Berita

Miskin Fitur Keselamatan, Hasil Uji Tabrak Renault Kwid Mengecewakan

Uji tabrak Renault Kwid

Uji tabrak Renault Kwid oleh Global NCAP (Foto: Youtube/Global NCAP)

Jakarta – Lembaga pemeringkat keselamatan Global NCAP, baru saja merilis hasil uji tabrak Renault Kwid. Hasilnya sangat mengecewakan, karena nilainya jauh dari skor maksimal. Mobil Renault Kwid yang diuji merupakan buatan India untuk pasar Afrika Selatan.

Setelah melakukan serangkaian uji tabrak, Global NCAP memberikan skor 7,78 kepada Renault Kwid untuk kategori penumpang dewasa (Adult Occupant Protection/AOP). Capaian tersebut masih jauh dari skor maksimal 17.00. Sedangkan pada kategori perlindungan penumpang anak-anak (Child Occupant Protection/COP) meraih skor 19.68 dari maksimal 49.00.

Dari skor yang didapat, Global NCAP hanya memberikan dua bintang dari maksimal lima bintang. Peringkat 2 bintang masih belum memenuhi standar keselamatan global. Demikian seperti dilansir dari Rushlane, Jumat (4/12/2020).

Uji Tabrak Renault Kwid

Hasil uji tabrak Renault Kwid hanya mendapat 2 bintang (Foto: Youtube/Global NCAP)

Skor buruk yang diraih Renault Kwid karena SUV ini miskin fitur keselamatan. Berdasarkan catatan dari Global NCAP, mobil ini hanya memiliki sabuk pengaman, airbag depan (pegemudi dan penumpang), ABS 4 Channel, dan Seatbelt Reminder (SBR). Jadi wajar jika Renault Kwid memiliki tingkat keselamatan dan keamanan yang sangat rendah dalam melindungi penumpang di kabin.

Renault Kwid yang Dijual di Indonesia Tidak Aman

Pada 2018 lalu, Lembaga pengujian mobil-mobil baru di Asia Tenggara atau ASEAN NCAP juga pernah melakukan uji tabrak terhadap Renault Kwid. Hasilnya jauh dari kata membanggakan. Mobil yang diuji adalah buatan India yang dipasarkan ke Indonesia.

Renault Kwid tidak mendapat bintang sama sekali, itu artinya Sport Utility Vehicle (SUV) kompak berkelas Eropa ini tidak aman.

Sesuai dengan metodologi ASEAN NCAP, Renault Kwid mencetak 10,12 poin untuk hasil tes bagi perlindungan penumpang dewasa. Sedangkan perlindungan terhadap penumpang anak-anak nilainya di bawah batas aman yaitu 14,56 poin dan nol poin pada kategori Safety Assist Technologies (SATs).

Uji Tabrak Renault Kwid

Suasana kabin Renault Kwid (Foto: Youtube/Global NCAP)

Kwid yang menjalani uji tabrak ASEAN NCAP sangat minim sekali fitur keselamatan. Mobil ini hanya menawarkan satu airbag saja itu pun khusus untuk pengemudi. Tidak ada ABS, stability control, pengingat penggunaan seat belt, dan ISOFIX.

Bukan kali ini saja, Kwid juga sempat menjalani uji tabrak sekira dua tahun lalu. Hasil yang diterbitkan oleh Global NCAP pada Mei 2016, mobil tersebut mendapat nol bintang.

Namun, ketika dites ulang pada September, Kwid bisa meningkatkan skornya menjadi 1,5 bintang karena perusahaan telah menambahkan sejumlah fitur baru.

 

Penulis: Santo Sirait

Editor: Dimas Hadi

Baca Juga: Fitur Dipangkas, Renault Kwid Varian Terendah Dijual dengan Harga Murah

Santo Sirait

Santo Sirait sebelumnya Jurnalis di Okezone.com, pindah ke Carmudi.co.id sebagai Reporter pada November 2017. Fokus di sektor otomotif, terutama meliput tentang mobil, motor dan industri otomotif. Santo dapat dihubungi di [email protected]

Related Posts