BeritaMobilProdukSumber informasi

Mitsubishi Mirage Baru Pakai Platform yang Sama dengan Nissan March

Penulis: Dony Lesmana

Tokyo – Siapa yang tak tahu dengan Mitsubishi Mirage, di Indonesia mobil ini beradu dengan Daihatsu Serion, Suzuki Ignis atau Honda Brio RS. Terkait dengan generasi baru Mirage, rupanya Mitsubishi berencana untuk menggunakan platform yang sama dengan Renault Clio dan Nissan March (Micra) baru.

Hal ini dilakukan karena dalam lingkup Aliansi Mitsubishi-Renault-Nissan. Seperti diketahui Renault Clio saat ini sudah generasi keempat, mendapat versi facelift tahun lalu. Sementara generasi kelima Nissan March diperkenalkan di Paris Motor Show di tahun yang sama (2016).

Keduanya menggunakan platform V yang sama. Sementara untuk yang baru (disebut CMF-B) akan digunakan pada model generasi berikutnya. Platform CMF-B akan memulai debutnya lewat generasi kedua Nissan Juke.

Kembali lagi berbicara tentang Mirage, pihak Mitsubishi akan mengeluarkannya tahun depan. Rencananya akan dipasarkan untuk Eropa yang akan berhadapan dengan Opel Corsa juga Ford Fiesta.

Pastikan Berbagi Platform

Seperti diungkapkan Brand Corporate Vice President and Product Planning Chief Mitsubishi, Vincent Cobee kalau pihaknya memastikan akan berbagi platform. Hal ini seperti dilansir dari Carscoop, Rabu (8/11).

“Biaya yang dikeluarkan akan mahal bila mendesain dan membuat platform baru dan keuntungan mobil di sektor ini semakin kecil. Kami membenarkan bila akan menggunakan platform Renault dan Nissan (March) di segmen itu,” ungkap Vincent.

Rencananya, Mitsubishi menggunakan mesin tiga dan empat silinder di Mirage baru. Hal ini sama dilakukan seperti yang juga digunakan anggota aliansi lainnya. Rencananya juga akan ada versi listrik. Hal ini sejalan dengan visi Alliance of 2022 untuk memperkenalkan lebih banyak kendaraan listrik. Kapan masuk Indonesia? Kita Tunggu saja.

Dony Lesmana

Dony Lesman memulai karirnya di dunia jurnalis di Jawa Pos Surabaya 2003. Hijrah ke Jakarta bergabung di majalah Otomotif Ascomaxx dan Motomaxx di 2010. Sempat bergabung di portal berita Sindonews.com di kanal Autotekno hingga 2016 yang mengupas perkembangan otomotif dan teknologi. Terhitung Januari 2017 masuk sebagai tim Journal Carmudi Indonesia yang mengulas dan mempublikasikan berita-berita otomotif terbaru di Indonesia maupun dunia.

Related Posts