Berita

Mitsubishi Motors Berduka Cita, Osamu Masuko Meninggal Dunia

Naoya Nakamura President Director MMKSI bersama Osamu Masuko saat peluncuran Outlander PHEV (Foto: Santo/Carmudi)

Tokyo – Kabar duka datang dari Mitsubishi Motors Corporation (MMC) yang mengumumkan bahwa Osamu Masuko, selaku Special Adviser dan mantan Chairman of The Board, Representative Executive Officer meninggal dunia. Kabar ini disiarkan melalui keterangan resmi MMC, Senin (31/9/2020) kemarin.

Pria yang sering berkunjung ke Indonesia ini meninggal di usia 71 tahun pada 27 Agustus 2020 karena insufisiensi jantung. Proses pemakaman pun hanya dihadiri oleh kerabat dekat.

Demi menghormati keinginan mendiang, MMC tidak memiliki rencana untuk menggelar acara silaturahmi.

“Atas nama mendiang mantan pimpinan Pak Masuko, kami ingin mengucapkan terima kasih yang tulus atas kemurahan hati yang dia berikan dan MMC terima,” kata Takao Kato, Representative Executive Officer, Chief Executive Officer, MMC.

Osamu Masuko telah banyak berjasa bagi perkembangan Mitsubishi Motors. Masuko pernah memimpin pengembangan kendaraan listrik yang diproduksi secara massal pertama di dunia yaitu i-MiEV.

Selain itu, Masuko turut berperan dalam proses pengembangan mobil bergaya SUV berpenggerak empat roda (4WD) dengan teknologi Plug-in Hybrid Electric Vehicle (PHEV) yang dikenal dengan nama Outlander PHEV.

Masuko pernah secara khusus menyempatkan waktu datang ke Indonesia pada Juli 2019. Kedatangannya untuk memperkenalkan Outlander PHEV di Tangerang bersamaan dengan gelaran GIIAS 2019.

Berkat Masuko, MMC dapat menjalin hubungan yang solid dengan manajemen mitra, perusahaan aliansi, dan Grup Mitsubishi melalui komunikasi yang baik.

Selama masa jabatannya selama sekira 16 tahun di MMC, Masuko membuat prestasi besar dan menunjukkan keterampilan manajemennya yang memungkinkan perusahaan untuk mengatasi kesulitan.

Osamu Masuko saat masih menjabat sebagai Chairman of The Board, Representative Executive Officer MMC

Osamu Masuko saat masih menjabat sebagai Chairman of The Board, Representative Executive Officer MMC (Foto: Santo/Carmudi)

Mengundurkan Diri karena Alasan Kesehatan

Pada 7 Agustus 2020, MMC mengumumkan bahwa Masuko, mengundurkan diri dari posisi Chairman of The Board, Representative Executive Officer MMC karena alasan kesehatan.

Osamu Masuko diangkat menjadi Presiden MMC pada 2005. Selama masa jabatannya sebagai Presiden dan CEO, Masuko memimpin perusahaan di berbagai bidang termasuk pengenalan kendaraan ramah lingkungan.

Biografi Osamu Masuko

  • Tanggal lahir : 19 Februari 1949
  • Pendidikan : Maret 1972 lulus dari Universitas Waseda Fakultas Ilmu Politik dan Ekonomi

Karir:

  • Agustus 2020 Special Advisor, MMC
  • Juni 2019 Chairman of the Board, Representative Executive Officer, MMC
  • November 2018 Chairman of the Board and CEO, MMC
  • Juni 2017 Member of the Board and CEO, MMC
  • Desember 2016 President and CEO, MMC
  • Juni 2016 Chairman of the Board, President and CEO, MMC
  • Juni 2014 Chairman of the Board and CEO, MMC
  • Oktober 2007 President, MMC
  • Januari 2005 President, Chief Business Ethics Officer, MMC
  • Juni 2004 Managing Director, in charge of Overseas Operations Group Headquarters, MMC
  • April 2003 Senior Vice President, Division COO of Motor Vehicle Business Division, Mitsubishi Corporation
  • April 1972 Bekerja di MMC.

 

Penulis: Santo Sirait

Editor: Dimas

Baca Juga:

Sambut Sub-Brand Baru Bernama Ioniq, Hyundai Kolaborasi dengan BTS

Santo Sirait

Santo Sirait sebelumnya Jurnalis di Okezone.com, pindah ke Carmudi.co.id sebagai Reporter pada November 2017. Fokus di sektor otomotif, terutama meliput tentang mobil, motor dan industri otomotif. Santo dapat dihubungi di [email protected]

Related Posts