Reviews

Mitsubishi Lancer EX 2008, Raungan Si Raja Jalanan

Mitsubishi sudah lama dikenal sebagai produsen mobil-mobil sport dengan performa ganas. Dan kali ini, pabrikan asal Jepang tersebut kembali memerkenalkan salah satu mobil sport yang dikenal sangat legendaris, Mitsubishi Lancer EX pada awal 2008. Diperkenalkan dalam dua model, manual dan otomatis, Lancer EX membuktikan kalau mobil ini memang beringas ketika melibas jalanan.

(Mitsubishi Lancer EX 2008)

(Mitsubishi Lancer EX 2008)

Performa Mesin Mistubishi Lancer EX 2008

(Mesin Mitsubishi Lancer EX 2008)

(Mesin Mitsubishi Lancer EX 2008)

Mengusung model desain terbaru, Mitsubishi Lancer EX dibekali dengan mesin terbaru 4B11T, berkapasitas 2.0 liter dengan bahan aluminium, 4 silinder segaris GEMA. Untuk transmisi otomatis, tenaga yang bisa disemburkan sudah tak perlu ditanyakan lagi. Sementara yang digunakan sebagai uji coba adalah Lancer EX bertransmisi manual 5-percepatan dan mampu menghantarkan tenaga hingga 280 PS (206 kW; 276 dk).

Ketika mulai menjajal kemampuan Lancer EX 2008 ini, hal pertama yang langsung terasa adalah koplingnya yang sangat pas takarannya, tapi memiliki tipe yang sangat kuat. Satu hal yang pasti, setelannya memang dikhususkan untuk pengendaraan secara sporti. Pergeseran tuas transmisi juga berjalan dengan sangat mulus, tanpa adanya hentakan sama sekali. Seperti halnya mobil-mobil sport di era awal balapan, mengemudikan Lancer EX dengan transmisi manual akan membuat Anda merasakan sensasi balapan yang sesungguhnya.

Desain Interior dan Eksterior

(Interior Mitsubishi Lancer EX 2008)

(Interior Mitsubishi Lancer EX 2008)

Memasuki area kabin, suasana nyaman langsung terasa. Jok yang dibalut dengan material berbahan kulit, pada setang kemudi, dan sudut-sudut jendela memberikan kombinasi yang nyata mengenai kenyamanan dalam mengemudi. Dibandingkan mengemudi menggunakan transmisi twin clutch, sensasi menggeser tuas transmisi dan injakan pedal kopling, membuat sensasi membalap terasa sangat nyata.

Sementara di bagian eksteriornya, perubahan ekstrim terlihat dari model bodi kit yang sangat agresif dan model knalpotnya. Dibandingkan dengan EVO X, perbedaan yang terlihat sangat tipis. Namun, jika melihatnya dari cara mengemudi, maka Lancer EX bisa menjadi pembelajaran yang cukup bagus sebelum mencicipi kebuasan tenaga EVO X.

Kesimpulan

Mitsubishi Lancer EX memang salah satu mobil sport yang dikenal cukup beringas. Performa yang ditampilkan dan juga kenyamanan yang diberikan, membuat setiap orang yang mengemudikan mobil ini akan merasakan sensasi seperti berada di lintasan balap. (C! Magazine)

(Tampilan belakang Mitsubishi Lancer EX 2008)

(Tampilan belakang Mitsubishi Lancer EX 2008)

Galih Rachdityo

Memulai karir sebagai jurnalis otomotif di media cetak MODIF dan Classic+ pada akhir 2007. Sempat beralih menjadi jurnalis olahraga pada akhir 2010 di media online, bolanews.com. Terhitung sejak akhir September 2014, bergabung dengan tim editorial Carmudi Indonesia sebagai content writer yang mengulas berita-berita otomotif terkini. E-mail: [email protected]

Related Posts