Berita Mobil Sumber informasi

Mitsubishi Bawa 10 Mobil Listrik di GIIAS 2018

mobil listrik di giias

Akan banyak dipamerkan mobil listrik di GIIAS 2018 (Foto: Santo/Carmudi)

Jakarta – Era mobil listrik sudah di depan mata. Sebagai langkah awal, saat ini pemerintah Indonesia tengah menyusun Program Percepatan dan Pengembangan Kendaraan Listrik di Indonesia. Bentuk dukungan terhadap percepatan mobil listrik di Indonesia, juga mulai ditunjukkan oleh sejumlah Agen Pemegang Merek (APM) roda empat di Tanah Air lewat pameran otomotif.

Pada pameran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2018 April lalu, pabrikan seperti Mercedes-Benz membawa satu unit mobil listrik E 350 e Plug-in-hybrid. Menariknya pabrikan elit Jerman itu juga menyediakan unit test drive untuk pengunjung.

PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) juga turut ambil bagian dalam memamerkan mobil ramah lingkugan. Setidaknya ada dua model yang bisa dites oleh pengunjung yaitu Outlander PHEV dan i-MiEV. Tidak hanya itu, beberapa mobil listrik karya mahasiswa juga dipamerkan dalam ajang IIMS 2018.

Di pameran otomotif berikutnya yaitu Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018 yang akan berlangsung pada Agustus, sejumlah APM juga disebut bakal memajang mobil listrik. MMKSI rencanannya bakal memajang 10 mobil listrik di GIIAS 2018 yang pernah dihibahkan ke pemerintah melalui Kementerian Perindustrian pada Februari lalu.

“Kami sudah bekerjasama dengan Mitsubishi yang akan memajang 10 mobil listriknya. Nanti kami juga bekerjasama dengan Kemenperin untuk memajang mobil listrik tersebut. Dari BMW juga akan pamerkan mobil listrik. Ada juga dari mobil Honda,” ujar Yohanes Nangoi, Ketua Umum Gaikindo di Jakarta, Selasa (22/5).

Tidak hanya sebatas memamerkan, beberapa APM juga menyediakan mobil listrik di GIIAS 2018 untuk dikendarai langsung oleh pengunjung. Disamping itu, tambah Nangoi, akan hadir pula mobil listrik karya mahasiswa. “Kita lagi tawarkan ke mereka,” terang dia.

Selain Banyak Mobil Listrik di GIIAS 2018, Hadir Juga Mobil Pedesaan

Tidak hanya mobil buatan pabrikan besar dan sudah mengusung teknologi tinggi saja yang bakal ada di GIIAS, mobil pedesaan atau dikenal juga dengan sebutan Alat Multiguna Perdesaan (AMDES) juga bakal unjuk gigi di pameran tersebut. Nangoi mengatakan bahwa pihaknya akan bekerja sama dengan Kementerian Perindustrian dalam mempersiapkan AMDES di GIIAS 2018.

“Kita akan memperkenalkan beberapa kendaraan. Kementerian Perindustrian juga sedang membereskan AMDES juga. Kita akan perkenalkan AMDES ini dan mudah-mudahan bisa diluncurkan,” ucap Nangoi.

mobil listrik di giias

Prototype mobil pedesaan (Foto: Kemenperin)

Sementara itu di pameran yang sama akan banyak mobil-mobil baru yang diluncurkan. Bila tahun lalu total ada 47 mobil baru dan konsep yang diluncurkan, tahun ini diperkirakan jumahnya bertambah.

“Anda akan bisa melihat begitu banyak kendaraan yang bakal diluncurkan pertama di Indonesia dan juga menjadi ajang untuk menunjukkan kepiawaian atau teknologi yang telah kita perkenalkan, termasuk di dalamnya yang sangat vital adalah kendaraan listrik,” pungkas dia.

GIIAS 2018 bakal digelar pada 2 – 12 Agustus 2018 di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD City, Tangerang. (dna)

Santo Sirait

Santo Sirait sebelumnya Jurnalis di Okezone.com, pindah ke Carmudi.co.id sebagai Reporter pada November 2017. Fokus di sektor otomotif, terutama meliput tentang mobil, motor dan industri otomotif. Santo dapat dihubungi di [email protected]

Related Posts

/