut ingin melunasi atau tidak.

Jika ingin dilunasi, maka Pegadaian memberikan tenggang waktu kepada nasabah tersebut. Jika tidak ingin ditebus, maka barang yang digadaikan akan sesegera mungkin dilelang oleh pihak Pegadaian.

Waktu Lelang Pegadaian

Kapan biasanya lelang Pegadaian ini dilakukan? Basuki mengatakan jika lelang ini diadakan sekurang-kurangnya adalah 2 kali sebulan.

“Secara umum sih biasanya dilakukan dalam 2 kali satu bulan. Tapi, isi yang dilelang tidak melulu kendaraan. Ada juga barang lain yang digadaikan oleh nasabah ikut dilelang,” jelasnya.

Seperti yang dijelaskan di atas, Pegadaian akan memberikan konfirmasi kepada nasabah. Tenggang waktu ini disebut sebagai jatuh tempo.

Pihak Pegadaian biasanya memberikan jatuh tempo dalam 15 sampai 30 hari masa kerja. Lewat dari masa tersebut, barang akan langsung dilelang.

Lelang Mobil di Indonesia makin diminati

Contoh tempat kendaraan lelang (Foto: Auksi)

Pihak Pegadaian nantinya tetap akan melakukan konfirmasi terlebih dahulu. “Kalau sudah jatuh tempo memang itu hak dan keputusan kami. Tapi kami biasanya memberikan pemberitaan lewat SMS,” tambah Johnson L Tobing, Senior Manager Pegadaian.

Cara lelang seperti ini menjadi salah satu cara mendapatkan mobil bekas dengan harga murah. Biasanya lelang ini bergantung kepada penawaran tertinggi yang dilakukan peserta.

Mendapatkan Mobil Harga Murah

Semakin bagus barang yang dilelang, biasanya harga lelang dari peserta juga akan semakin tinggi. Maka keputusan akhir ada di tangan peserta yang berani mengikuti kenaikan harga sampai akhir.

Sementara bagi kamu dengan bajet terbatas, kami bisa melihat mobil dengan cara bazar. Karena system bazar ini dilakukan dengan mematok harga dari suatu mobil.

Misalnya mobil A dijual Rp75 juta. Maka kamu hanya perlu mendatangi panitia untuk mendapatkan info lebih lanjut. Cara ini cukup efektif dalam mendapatkan mobil bekas harga murah.

lelang kendaraan

Cek dulu kepastian status dan surat-surat mobil bekas. Foto/Istimewa

Karena masih belum banyak orang yang tahu mengenai lelang kendaraan di Pegadaian ini. Seperti dijelaskan di atas, tidak cuma kendaraan saja yang dilelang.

Karena ada banyak barang yang dilelang oleh Pegadaian. Dan terkadang cukup takjub dengan harga dan kondisi barang tersebut yang masih bagus-bagus. Wah, oke juga nih ikut lelang mobil di pegadaian. Bisa dapat mobil dengan harga miring buat dijual lagi kan sudah bisa untung.

Penulis : Rizen

Editor: Lesmana

 

Rizen Panji

Hobinya menghabiskan bahan bakar di akhir pekan. Dan pastinya tergila-gila dengan mobil tua apalagi mobilnya model pintu dua. Oiya, dirinya juga senang melihat interior mobil yang sangat rapih dan bersih, lho!

Related Posts