BeritaKomersial

Misteri Mobil Baru DFSK Sedikit Demi Sedikit Terkuak

Mobil baru DFSK (Foto: Instagram/@feri_dfsk)

Jakarta – PT Sokonindo Automobile sebagai produsen merek mobil Dongfeng Sokon (DFSK) pertama kali hadir di Indonesia dengan meniagakan pikap Super Cab pada 2017. Seiring berjalannya waktu, DFSK menambah lini produk untuk menjangkau konsumen yang lebih luas lagi dengan mendatangkan DFSK Glory 580 dan Glory 560.

Tidak cukup sampai disitu, DFSK juga berencana menambah mobil baru untuk konsumen di Tanah Air. Meskipun secara resmi belum di rilis, tapi misteri mobil baru DFSK sedikit demi sedikit mulai terkuak.

Mobil baru DFSK akan bermain di segmen komersial, itu artinya siap menemani Super Cab yang sudah tiga tahun tanpa rekan satu kelas. Nantinya mobil baru DFSK ditawarkan dalam dua tipe yaitu mini bus dan blind van, seperti yang telah dibocorkan oleh Arvianne D. B., PR & Digital Manager DFSK, baru-baru ini.

“Segmen komersial bagi DFSK memberikan peluang yang baik di tahun 2020. Sebelumnya DFSK sudah memiliki pikap, dan untuk selanjutnya kami berencana menyasar segmen mini bus dan blind van,” ungkap dia.

Adapun alasan DFSK bermain di kendaraan mini bus dan blind van, karena pihaknya menilai ada ceruk pasar yang cerah untuk kendaraan tersebut. Berkaca dari data yang dikeluarkan oleh Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), kedua segmen ini tetap mengalami pertumbuhan meski secara keseluruhan pasar otomotif nasional mengalami kelesuan hampir 11%.

Bila dirinci penjualan kendaraan minibus sepanjang 2019 mencapai 18.300 unit. Tumbuh sekira 2 persen dibandingkan tahun sebelumnya. Kemudian penjualan di segmen blind van mencapai 9.600 unit dan mengalami pertumbuhan signifikan mencapai 15%. Pertumbuhan ini yang memotivasi DFSK untuk kembali melebarkan sayap di kendaraan komersial.

Di samping melihat kendaraan mini bus dan blind van selalu tumbuh, DFSK juga memandang bahwa pemain di kelas tersebut tidak terlalu banyak. Sehingga bisa membuat konsumen semakin banyak pilihan untuk membeli kendaraan yang sesuai dengan kebutuhannya dan daya beli.

Sudah Tersebar di Media Sosial

Foto-Foto mobil baru DFSK sudah menyebar di media sosial, itu artinya tidak lama lagi akan menyapa konsumen di Tanah Air.

“Incoming DFSK’s new commercial vehicle!!! Tunggu tanggal mainnya guysss,” tulis akun Intagram @enzo.dfsk.

Mengacu dari foto yang sudah tersebar di media sosial, di duga kuat mobil baru DFSK diberi nama C35 dan C35. Di lansir dari berbagai sumber, DFSK C35 merupakan tipe blind van sedangkan C36 merupakan minibus. Kedunya memiliki dimensi sama, panjangnya 4.500 milimeter (mm), lebar 1.680 mm, dan tinggi 2.000 mm. Di negara kelahirannya, kedua mobil dibekali dengan dua pilihan mesin yaitu 1.2 liter dan 1.4 liter.

DFSK C36 (Foto: DFSK)

Kedua segmen tersebut memiliki peruntukan yang berbeda. Mobil tipe blind van umumnya digunakan sebagai kendaraan untuk mengangkut barang dengan ukuran tertentu. Sebaliknya tipe minibus bisa digunakan sebagai alat angkut penumpang hingga lebih dari 7 orang.

Lantas seperti apa bentuk nyata dan harga dari kedua mobil baru DFSK itu? Kita tunggu saja saat peluncuran resminya.

Penulis: Santo

Editor: Lesmana

 

Santo Sirait

Santo Sirait sebelumnya Jurnalis di Okezone.com, pindah ke Carmudi.co.id sebagai Reporter pada November 2017. Fokus di sektor otomotif, terutama meliput tentang mobil, motor dan industri otomotif. Santo dapat dihubungi di [email protected]

Related Posts