Modifikasi

MINI Recharged Tawarkan Pemilik Model Klasik Konversi Mesin Bensin ke Listrik

Inggris — Modifikasi mobil klasik berupa konversi mesin bensin menjadi listrik memang bukan barang baru lagi. Tapi untuk pemilik MINI lawas di Inggris tak perlu repot melakukannya sendiri atau mencari bengkel terpercaya. Sebab pabrikan menawarkan program bernama MINI Recharged.

MINI Recharged

Program MINI Recharged hadir sebagai solusi bagi pemilik MINI lawas di Inggris yang ingin melakukan konversi mesin bensin ke listrik. (Foto: MINI)

Dirangkum dari Motor1, Selasa (25/1/2022), lewat program ini pemilik MINI klasik bisa mengganti mesin bensin ke listrik menggunakan paket konversi yang disediakan langsung oleh pabrikan.

Setelah melakukan konversi, mesin yang lama dapat disimpan oleh pemilik mobil. Modifikasi yang diterapkan masih memungkinkan jika suatu saat pemilik hendak kembali menggunakan mesin aslinya lagi.

Konversi MINI ke mesin listrik

Pada modifikasi ini, mesin lama dapat disimpan dan dipasang lagi suatu saat jika pemilik menginginkannya. (Foto: MINI)

Sayangnya, tidak disebutkan biaya yang dibutuhkan untuk modifikasi ini. Adapun pengerjaannya akan dilakukan oleh tim khusus di MINI Plant Oxford, Inggris.

MINI Recharged Jadi Upaya Dongkrak Performa

Program MINI Recharged utamanya ditujukan bagi pemilik yang menginginkan kendaraannya lebih ramah lingkungan. Selain itu, dengan menggunakan energi listrik, pemilik bisa mengendarai mobilnya di area-area yang melarang kendaraan bermesin pembakaran internal atau Internal combustion engine (ICE) dengan usia tertentu.

Modifikasi dari mesin bensin menjadi listrik ini juga dapat menjadi upaya untuk meningkatkan performa kendaraan. Dalam laporannya, Motor1 menjelaskan sumber tenaga anyar yang digunakan menawarkan tenaga maksimum 90 kilowatt atau sekitar 120 hp.

Tenaga tersebut cukup untuk membawa MINI klasik berakselerasi dari posisi diam hingga 100 km/jam dalam waktu 9 detik. Dengan kata lain, sekitar 3 detik lebih cepat dari mesin aslinya.

Dasbor MINI Klasik listrik

Dasbor orisinal masih dipertahankan tapi informasi-informasi di dalamnya diubah menyesuaikan dengan sumber tenaga yang baru. (Foto: MINI)

MINI tidak menjelaskan detail spesifikasi baterai yang akan digunakan. Tapi jarak tempuh yang dijanjikan dapat mencapai 160 km dalam satu kali pengisian daya sampai penuh.

Untuk melengkapi modifikasi ini, dasbor asli mobil masih dipertahankan, tapi informasi yang ditampilkan berubah. Jadi meliputi temperatur, gir, sisa jarak tempuh, dan kecepatan.

Penulis: Mada Prastya
Editor: Santo Sirait

Mada Prastya

Bergabung sebagai penulis di Carmudi Indonesia sejak Februari 2021. Menyukai kendaraan roda dua karena simpel, cepat, dan memberi rasa kebebasan dalam berkendara. Email: [email protected]

Related Posts